KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDr Ir H Salahuddin Wahid (Gus Sholah) Adik Kandung Presiden ke-4 RI Tutup Usia oleh : Danny Melani Butarbutar
02-Feb-2020, 18:29 WIB


 
 
KabarIndonesia  - Breaking News Kompas tv kemarin (2/2) sekitar pkl. 23.00 dan Dandy Bayu Bramasta KOMPAS.com memberitakan jika KH Salahuddin Wahid atau biasa disapa Gus Sholah, meninggal dunia pada Minggu (2/2/2020) malam.

Almarhum  Gus Sholah yang juga pengasuh
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Opera Afeksi 08 Des 2019 14:27 WIB

Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

 
Menu Aceh Sie Asap Localeco 20 Feb 2020 04:53 WIB



 
BERITA LAINNYA
 

 

 

STUDI BANDING UNEJ:  Antusiasme Laboratorium Lingkungan

 
LINGKUNGAN HIDUP

STUDI BANDING UNEJ: Antusiasme Laboratorium Lingkungan
Oleh : Taufiq | 17-Jan-2009, 13:39:32 WIB

KabarIndonesia - Bertempat di Gedung Laboratorium Lingkungan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bondowoso, kemarin (15/1) sekitar 28 mahasiswa kimia FMIPA Unej didampingi dosen melakukan kuliah kunjungan mengenai pengujian kualitas air. Di dalam gedung yang tampak asri seluas 200 m2 tersebut, Widyanti Yuliandari ST memaparkan mengenai profil laboratorium lingkungan, arti penting dan peluang didirikannya di Bondowoso.

Melalui proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) 2007 laboratorium lingkungan dibangun dengan dilatarbelakangi terjadinya penurunan kualitas air di sebagian besar daerah di Indonesia. Melalui laboratorium ini dapat ditingkatkan kemampuan daerah dalam melakukan pemantauan kualitas air melalui penyediaan data kualitas air yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun secara hukum.

Pada paparan lain dijelaskan mengenai pengujian kualitas air. “Saat ini Laboratorium Lingkungan masih berfokus pada parameter kualitas air ” kata alumnus ITS ini. ” Namun,  Tidak menutup kemungkinan akan dikembangkan pengujian parameter kualitas udara maupun tanah ”.

Antusiasme Dunia Pendidikan

Meskipun baru beroperasi satu bulan, sambutan dari dunia pendidikan sangat baik. Bak gayung bersambut, keberadaan laboratorium memberi kelengkapan pada kurikulum pendidikan.

Zakiyatul MHM ( 22 thn ) mahasiswi kimia 2005 selaku ketua panitia studi banding memberikan kesan bahwa mereka dapat melihat dan mendapat informasi tentang alat-alat laboratorium yang bersifat portable dan canggih. Hal ini melengkapi apa yang telah mereka peroleh dibangku kuliah tentang alat analisis kualitas air yang bersifat mobile (portable).

”Di hari mendatang kami juga akan membimbing lagi siswa KIR SMA 2 untuk pengujian air. Dan, gratis. Karena memang salah satu tugas dan fungsi dari keberadaan laboratorium ini adalah memberikan bantuan, pembinaan/pendampingan teknis terhadap kalangan organisasi masyarakat, kelompok pelajar/mahasiswa dan kalangan masyarakat umum yang akan melaksanakan penelitian, pengembangan atau rekayasa dalam bidang lingkungan ” tutur Widyanti.

Mewakili Kepala Badan Lingkungan Hidup Ir. Tjuk Basuki Rahardjo, CES. yang berhalangan hadir, Kepala Bidang Amdal dan Tata Lingkungan Soetarto mengatakan
” Operasional Laboratorium yang baru berjalan sebulan serta keterbatasan jumlah personil laboratorium, menyebabkan parameter kualitas air yang dikerjakan masih terbatas. Oleh karenanya melalui kegiatan ini diharapkan munculnya kerjasama yg sinergis ”.
 
*Keterangan foto: Staf Laboratorium memberikan penjelasan 
  mengenai alat-alat laboratorium.

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababanoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
04-Jan-2020, 04:31 WIB


 
  Judika Sihotang Berduet dengan Bupati Taput Nikson Nababan Artis papan atas, Judika Sihotang, menyedot ribuan pengunjung dalam acara hiburan terbuka Old and New 2020 yang dikemas oleh Pemkab Tapanuli Utara di lapangan Serbaguna Tarutung, Kamis (2/1) malam. Massa membludak di lokasi sehingga pengunjung berdesakan di lapangan. Bupati Nikson
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 
IMLEK AGAR KITA MELEK 23 Jan 2020 05:21 WIB

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia