KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalAktifnya Aliran Massa Udara Basah, Picu Cuaca Ekstrim Sejumlah Wilayah Indonesia oleh : Rohmah S
26-Apr-2018, 10:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Kejadian cuaca ekstrem di beberapa daerah seperti hujan disertai puting beliung di Jogjakarta dan Minahasa, banjir di Cilegon dan Bumi Ayu pada saat musim peralihan dari penghujan menuju kemarau menimbulkan banyak pertanyaan di masyarakat, berikut penjelasan Drs.
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Ibu 25 Apr 2018 16:27 WIB

Pemimpin 01 Mar 2018 12:42 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

PKBM Unity Samosir Rayakan Natal dan Gelar Hiburan Musik Tradisional di Ferry Penyeberangan Danau Toba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 21-Des-2017, 09:22:09 WIB

KabarIndonesia - Dalam rangka menyongsong peringatan hari natal/kelahiran Yesus Kristus tahun 2017, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) UNITY menyelenggarakan perayaan Natal bertempat di gedung kesenian Tuktuksiadong kec. Simanindo, kab. Samosir pada Selasa, (29/12).

"Perayaan Natal ini merupakan inisiasi dan secara swadaya PKBM Unity selaku penyelenggara yang sifatnya dari, untuk dan oleh anggota PKBM sendiri" sebut Kiki Andrea selaku pendiri dan pengasuh PKBM Unity kepada pewarta kabarindonesia Danny M. Butarbutar, pada hari Kamis (21/22) di Ambarita.

Menurut Kiki Andrea, perayaan berjalan dengan baik dan lancar dihadiri anak-anak sekolah dan remaja di kelurahan Tuktuksiadong, peserta didik paket C dan B, peserta didik program 'life skill' dan hadir juga wisatawan mancanegara yang sedang berkunjung/menginap di kawasan wisata Tuktuk.

Perayaan natal PKBM ini mengambil tema "Hidupku Berguna Bagi Allah" dan sengaja dirancang sebagai acara Natal Berbasis Budaya Batak, sehingga seluruh aktivitas/kegiatan bernuansa tradisional budaya Batak. Memang demikianlah adanya, pakaian bernuansa budaya (ulos), liturgi (pengucapan/pembacaan ayat Alkitab) dalam bahasa Batak, ibadah dan hiburan lagu diiringi alat musik tradisional yang dimainkan anak-anak SD.

"Saya merasa apresiasi dan bangga terhadap anak-anak yang hadir, walaupun hanya sekitar 30 orang tetapi mereka menunjukkan kebolehannya dalam menyampaikan liturgi dan bernyanyi serta memainkan musik tradisional. Ini suatu hal yang baik untuk kedepan melestarikan budaya. Dan tak disangka wisatawan juga sekitar 20 orang menyaksikan acara ini" sebut Kiki bersemangat.

Dia menambahkan, bahwa ke depan pembinaan anak-anak dan generasi muda akan semakin ditingkatkan terutama untuk melestarikan budaya dan memahami kearifan lokal suku Batak di Samosir. Kendatipun secara swadaya, PKBM Unity akan terus membangun sumberdaya manusia.

"Sudah banyak kegiatan yang selama ini kita lakukan semuanya bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Kami mengelola program 'life skill' dalam bentuk sanggar seni budaya, program paket B dan C putus sekolah yang akan ujian nasional tahun depan, pemberdayaan perempuan melalui pengelolaan rempah 'andaliman' secara manual menjadi bubuk sebagai produk samandal ( samosir andaliman)" jelas Andrea.

Selanjutnya disampaikan bahwa dalam ajang lomba pengelolaan lembaga pemberdayaan masyarakat dan program kegiatannya di provinsi Sumatera Utara, PKBM Unity terpilih sebagai Juara III. "Minggu ini kami akan menerima penghargaan dan hadiah pembinaan sebagai juara tiga provinsi" sebutnya dengan mantap.

Ditambahkannya, dalam rangka menyambut tamu yang berkunjung ke Samosir pada hari Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, sanggar seni budaya binaan PKBM Unity akan menggelar hiburan dengan musik tradisional di Ferry Penyeberangan Danau Toba KMP Taotoba lintas Ajibata (sumatera) - Tomok (pulau samosir).

"Anak-anak sanggar akan dihadirkan memberi hiburan lagu dan iringan musik tradisional di Ferry, mudah-mudahan besok 22/12 sudah kita mulai. Pihak manajemen Ferry sudah kami hubungi dan berkenan memberi tempat. Nantinya penumpang bisa ikut menyanyi, menari atau sekedar menonton, sifatnya gratis lho" pungkas Kiki Andrea. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Pelari Indonesia Pertama di FWD North Pole Marathon 2018 Wakil Direktur Utama FWD Life, Rudi Kamdani (kiri) sedang memberikan jaket FWD Life kepada Pelari Maraton Indonesia, Fedi Fianto (kanan) sebagai simbol FWD Life resmi melepas Fedi sebelum keberangkatannya ke Kutub Utara.
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Pengabdian Tentara di Pojok Desa 10 Apr 2018 14:27 WIB

 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia