KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalWUPID 2017 Ajang Debat Menantang! oleh : Johanes Krisnomo
20-Okt-2017, 16:38 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, 20 Oktober 2017 - Gaduhnya para mahasiswa saat istirahat makan siang, mengikuti ajang debat WUPID 2017, tak sejalan dengan keseriusannya berkompetisi. Mereka berdebat mempertahankan argumentasinya, baik pro dan kontra, berdasarkan data akurat dan pola pikir kritis.

Bicara.co yang
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sabar dan Syukur 12 Okt 2017 01:07 WIB

Di Padepokan Om Jin 12 Okt 2017 01:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
"Tangisan" Ridho Irama 12 Okt 2017 10:00 WIB


 

 

Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Pemanfaatan Lahan Produktif

 
LINGKUNGAN HIDUP

Mencegah Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Pemanfaatan Lahan Produktif
Oleh : Dedi Sugiri | 04-Aug-2017, 19:30:52 WIB

KabarIndonesia - Untuk menekan penyebab terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Musi Banyuasin, berbagai cara telah dilakukan. Seperti yang dilakukan oleh personel jajaran Kodim 0401/Muba yaitu kerjasama secara terpadu antara Koramil 401-05/Bayung Lencir bersama-sama dengan personel dari instansi lainnya seperti Kecamatan Bayung Lencir, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, Polsek Bayung Lencir, dengan mengintensifkan pelaksanaan patroli, Selasa (1/8/2017).

Disamping itu, khususnya para Babinsa terus melakukan sosialisasi di Desa binaannya masing-masing. Pengalaman Babinsa yang berada di lapangan, salah satu penyebab terjadinya kebakaran hutan maupun lahan adalah karena akibat pembalakan liar dan ilegal. Hal ini terjadi karena situasi tuntutan ekonomi masyarakat disekitar hutan.

Menyikapi permasalahan tersebut, Dandim 0401/Muba Letnan Kolonel Czi Mulyadi, S.IP. melalui Danramil 401-05/Bayung Lencir Kapten Inf Iwan Setiawan bersama Camat Bayung Lencir, Kades Pangkalan Bayat dan pihak perusahaan dalam hal ini PT Bumi Persada Permai (BPP) melakukan upaya pencegahan melalui pendekatan sosial dengan cara memberdayakan lahan tidur dan rawan terhadap kebakaran menjadikan lahan produktif berupa lahan persawahan.

"Kegiatan merombak areal rawan kebakaran menjadi lahan persawahan sudah berlangsung hampir satu bulan belakangan ini dengan target seratus hektar. Kini pembuatan areal cetak sawah sudah mencapai enam hektar, sedangkan pembuatan parit utama mencapai sepanjang 3000 meter," ujar Danramil.

Selain kegiatan cetak sawah Koramil 491-05/Bayung Lencir juga menyosialisasikan kepada warga tentang Bios 44 terutama di areal lahan gambut dan membagikannya kepada warga Bayung Lencir secara gratis.

"Adapun manfaat dan fungsi Bios 44 yang merupakan temuan dari Korem 044/Gapo adalah sebagai penutup pori-pori gambut agar tidak mudah terbakar, menstabilkan Ph tanah sehingga akan menyuburkan lahan. Kami selalu menyediakan Bios 44 secara gratis,"tandas Danramil.

Kepala Desa (Kades) Pangkalan Bayat Bpk Samson sangat berterima kasih kepada Komandan Kodim 0401/Muba dan semua pihak baik dari Dinas, Kecamatan, Polsek dan Perusahaan untuk memberikan perhatian kepada warganya yang berlatar belakang berbeda, ada petani, buruh dan banyak warga dari kalangan yang terbiasa melakukan kegiatan yang ilegal.   

Kades berharap dengan dilaksanakannya pembuatan areal persawahan di Desanya, akan membuat masyarakat sejahtera dan mampu mencegah lahan rawan kebakaran menjadi lahan produktif. "Selain itu masyarakat dapat meninggalkan kebiasaan buruk seperti pembalakan liar dan pembukaan lahan dengan cara membakar serta dapat meninggalkan kebiasaan buruk lainnya, sekarang menjadi petani, "terang Kades.(*)    

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sandy dan Syagung, Sukses di Ajang Debat - WUPID 2017oleh : Johanes Krisnomo
19-Okt-2017, 13:37 WIB


 
  Sandy dan Syagung, Sukses di Ajang Debat - WUPID 2017 Sandy Sanjaya Awaluddin (kiri) dan Syagung Gunawan May (kanan) dari Universitas Gajah Mada, terpilih sebagai 1st breaking team, dalam ajang debat Bahasa Inggris WUPID - World Universities Peace Invitational Debate, di Jakarta (14-15/10/17). Bersama Aldwin dan Ibrahim dari
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Negara Tanpa Tentara, Bolehkah? 23 Okt 2017 06:17 WIB

 
Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi JK 20 Okt 2017 15:13 WIB

 

 

 

 

 
Pimpinan Redaksi HOKI 2017 09 Okt 2017 20:02 WIB


 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia