KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalIbunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia oleh : Danny Melani Butarbutar
25-Mar-2020, 14:42 WIB


 
  KabarIndonesia - Berita duka yang dikutip dari berbagai media bahwa Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (25/3/2020).

Informasi ini dikonfirmasi oleh salah satu staf khusus Presiden, Angkie Yudistia. “Iya betul, saya juga
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

Glancingly of Love

 
SERBA SERBI

Glancingly of Love
Oleh : Lady Asther Laura | 27-Des-2007, 16:00:23 WIB

KabarIndonesia - Jatuh cinta berjuta rasanya ... Itulah kutipan lagu karya Titiek Puspa yang dinyanyikan ulang dengan gaya kocak oleh kelompok Project Pop.

Bicara cinta mungkin mudah. Semua orang pernah merasakan yang namanya cinta, tapi sebenarnya cinta itu apa sih?

RANAH CINTA

Ranah cinta terbagi 2; yaitu cinta yang bersifat emosional dan rasional. Kedua ranah cinta tersebut tidak ada yang lebih baik; tapi harus saling melengkapi dan saling menyempurnakan.

CINTA EMOSINAL

Cinta pada ranah ini adalah cinta yang misterius, datang dan pergi bagai angin, tak dapat dipastikan. Ciri cinta emosional adalah adanya perasaan yang amat kuat/intens/passion.

Passion ini amat kuat sehingga kita yang sedang jatuh cinta seolah dikuasi oleh cinta yang ada di hati dan pikiran kita hanya ada orang yang kita cintai saja, sebagian besar waktu dan energi kita gunakan untuk memikirkan sang kekasih.

Dalam cinta emosional ini, kita juga cendrung egois! Sang kekasih ada dalam pikiran kita sejauh sang kekasih menyenangkan kita, sejauh gambaran diri sang kekasih seperti yang kita idam-idamkan, sejauh perilakunya sesuai dengan yang kita harapkan.

Jadi, saat sang kekasih tak seperti yang kita harapkan, perilakunya berbeda dengan yang kita mau, cinta kita akan luntur.

Selain itu, cinta emosional tak berpijak pada fakta karena saat kita mengalaminya, kita akan penuh dengan angan-angan yang amat romantis.

Musuh cinta emosional adalah rutinitas. Setelah kita mengetahui banyak hal tentang sang kekasih, kita jadi tak tertantang lagi. Selain itu, aktivitas rutin yang diulang-ulang dengan cara yang sama, serasa tak menarik lagi. Jika rutinitas melanda; cinta kita akan luntur.

Cinta emosional biasa diwujudkan dengan sentuhan fisik (berpegangan tanga, berpelukan, berciuman) sehingga cinta ini lebih diarahkan pada lawan jenis dan bersifat ekslusif, tidak mendua.

CINTA RASIONAL

Cinta rasional adalah cinta pelengkap dari cinta emosional. Cinta ini tak didominasi oleh passion tapi oleh akal, rasio.

Cinta rasional terwujud dalam tindakan yang disadari sepenuhnya, bukan cuma perasaan saja!

Cinta rasional ada 4 unsur; yaitu :

CARE> Jika kita mencintai seseorang, kita wajib menaruh perhatian serius pada kehidupan dan perkembangan pribadi serta kesejahteraan psikisnya.

RESPONSIBILITY> Dalam mencintai seseorang ada tanggung jawab; kita harus responsible terhadap kesejahteraan dan kebahagiaannya tapi bukan dalam arti kesejahteraan dan kebahagiaannya ada di tangan kita. Sebagai contoh, misalnya orang yang kita cintai butuh bantuan psikologis; paling tidak kita punya telinga untuk mendengarkan keluhannya dan sebisa mungkin memberikan jalan keluar untuk masalahnya. Atau contoh lain, dalam cinta ada tanggung jawab; makan berdua tak semurah makan sendiri atau mengambil keputusan 2 orang tak semudah kita mengambil keputusan sendiri. Agar responsibility kita tak jatuh menjadi dominasi, harus ada unsur lain, yaitu :

RESPECT> Rasa hormat pada orang yang kita cintai. Menghormati di sini bukan agar kita menyembah orang yang kita cintai seperti raja/ratu, tapi kita harus bisa melihat/memandang orang yang kita cintai itu apa adanya.

Dengan menerima orang yang kita cintai apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya, kita tak akan menuntut orang yang kita cintai punya kepribadian/perilaku sesuai dengan yang kita maui.

Dalam mencintai seseorang kita harus ingat bahwa ia berada di dunia ini, tak untuk hidup sesuai dengan harapan kita; kita pun berada di dunia ini bukan untuk hidup sesuai dengan harapan sang kekasih.

Mencintai seseorang harus independensi, merdeka dan mandiri. Pribadi-pribadi yang mencintai harus seperti ini. Pribadi yang saling mencintai tak boleh lemah dan menggantungkan hidupnya satu sala lain, karena pribadi yang saling mencintai bukan seperti benalu.

Hal ini penting diterapkan, apalagi jika hubungan berlanjut sampai ke jenjang pernikahan. Pribadi yang saling mencintai haruslah saling membantu, saling menolong dan saling mendukung.

Dengan demikian, hubungan cinta jadi sehat dan saling membangun. Selain itu dalam cinta rasional harus ada :

KNOWLEDGE> Pengetahuan tentang kepribadian, latar belakang yang membentuknya serta kecendrungannya sangat penting. Di sini kita pun harus sadar bahwa pribadi orang yang kita cintai selalu berkembang. Jika kita tak memiliki pengetahuan yang baik, kita tak akan dapat mencintai sang kekasih dengan sepenuhnya.

Cinta emosional dan rasional harus berdampingan. Tapi hal ini memang tak mudah. Maka yang perlu kita lakukan adalah bisa menerapkan keduanya sehingga kita jauh dari rasa egoisme, dapat menyadari bahwa kebahagiaan kita harus dirasakan oleh sang kekasih juga dan kemudian kita dapat mencintai pasangan dengan cinta yang nyaris sempurna.

Pada dasarnya, cinta rasional dapat diberikan kepada siapa saja, terutama pada keluarga/teman/sabahat. Tapi, kita harus realistis karena kita tak mungkin mencintai seseorang secara sembarangan tanpa dasar apa pun. Kita harus bisa memilih sejauh apa dan kepada siapa kita menyatakan cinta kita.

Ciri utama cinta rasional adalah memberi tanpa syarat. Dalam mencintai sang kekasih, kita tak boleh mengenal istilah TAKE & GIVE. Karena, istilah ini hanya dikenal dalam dunia bisnis.

Di jaman ini, banyak sekali pribadi-pribadi yang mencintai tapi berpikir tentang take and give. KIta harus menyadari bahwa take and give hanya dapat diterapkan dalam marketing character, kita beri uang, ia beri barang. Dalam mencintai sang kekasih, kita tak boleh memikirkan untung rugi.

Cinta harus memberi tanpa syarat, gratis!

Mungkin kita jadi bertanya, kalau kita memberi sang kekasih hadiah; lalu apa yang kita dapat kalau kita tak boleh mengharapkan imbal balik dari pemberiannya? Saat kita memberi hadiah pada sang kekasih, tentu kita memperhatikan ekspresinya. Jika ia amat bahagia dan gembira menerima hadiah dari kita, itulah yang kita terima. Kebahagiaan dan kegembiraan yang ia pancarkan melalui wajah dan bahasa tubuhnya akan membuat kita merasa kuat, kaya dan bahagia. Dalam memberi kita akan menikmati kemampuan tertinggi sebagai seorang pribadi.

Atau dapat dicontohkan lain, jika sang kekasih adalah orang yang rapuh, tidak percaya diri; sebagai kekasihnya, kita wajib membantu ia melampaui keterbatasannya. Kita harus mengajak ia terbang tinggi. Saat ia sukses, kita akan jadi orang pertama yang bahagia, bangga dan memberinya ucapan selamat.  Hal-hal semacam ini tak dapat ternilai oleh uang.

Selamat mencintai pasangan Anda dengan tanpa syarat!

Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia