KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA KESEHATAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
DESAINER SANG PEMUJA SETAN! 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Tiga Warga Tapanuli Utara Dinyatakan Negatif Suspek Corona

 
KESEHATAN

Tiga Warga Tapanuli Utara Dinyatakan Negatif Suspek Corona
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 07-Mar-2020, 14:33:58 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Masyarakat Tapanuli Utara merasa was-was dengan beredarnya isu atau kabar di media online dan media sosial tentang tiga warga daerah itu terduga (suspect) virus corona. Banyak warga be rtanya dan kebingungan, apakah kabar itu benar atau hanya hoax.
Mencermati hal tersebut, pihak institusi terkait yakni managemen RSU Tarutung dan Dinas Kesehatan Tapanuli Utara bersama Bagian Keprotokolan Pemkab Taput menjernihkan situasi dengan menggelar jumpa pers di kantor Humas Keprotokolan, Kamis (5/3). Acara jumpa pers itu selain dihadiri Direktur RSU Tarutung drJanri dan Kabag Keprotokolan Donna Situmeang SP serta staf inti Dinas Kesehatan Kabid P2P Risma Panjaitan didampingi Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi dr Rustam Simbolon, wakil  Puskesmas Hutabaginda Tarutung.

 

Direktur RSU Tarutung dr Janri menjelaskan, bahwa pada hari Rabu (04/03) pihaknya telah melakukan screening sebagai diagnosa awal terhadap 3 orang pasien yang diduga terkena virus tersebut. "Hasil diagnosa awal kita bahwa 3 orang yang diduga suspek dinyatakan negatif covit-19. Pada salah seorang terduga kita memang menemukan infiltrat gambaran infeksi paru, namun setelah dilakukan pemeriksaan darah, kesimpulan sementara masih negatif Covid-19 karena infeksi paru tersebut diakibatkan riwayat yang bersangkutan merupakan perokok aktif. Kategori suspek corona, minimal ditemukannya infiltrat pneumonia. Ini tidak, hanya infeksi paru," jelas dr. Janri.

"Setelah dilakukan pemeriksaan medis dan juga sesuai koordinasi kita dengan pihak Rumah Sakit Adam Malik, kita simpulkan hasilnya masuk dalam kategori orang dalam pemantauan (observasi),"ujar dr. Janri.
Selanjutnya, Kepala Seksi Surveilens dan Imunisasi Dinas Kesehatan menjelaskan bahwa salah seorang pasien mempunyai riwayat perjalanan dari luar negri termasuk pernah singgah di Singapore. Salah satu pasien yang terduga ini baru beberapa hari ini kembali ke Indonesia dan pada tanggal 3 Maret lalu yang bersangkutan ini atas inisiatif sendiri dan itikat baiknya melakukan konsultasi dengan tenaga kesehatan dan langsung kita tindaklanjuti serta ditangani sesuai dengan SOP. Kita melakukan penyelidikan epidemiologi dan dilanjutkan pemeriksaan penunjang ke RSU Tarutung," lanjut dr. Rustam Simbolon.

 

"Usai dinyatakan negatif, selanjutnya ke 3 orang terduga akan dilakukan observasi dengan diisolasi ditempat tinggal yang bersangkutan selama 14 hari yang akan berakhir pada tanggal 16 Maret ini. Kita akan melakukanpemantauan per 8 jam agar kita mengetahuii perkembangan kondisi para pasien," terang dr Rustam Simbolon. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Donna Situmeang menjelaskan bahwa siaran pers ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesimpang-siuran informasi di tengah-tengah masyarakat.

 

”Bapak Bupati menginstrusikan kepada jajaran agar segera melakukan penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur serta memberikan informasi yang jelas kepada masyarakat. Kita juga meminta rekan-rekan media untuk memberikan info yang baik untuk menghilangkan keresahan di masyarakat. Selain itu, seluruh pihak diminta untuk tetap menghargai privasi para saudara kita ini sehingga tidak memperkeruh suasana," harap Donna Situmeang.


Pantauan reporter KabarIndonesia, sejak beredarnya kabar tentang ketiga warga yang dianggap suspek corona itu, beritanya cepat berkembang menjadi buah bibir di tengah masyarakat. Apalagi saat ini sudah semakin banyak warga yang memakai android atau ponsel pintar mengakses informasi.(*)

Teks foto: Direktur RSU Tarutung dr Janri ( kiri) bersama Kabag Keprotokolan Pemkab Taput Donna Situmeang memberi keterangan pers kepada awak media.( foto: dok/hms)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 
SATU DETIK SETELAH KEMATIAN 26 Mei 2020 08:28 WIB

BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia