KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiJerman Bahas Larangan Berjilbab buat Anak TK dan SD oleh : Kabarindonesia
24-Mei-2019, 14:50 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jerman bergulat dengan fenomena jilbab di kalangan siswa taman kanak-kanak atau sekolah dasar. Kebiasaan tersebut dinilai mempersulit proses integrasi. Tapi apakah larangan serupa di Austria adalah langkah bijak?

Perdebatan tentang larangan jilbab di sekolah dasar di Jerman
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB


 
Menunggu 19 Mei 2019 16:15 WIB

SYEH SITI JENAR 16 Mei 2019 15:44 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Kampanye Lingkungan, WALHI Aceh Goes to School

 
LINGKUNGAN HIDUP

Kampanye Lingkungan, WALHI Aceh Goes to School
Oleh : Muhammad Nizar | 20-Des-2010, 12:42:43 WIB

KabarIndonesia - Banda Aceh – Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Aceh mengadakan kampanye lingkungan ke sekolah-sekolah (mobile training) yang bertajuk “WALHI Aceh Goes to School” di sekolah SMUN Peukan Badan dan SMUN Darul Imarah Aceh Besar. Para pelajar mendapat wawasan baru perihal lingkungan, dan pihak sekolah pun menyambut baik kegiatan ini.
Koordinator acara, Khairia Rahmatika mengatakan acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu (18/12) tersebut bertujuan memberikan informasi kepada siswa dan siswi SMU tentang isu lingkungan yang sedang terjadi di Indonesia khususnya di Aceh.

“Kita membuat presentasi tentang isu pemanasan global atau perubahan iklim serta dampak negatif dari pertambangan. Sehingga kita berharap nantinya pelajar dapat melahirkan ide ataupun konsep tentang penyelamatan lingkungan sekitar mereka,”jelas wanita yang akrab disapa Tika tersebut.
Pada kunjungan pertama ke SMUN Peukan Bada, peserta sudah memenuhi ruangan Mushala sekolah sejak pukul 08.00 WIB. Sekolah yang terletak di kecamatan Peukan Bada tersebut berada dilokasi yang sangat dekat dengan pesisir.

Pemateri tunggal dari WALHI Aceh yang juga merupakan Kepala Divisi Advokasi & Kampanye menyampaikan presentasi dalam bentuk slide yang disisipi film lingkungan. Adapun presentasi yang disampaikan adalah mengenai pengertian lingkungan hidup secara sederhana, apa yang dimaksud dengan perubahan iklim serta gas rumah kaca penyebabnya dan daya rusak pertambangan yang saat ini marak di Aceh. Serta apa tindakan yang dapat dilakukan dalam mencegah kerusakan lingkungan dan perubahan iklim.

Pada bagian dalam presentasi juga disisipkan cuplikan film berjudul “An Inconvenient Truth ”, sebuah film tentang pemanasan global yang dibintangi oleh mantan calon Presiden Amerika Serikat Al Gore dan peraih piala Oscar untuk kategori film dokumenter. Film bercerita betapa dunia yang tenang dan nyaman ini, sekarang berada dalam ancaman pemanasan global yang menyebabkan bencana di berbagai negara.

Secara dramatis film memperlihatkan salju-salju raksasa mencair akibat pemanasan bumi sehingga membuat permukaan air laut naik dan beberapa negara terancam tenggelam akibatnya. Film dengan cerdik dan kocak menjelaskan bagaimana pemanasan global terjadi melalui adegan kartunnya sehingga membuat para siswa terpingkal-pingkal melihatnya.

Adegan lain yang cukup dramatis dalam film tersebut adalah ketika Al Gore menjelaskan kandungan karbon yang terdapat di bumi serta suhu bumi yang menyertainya selama beberapa abad terakhir. Dalam masa satu abad terakhir bumi telah mengandung begitu banyak karbon, tertuduh utama pemanasana global dan temperatur juga meningkat pesat. Al Gore menggambarkan kenaikan tersebut melalui grafik pada layar dan ketika menunjukan kandungan karbon serta temperatur bumi, ia terpaksa menggunakan mesin pengungkit portable untuk mengangkatnya di ketinggian, suatu keadaan yang sangat mengkhawatirkan bagi bumi.

Pemutaran film tersebut untuk memberikan gambaran nyata kepada siswa tentang ancaman yang terjadi di bumi. “Kalau terlalu banyak ceramah kita khawatir siswa akan bosan mendengarnya,” ujar Tika.

Pola yang sama juga diterapkan di SMUN Darul Imarah Aceh Besar. Acara yang dilaksanakan di sekolah yang terletak di kawasan yang relatif dekat dengan pegunungan tersebut dimulai pada pukul 11.00 WIB dengan meminjam ruangan laboratorium Biologi dan berakhir pada pukul 12.30 WIB.
Sama halnya dengan siswa di sekolah sebelumnya, sekitar 50 siswa-siswi menyimak presentasi dengan serius tetapi dalam suasana santai.

Pada sesi tanya jawab di akhir presentasi berbagai pertanyaan muncul dari para siswa. Misalnya mereka menanyakan bagaimana menjaga lingkungan selain dengan menanam pohon, bagaimana mencegah pencemaran lingkungan dari industri, apa yang harus dilakukan untuk mencegah pemanasan global dan sebagainya. Pada umumnya mereka mengakui telah telah mendapat pengetahuan baru setelah mengikuti acara ini.
WALHI Aceh Goes to School memang sebuah program yang ditujukan bagi kaum remaja di sekolah-sekolah. Pada tahap pertama, WALHI Aceh menyelenggarakan di dua sekolah di Aceh Besar dan tahap selanjutnya di sekolah-sekolah dalam kawasan Banda Aceh.

“Tidak tertutup kemungkinan acara ini kita adakan di kampus-kampus juga,” ucap Tika.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Persiapan Puasa Sahur Dahulu 19 Mei 2019 15:43 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB


 
(Jangan) Terjebak Kitab Suci 25 Mei 2019 07:30 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia