KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Forkopimda Samosir Laksanakan Rapat Antisipasi Kebakaran Lahan Saat Musim Kemarau
Oleh : Drs Melani Butarbutar, Mm | 11-Jun-2018, 15:21:35 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Bertempat di ruang pertemuan gedung Geopark Sigulatti, desa Sarimarrihit, kecamatan Sianjurmula-mula, Samosir, Senin (11/6) dilakukan rapat koordinasi penanganan, pencegahan kebakaran lahan dan hutan di kabupaten Samosir.

Rapat tersebut dihadiri oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) antara lain Dandim 0210/ TU Rico Siagian dan Kapolres Samosir Agus Darojat, juga diikuti Pimpinan OPD, perwira Polres Samosir, para Camat dan petugas terkait se kabupaten Samosir.

Bertindak selaku moderator rapat, Asisten Tatapraja dan Kesra Sekdakab Samosir Mangihut Sinaga menyampaikan topik rakor untuk membicarakan mengenai pencegahan dan penanganan kebakaran dikarenakan kondisi iklim dan cuaca di kabupaten Samosir yakni musim kemarau, cuaca panas dan angin kencang. Bahkan saat ini sudah ada dua titik api skala kecil yang terjadi di desa Hasinggaan dan desa Janjiraja.

Bupati Samosir dalam arahannya menyampaikan bahwa sesungguhnya kebijakan atas masalah kehutanan ditangani pemerintah Provinsi, namun karena daerah yang langsung menghadapinya, maka kabupaten harus tetap berkoordinasi dengan provinsi. "Kita akan menyampaikan hasil rapat ini ke Gubernur Sumatera Utara dan ditembuskan ke Kementerian terkait. Kita berharap lebih baik mencegah daripada mengatasi kebakaran hutan."

Selanjutnya Rapidin Simbolon mengapresiasi kehadiran Forkopimda dan pihak terkait. "Hari ini kita merasa bersyukur Forkopimda kabupaten Samosir langsung respon mengenai kebakaran hutan, dan melakukan pertemuan dalam antisipasi serta penanganannya. Kita bahas bersama dalam rapat ini untuk mendapatkan format yang jelas dalam menangani dan mencegah kebakaran hutan." sebutnya.

Sementara itu, Kapolres Samosir Agus Darojat menyampaikan tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam penanganan dan pencegahan kebakaran yakni, Sumber daya manusia (SDM), Sarana dan Prasarana serta Metode cara penanganan. "Kita harus fokus ke hal tersebut sehingga ketika ada kejadian kebakaran bisa bergerak cepat." sebut Kapolres.

Sedangkan Kabag Ops Polres Samosir memaparkan cara pencegahan dan penanganan kebakaran hutan, seraya menampilkan alat pemadam api pada kebakaran hutan yang merupakan inovasi Polres Samosir. Alat ini mendapatkan peringkat kedua inovasi pemadam api pada kebakaran hutan antar Polres di wilayah Polda Sumut.

Dandim 1210/TU Rico Siagian, mengharapkan agar rapat menetapkan dan mengambil langkah yang tegas dan nyata dalam rangka pencegahan dan penanganan kebakaran hutan serta lingkungan. "Rapat ini harus mengambil kesimpulan yang jelas dan terukur, baik mengenai jumlah personil dari masing-masing instansi, peralatan yang tersedia, dan posko pencegahan dan penanganan kebakaran." tegasnya.

Setelah penyampaian arahan dari Bupati dan Forkopimda, dilanjutkan dengan diskusi dan pembahasan tentang pencegahan kebakaran hutan. Berbagai pemangku kepentingan seperti Camat, Kapolsek dan Kepala desa menyampaikan usul dan pendapat mengenai teknik pemadaman api apalagi lokasi sulit di jangkau. Selain itu, rapat juga membahas sumber kebakaran hutan ditengarai dari warga masyarakat saat kegiatan pembukaan lahan, sumber makanan ternak, juga keisengan oknum.

Pada akhir rapat, Bupati Samosir Rapidin Simbolon menyampaikan tiga hal yang harus segera dilakukan yakni, pertama, selambat-lambatnya dalam 3 hari dibentuk satgas pencegahan dan penanganan kebakaran hutan, yang tugas utamanya adalah mencegah kebakaran. Kedua, segera dibuat posko penanganan kebakaran yang dipusatkan di kawasan Geopark Sigulati. Terrakhir, menyurati Gubernur Sumatera Utara sebagai pengambil kebijakan mengenai kehutanan, sebagai pemberitahuan kegiatan dan kebutuhan dana operasional.

Sementara itu, diperoleh informasi dari pihak pemerintah daerah bahwa saat musim kemarau terjadi, kerap terjadi kebakaran lahan dan hutan terutama pada daerah sulit dijangkau seperti kawasan perbukitan. Seperti yang terjadi pada musim kemarau tahun 2015 hingga tahun 2017, cukup luas lahan dan hutan yang terbakar atau dibakar. Bila hal seperti ini terjadi setiap tahunnya, dikuatirkan, lahan akan mengalami kerusakan dan kegiatan penanaman pohonpun akan sia-sia.

Terkait dengan itu, sosialisasi hasil rapat koordinasi serta tindakan tegas kepada oknum yang diduga melakukan pembakaran harus dilakukan segera. Dengan menggunakan aturan hukum yang ada, menunggu ditetapkannya peraturan atau keputusan daerah, harus diambil tindakan tegas yang berakibat pada terjadinya efek jera.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia