KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Batik adalah Indonesia 13 Okt 2018 19:47 WIB

Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

Buang Sampah Sembarangan di Kota Bandung Bakal Ditangkap Tim OTT

 
LINGKUNGAN HIDUP

Buang Sampah Sembarangan di Kota Bandung Bakal Ditangkap Tim OTT
Oleh : Buddy Wirawan | 22-Feb-2018, 12:06:13 WIB

KabarIndonesia - PD Kebersihan, Satpol PP serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Bandung akan melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) melalui program "Tewak Nu Miceun Runtah" atau bisa diartikan menangkap orang yang membuang sampah sembarangan.

Operasi ini dilakukan di lokasi-lokasi yang dinilai rawan warga membuang sampah sembarangan. Sejumlah titik tersebut di antaranya, seputaran Jalan Cihampelas, RE Martadinata dan Merdeka depan Bandung  Indah Plaza(BIP), Oto Iskandar Dinata, dan Cibaduyut, termasuk di sejumlah kawasan tujuan wisata di Kota Bandung, dan di lokasi pemukiman warga. 

Operasi  tersebut merupakan salah satu amanat Perda Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan. Jika terdapat masyarakat yang tertangkap membuang sampah, maka akan dikenakan sanksi atau denda paksa tergantung kesalahan. 

Seperti yang terjadi pada Selasa malam (20/2) malam, petugas sempat berjaga di kawasan Cihampelas. Selain berjaga, petugas juga menyisir kawasan tersebut. Hasilnya, petugas melihat tumpukan sampah yang diduga berasal dari salah satu kedai minuman di sisi Cihampelas Walk. Karena pemilik kedai tidak ada di lokasi, petugas langsung mendata dan memastikan pemilik kedai akan dikenakan sanksi. 

Terkait dengan OTT itu, Direktur Utama PD Kebersihan Kota Bandung, Deni Nurdyana, menegaskan, tim OTT sebanyak 15 personil telah disiapkan untuk beroperasi sejak malam hingga pagi hari. Untuk mempermudah operasi PD kebersihan mempersiapkan armada dengan kendaraan bermotor khusus untuk melakukan tindakan. 
"Biasanya yang membuang sampah sembarangan di pinggir jalan itu sekitar pukul 24.00 WIB sampai subuh. Untuk meminimalisir perilaku itu, maka disiapkan pasukan untuk menjaga agar tidak ada satupun warga yang membuang sampah seenaknya," tegas Deni saat meninjau lokasi di Jalan Cihampelas, Selasa malam (20/2/).

Selain melakukan penindakan, DLHK dan PD kebersihan juga melakukan tindakan preventif. Salah satunya dengan menyediakan tempat sampah depan gang atau jalan kecil. Hal tersebut difasilitasi agar warga tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai. Dikatakan, operasi tersebut juga sebagai salah satu upaya mendukung program pemerintah pusat Citarum Harum. Termasuk untuk mempertahankan predikat Kota Bandung sebagai peraih Adipura.

"Kegiatan ini bukan hanya di pinggir jalan saja, melainkan sungai pun kita jaga agar aliran air menjadi lebih lancar. Begitu juga untuk mempertahankan juara Adipura. Kita harap tahun ini harus mendapatkan penilaian Adipura Paripurna yang lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
Diharapkannya, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa paham dan lebih mengerti bahwa sampah yang dibuang sembarangan itu mengakibatkan dampak yang buruk, banjir, bau tak sedap dan sebagainya. Jika masyarakat bisa paham, maka ke depannya pun Kota Bandung akan lebih nyaman dan bersih.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Bakul Kejujuran 17 Okt 2018 13:02 WIB

 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 
Manfaat Membaca 22 Sep 2018 15:12 WIB

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia