KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
ProfilMelani Butarbutar: Tekad Putra Samosir, Melayani Aspirasi Rakyat Sepenuh Hati oleh : Wahyu Ari Wicaksono
05-Nov-2018, 09:11 WIB


 
 
KabarIndonesia - Mengawali karir sebagai CPNS tahun 1976 di kantor Camat Simanindo Ambarita (Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara) dengan pangkat/golongan Juru Muda Tingkat I (I/b), pada Februari tahun 2017 lalu, Danny Melani Michler Hotpantolo Butarbutar atau biasa disebut Melani Butarbutar
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sepertiga Malam 05 Nov 2018 15:57 WIB

Duhai Kau yang Sedang Diuji 21 Okt 2018 11:53 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Menjadi Wartawan Pilihan Hidupku 09 Nov 2018 15:39 WIB


 
 
LINGKUNGAN HIDUP

Tanggul Jebol, Warga Kebanjiran Lumpur
Oleh : Mei Linda Rosyanti | 17-Des-2008, 12:35:16 WIB

KabarIndonesia - Walhi Sumatera Utara melalui staf bidang pesisir dan pantainya, Dana Prima Tarigan, menyesalkan kejadian runtuhnya tanggul penahan pasir di Pantai Baru, Pantai Labu, Deli Serdang beberapa waktu lalu.

"Walau lumpurnya sudah dibersihkan oleh warga, namun masih tersisa didalam rumah warga yang menjadi korban," kata Dana, Rabu (17/12). Menurutnya, runtuhnya tanggul penampung pasir (stokphil) hasil pasir tersebut, mengakibatkan 10 rumah warga yang berada yang berada disekitar area tersebut kebanjiran limbah pasir. Banjir lumpur setinggi 40 cm, menggenangi bagian dalam rumah dan halaman depan.

Pekerja dan pengusaha pengeruk pasir, awalnya tidak perduli. Tak senang dengan ketidak perdulian itu, masyarakat korban banjir akhirnya ramai–ramai mendatangi lokasi penampungan pasir tersebut.

Sempat terjadi keributan di lokasi. Karena masyarakat meminta pengerukan dihentikan sejenak karena lumpur tersebut semakin banyak membanjiri pemukiman masyarakat namun pihak kepolisian dan Kepala Desa Pantai Labu Pekan yang hadir tidak mau perduli padahal masyarakat sudah berteriak minta tolong agar pengerukan tersebut dihentikan. Akhirnya terjadi aksi dorong mendorong antara masyarakat dan Kepala Desa.

Melihat situasi sudah mulai memanas, pihak pengusaha akhirnya menghentikan pengerukan pasir tersebut. Diduga takut terekspose media, pihak pengeruk pasir langsung menutup tumpahan lumpur tersebut dengan pasir.

Namun, hingga hari ini, korban banjir tidak mendapatkan perhatian yang serius dan bertanggung jawab oleh pihak pengusaha. Runtuhnya tanggul penampung pasir tersebut tidak diketahui sebabnya, tapi diduga karena lubang penampung pasir dibuat asal–asalan dan tidak memiliki penahan. Jadi saat pasir penuh, tanggul penahan akan runtuh. Saat ini yang runtuh hanya satu saja, namun dampaknya sudah cukup parah.

Jika kelima stockphill tersebut runtuh maka pemukiman penduduk akan menjadi kolam lumpur. Hipotesis tersebut dapat dibenarkan karena Projek eksploitasi pasir tersebut sama sekali tidak dikelola dengan baik atau asal–asalan.

"Proyek pengerukan ini, sama sekali tidak layak, asal jadi dan sangat membahayakan warga. Sama dengan ketidaklayakan Amdal-nya. Tolong ditinjau ulang proyek ini atau hentikan sebelum menimbulkan kejadian yang memakan korban warga," tegas Dana. (*)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera: http://www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawaoleh : Rohmah S
12-Nov-2018, 10:18 WIB


 
  Astra Dukung Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI Rini Soemarno (kedua kiri) didampingi Chief of Corporate Communications, Social Responsibility & Security PT Astra International Tbk Pongki Pamungkas (kedua kanan) saat flag off Ekspedisi Tembus Tol Trans Jawa di Surabaya (12/11).
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Rocky Gerung dan Jokowi 05 Nov 2018 15:56 WIB

Berhutang Oksigen 21 Okt 2018 11:51 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia