KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKapolri Terbitkan Maklumat Cegah Klaster Baru Covid-19 Terutama di Pilkada 2020 oleh : Danny Melani Butarbutar
21-Sep-2020, 15:35 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Kapolri Jenderal Idham Azis menerbitkan Maklumat untuk mencegah terjadinya klaster baru penyebaran Covid-19 di masa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020. Maklumat Kapolri bernomor Mak/3/IX/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Pemilihan Tahun 2020.

"Jadi
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

STUDI BANDING UNEJ:  Antusiasme Laboratorium Lingkungan

 
LINGKUNGAN HIDUP

STUDI BANDING UNEJ: Antusiasme Laboratorium Lingkungan
Oleh : Taufiq | 17-Jan-2009, 13:39:32 WIB

KabarIndonesia - Bertempat di Gedung Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bondowoso, kemarin (15/1) sekitar 28 mahasiswa kimia FMIPA Unej didampingi dosen melakukan kuliah kunjungan mengenai pengujian kualitas air. Di dalam gedung yang tampak asri seluas 200 m2 tersebut, Widyanti Yuliandari ST memaparkan mengenai profil laboratorium lingkungan, arti penting dan peluang didirikannya di Bondowoso.

Melalui proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) 2007 laboratorium lingkungan dibangun dengan dilatarbelakangi terjadinya penurunan kualitas air di sebagian besar daerah di Indonesia. Melalui laboratorium ini dapat ditingkatkan kemampuan daerah dalam melakukan pemantauan kualitas air melalui penyediaan data kualitas air yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun secara hukum.

Pada paparan lain dijelaskan mengenai pengujian kualitas air. “Saat ini Laboratorium Lingkungan masih berfokus pada parameter kualitas air ” kata alumnus ITS ini. ” Namun,  Tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan pengujian parameter kualitas udara maupun tanah ”.

Antusiasme Dunia Pendidikan

Meskipun baru beroperasi satu bulan, sambutan dari dunia pendidikan sangat baik. Bak gayung bersambut, keberadaan laboratorium memberi kelengkapan pada kurikulum pendidikan.

Zakiyatul MHM ( 22 thn ) mahasiswi kimia 2005 selaku ketua panitia studi banding memberikan kesan bahwa mereka dapat melihat dan mendapat informasi tentang alat-alat laboratorium yang bersifat portable dan canggih. Hal ini melengkapi apa yang telah mereka peroleh dibangku kuliah tentang alat analisis kualitas air yang bersifat mobile (portable).

”Di hari mendatang kami juga akan membimbing lagi siswa KIR SMA 2 untuk pengujian air. Dan, gratis. Karena memang salah satu tugas dan fungsi dari keberadaan laboratorium ini adalah memberikan bantuan, pembinaan/pendampingan teknis terhadap kalangan organisasi masyarakat, kelompok pelajar/mahasiswa dan kalangan masyarakat umum yang akan melaksanakan penelitian, pengembangan atau rekayasa dalam bidang lingkungan ” tutur Widyanti.

Mewakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir. Tjuk Basuki Rahardjo, CES. yang berhalangan hadir, Kepala Bidang Amdal dan Tata Lingkungan Soetarto mengatakan
” Operasional Laboratorium yang baru berjalan sebulan serta keterbatasan jumlah personil laboratorium, menyebabkan parameter kualitas air yang dikerjakan masih terbatas. Oleh karenanya melalui kegiatan ini diharapkan munculnya kerjasama yg sinergis ”.
 
*Keterangan foto: Staf Laboratorium memberikan penjelasan 
  mengenai alat-alat laboratorium.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembalioleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
10-Jun-2020, 09:39 WIB


 
  Obyek Wisata Rohani Salib Kasih Dibuka Kembali Obyek wisata rohani Salib Kasih di pegunungan Siatas Barita, Tapanuli Utara dibuka kembali sejak Jumat (5/6), setelah dua bulan lebih ditutup akibat wabah Covid-19. Lokasi wisata ini salah satu destinasi unggulan yang dibangun bupati Lundu Panjaitan tahun 1993. Puluhan ribu
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia