KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
BudayaFida Abbott Promosikan Batik Melalui Peluncuran Buku Hibridanya oleh : Redaksi-kabarindonesia
10-Aug-2018, 04:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda salah satu penyinta media Harian Online KabarIndonesia (HOKI), maka nama Fida Abbott sudah tak sing lagi. Kiprahnya di HOKI sebagai salah satu pewarta warga sudah dimulai sejak bulan Desember 2006. Beberapa bulan kemudian, ia mendapatkan penawaran
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rindu 28 Jul 2018 11:02 WIB

Hujan 28 Jul 2018 11:02 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Cuitan Netizen Tentang Jatah Mobil Baru Pimpinan DPRD Samosir Seharga 1,8 Milyar
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 24-Mei-2018, 04:41:51 WIB

KabarIndonesia - "Sudah wajar selaku pimpinan DPRD kabupaten Samosir mempunnyai mobil operasional jabatan yg baru untuk mendukung tugas- tugas kelembagaan karena kondisi mobil lama sudah 7 tahun dipake. Masalah mobil lama, itu kewenangan pengguna barang adalah Sekwan dan berkoordinasi dengan pengelola barang yaitu Sekda," tulis seorang netizen di akun WAnya menjelaskan berita perihal pengadaan 3 unit mobil dinas Pimpinan DPRD Samosir.

Sebagaimana diketahui, berita Mediabisnisdaily.com yang juga diunggah di media sosial facebook memberitakan bahwa "Tiga Pimpinan DPRD Samosir Dapat Jatah Mobil Baru Rp 1,8 M" telah mengundang berbagai komentar dan pendapat yang bernada pro kontra, ada mendukung juga ada yang menyesalkan pengadaan mobil tersebut.

Diberitakan bahwa tiga pimpinan DPRD Samosir mendapat jatah mobil baru. Mobil baru tersebut jenis mobil SUV New Toyota Fortuner yakni Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata dari PDI Perjuangan, jenis Toyota Fortuner, Nurmerita Br Sitorus (Partai Gerindra) dan Jonner Simbolon (Partai Nasdem) yang menggunakan Pajero.

Menurut informasi, mobil Pajero yang dipakai pimpinan DPRD, dulunya dibeli di masa tugas DPRD Samosir periode 2010-2014 sebelumnya dan kenyataannya mereka mengeluh atas kondisi mobil tersebut akibat seringnya mengalami masalah saat bertugas ke lapangan apalagi dengan kondisi topografis serta kapasitas jalan ke desa-dusun di kabupaten Samosir.

"Memang benar, kondisi mobil yang kami pake sekarang mungkin sudah tidak layak lagi, sering menimbulkan masalah, ngadat dan susah menjangkau sasaran kunjungan desa, dengan bukit lembah Samosir. Bupati sendiri pernah menyarankan penggantiannya pada saat rapat, karena beliau mendapat laporan staf," sebut salah satu pimpinan DPRD yang dihubungi awak media ini.

Menurut pengakuan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Josro Tamba, kepada medanbisnisdaily.com, Senin (21/5/2018) di ruang kerjanya, bahwa memang pengadaan mobil dinas bagi pimpinan dewan pada anggaran 2018. Total dana untuk kendaraan pimpinan DPRD Samosir Rp1,8 miliar yang berasal dari APBD Samosir Tahun Anggaran 2018.

"Jatah mobil baru ini diperuntukkan untuk 3 pimpinan dewan untuk ketua, dan wakilnya. Harga per unit untuk ketua dan wakil masing-masing berbeda. Untuk ketua dianggarkan Rp 667 juta, dan 2 wakilnya masing-masing 550 jutaan," kata Josro Tamba.

Amatan awak media, ketiga mobil baru itu, kelihatan sudah ada halaman DPRD sejak pagi. Tempat duduk mobil SUV New Fortuner ini nampak masih diplastik, hanya saja nomor polisi mobil susah plat merah. Mobil SUV New Fortuner tersebut merupakan fasilitas bagi pimpinan DPRD Samosir.

Sementara itu, mencermati dilakukannya pengadaan 3 unit mobil seharga lebih dari Rp1,8 tersebut untuk pimpinan DPRD Samosir. Sebagian facebooker yang mengetahui akses jalan dan keluhan pemakai mobil itu mengatakan bahwa hal ini masih wajar bagi pimpinan DPRD, demi mendukung kelancaran tugas.

"Wajarlah untuk pimpinan DPRD 2019-2024 kan tantangannya beda. Semoga kinerjanya meningkat (blusukan ke tengah masyarakat dan luar Kab. Samosir) untuk menampung aspirasi. Puji Tuhan, ternyata Samosir mampu bersaing dengan daerah kaya, yg penting digunakan yg benar dan berguna bagi keluarga dan rakyat Samosir" sebut beberapa netizen.

Ada juga cuitan netizen yang bernada kritis, pesimis dan bernuansa satir seraya mengharapkan perlunya kajian mendalam dari sisi kemampuan keuangan daerah dan dibanding daerah tetangga yang APBDnya mencapai triliunan rupiah. Ada yang menyesalkan pembelian mobil terlalu mewah ditengah kondisi ekonomi yang sulit, akses antar desa yang tidak baik dan masih banyaknya penduduk miskin di Samosir.

Berikut awak media mengutip beberapa cuitan para netizen "Masih banyak lho desa di Samosir yg masih sangat miskin, maunya dikasih sama mereka yg membutuhkan dipedesaaan. Berarti samosir sudah sejahtra termasuk infrastruktur sudah bagus, makanya dana ini digunakan buat beli mobil dari pada tidak digunakan sayangkan? Kayaknya perlu ada penelitian nya nih, korelasi antara tunjangan mobil baru dengan performansi. Gak pantas APBD kecil, masa digunakan utk beli mobil mewah, lebih baik untuk membangun jalan. Siapa pengusul agar kenderaan tsb dibeli melalui APBD, dgn ini harus ditelusuri dgn baik oleh yg berwewenang". (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Menuju Pulauku Nol Sampaholeh : Rohmah S
20-Jul-2018, 07:18 WIB


 
  Menuju Pulauku Nol Sampah Sejumlah karyawan Astra sedang membuat ecobrick dengan memasukkan sampah plastik ke dalam botol plastik bekas pada kegiatan sukarela karyawan di Kampung Berseri Astra Pulau Pramuka.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia