KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Lingkungan HidupHARI LINGKUNGAN HIDUP SEDUNIA 5 JUNI 2019: Bersama Kita Lawan Polusi Udara oleh : Danny Melani Butarbutar
06-Jun-2019, 03:45 WIB


 
 
KabarIndonesia - Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tahunnya pada tanggal 5 Juni. Pada tahun ini mengambil tema melawan polusi udara #BeatAirPollution. Peringatan ini bertujuan untuk membangkitkan kesadaran global untuk melakukan aksi positif bagi perlindungan pada
selengkapnya....


 


 
BERITA LINGKUNGAN HIDUP LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Kejagung Tunggu SPDP Kasus Makar 24 Mei 2019 17:39 WIB

 
Puisi-Puisi Silivester Kiik 17 Jun 2019 15:16 WIB

Sayap Muratara 17 Jun 2019 15:14 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Yonmarhanlan XIV Latihan Penanggulangan Bencana Alam Koarmada III Ta. 2019

 
LINGKUNGAN HIDUP

Yonmarhanlan XIV Latihan Penanggulangan Bencana Alam Koarmada III Ta. 2019
Oleh : Dispen Kormar | 02-Mar-2019, 09:52:35 WIB

KabarIndonesia - Secara garis besar potensi gempa bumi di wilayah Papua dan Papua Barat cukup besar untuk klasifikasi gempa tektonik. Beragam patahan aktif di dasar laut melintasi tanah Papua akibat pertemuan dua lempeng besar yakni lempeng Pasifik dan lempeng Indo-Australia. 
Patahan yang terdapat pada lokasi ini setidaknya terdiri dari patahan berupa trench (New Guinea Trench, Manokwari – South New Guinea trench) dan Transform Fault (Sorong Fault).

Menyikapi kondisi tersebut Koarmada III sebagai Kotama TNI AL di wilayah Papua dan Papua Barat berdasarkan perintah Panglima TNI melaksanakan latihan penanggulangan bencana alam yang di pusatkan di kota Sorong dan sekitarnya mulai tanggal 27 Februari 2019 sampai dengan 05 Maret 2019.  
Latihan Penanggulangan Bencana Alam Armada III TA. 2019 dengan tema "Latihan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah NKRI Dalam Rangka Tugas Pokok TNI", dibuka secara resmi dalam sebuah upacara yang bertempat di lapangan upacara Koarmada III, Distrik Sorong Manoi, Kota Sorong.

Bertindak selaku Inspektur Upacara KS. Koarmada III Laksma TNI Dadik Hartanto, M.Tr. (Han) yang diikuti oleh peserta dari TNI, POLRI, Pemerintah Kota Sorong BASARNAS, BNPB dan Pelajar Maritim (SUPM Sorong), termasuk pasukan Yonmarhanlan XIV Sorong yang dikomandani Mayor Marinir Moh. Ali Wardhana, S.E., M.Tr Opsla selaku Dan U.T. SAR Darat melibatkan Prajurit-Prajurit tangguh Kasuari Perkasa. 

Dalam amanat Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI I Nyoman Gede Aryawan, S.E., M.M. yang dibacakan KS. Koarmada III Laksma TNI Dadi Hartanto, M.Tr (Han) menyampaikan bahwa Armada III sebagai Kotama TNI AL di wilayah Sorong bisa memberikan bantuan tanggap darurat dalam menghadapi musibah bencana alam dalam membentuk pasukan reaksi cepat penanggulangan bencana di Koarmada III dengan bersinergi kepada Pemerintah Daerah dan instansi lainnya.
"Pelatihan ini diselenggarakan dalam tugas pokok kita operasi selain perang dan dalam rangka melaksanakan pertolongan kepada korban bencana alam", terangnya. 

Lebih lanjut, dikatakan, fokus dari latihan pratugas ini adalah untuk mewujudkan 4 sasaran penting yaitu terwujudnya pengetahuan dan keterampilan para peserta latihan, terbentuknya kerjasama yang baik antara peserta dalam pelaksanaan tugas operasi demi terwujudnya sinergitas dan interoperability guna menghadapi keadaan yang sebenarnya, memahami serta mampu mengimplementasikan standar operasional prosedur keamanan dalam memberikan dukungan bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan bencana alam serta terlaksananya latihan pratugas penanggulangan bencana alam tahun anggaran 2019 secara profesional serta mengedepankan kerjasama yang solid. 

Upacara pembukaan latihan penanggulangan bencana alam Armada III yang dihadiri oleh Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos., M.M., Danguskamla Armada III Laksma TNI Agus Hariadi, Wadan Lantamal XIV Kolonel Laut (P) Robertus T Waskito, S.E.,M.M., Para Pejabat TNI, POLRI, Pemkot Sorong, BASARNAS Daerah Sorong, BNPB Daerah Sorong dan Pasiops Yonmarhanlan XIV Kapten Mar William David Halley, dilanjutkan dengan penyampaian materi/teori prosedur tanggap darurat bencana alam serta SAR dan evakuasi korban di gedung serba guna Koarmada III, kota Sorong.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia