KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Harus Bersatu Demi Pulihkan Wilayah Terkena Bencana oleh : Rohmah S
17-Okt-2018, 15:20 WIB


 
 
KabarIndonesia- Jakarta, Indonesia menjadi salah satu negara yang sangat rawan terhadap berbagai bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir dan lainnya. Hal ini karena secara geografis Indonesia berada di kelilingi "cincin api (ring of fire)" sehingga potensi terjadi
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

Tentang Dia 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB

 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Perubahan Iklim Kota Bandung Diteliti
Oleh : Alvin Hidayat | 20-Nov-2010, 06:49:12 WIB

KabarIndonesia - Kota Bandung terpilih menjadi salah satu kota di Indonesia yang diteliti oleh Universitas Kyoto dalam hal perubahan iklim. Perubahan iklim yang akan diteliti terkait dengan kemampuan tahanan masyarakat (community resilient) dalam menghadapi perubahan-perubahan ekstrem yang sering terjadi belakangan ini yang sering menimbulkan bencana. Seperti dampak perubahan iklim yang mengakibatkan berkurangnya air (kekeringan), banjir (kelebihan air), dan angin puting beliung.

Demikian pernyataan Rajib Shaw D.Sc (Associate Professor dari Graduate School of Global Environmental Studies, Kyoto University) di ruang Tata Pradja Sekretaris Daerah Kota Bandung pada 18/11.


Libatkan PKK
Penelitian tentang perubahan iklim ini melibatkan institusi PKK di Kota Bandung. Mengapa dipilihnya PKK karena institusi ini memainkan peran penting hingga tingkat terbawah dari pemerintahan.

“Jangan main-main dengan PKK”, jelas Nani Dada Rosada sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bandung. 

Di Kota Bandung ini ada 23.000 kader PKK yang tersebar di 151 kelurahan. Kader-kader inilah yang membantu pelaksanaan program pemerintah di lapangan. Menyinggung perihal penelitian yang melibatkan kaum perempuan dikatakan, kaum perempuan lebih peduli kepada keluarga ketimbang kaum lelaki.

Ini terbukti, salah satu contoh walaupun seorang wanita bekerja sebelum pulang ke rumah selalu mencek keadaan keluarga, tapi kaum lelaki jarang yang melakukan itu. Rajib Shaw dalam presentasinya menjelaskan, kasus banjir di K-ta Hiroshima baru baru ini yang memakan korban 3 orang. Dari kejadian banjir di Kota Hiroshima yang berbukit tersebut, rakyat Jepang belajar bagaimana cara mengantisipasi banjir.

alah satu adalah sering dilakukan pelatihan dan penyuluhan untuk kesiap siagaan bencana di kota tersebut yang dihadiri oleh keluarga. Biasanya dilakukan pada hari libur yang dapat melibatkan kaum lelaki dan perempuan. Jadi basis kesiap siagaan menghadapi gempa adalah keluarga dan khususnya kaum perempuan, mengapa karena kaum lelaki bekerja. 


Peran ITB
Sebetulnya kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dan ITB dalam kesiap siagaan menghadapi bencana sudah dilakukan sejak 1998. Inipun masih dengan bantuan pembiayaan dari Universitas Kyoto. Jadi sejak tahun itu Kota Bandung sudah memiliki pemetaan kawasan rawan bencana dan rencana aksi yang harus dilakukan seandainya terjadi bencana.

Namun sayangnya rencana ini entah bagaimana tidak ditindaklanjuti lebih jauh oleh pemerintah kota, kata Dr. Krisna S. Pribadi (dari Pusat Mitigasi Bencana-ITB). Ke depan kerjasama antara ITB dan Pemerintah Kota Bandung akan dipererat lagi terutama yang menyangkut kebencanaan skala kota.

Kota Bandung seharusnya sudah memiliki pemetaan yang lebih detil kawasan yang rawan bencana seperti yang telah dilakukan oleh kota-kota di dunia seperti Chanai di India. Keberadaan pemetaan ini amat membantu pemerintah kota dalam mengambil keputusan sebelum terjadi bencana.  (*)




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com//




 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB


 
Selamat HUT TNI Ke-73 13 Okt 2018 19:46 WIB

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia