KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA SERBA SERBI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
BNN "Panen" 1 Ton Ganja di Aceh 13 Aug 2020 02:57 WIB


 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
SERBA SERBI

Yuk Makan Sate
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 14-Des-2019, 06:57:28 WIB

KabarIndonesia - Hingga saat ini tidak jelas nama SATE itu berasal dari mana. Ada yang menilai kata Sate berasal dari bahasa Tionghoa SA TAE BAK yang berarti tiga potong daging. (三疊肉)
Namun hal ini diragukan, karena satu tusuk sate pada umumnya lebih dari tiga potong daging.

Ada juga yang menilai kata SATE itu berasal dari bahasa Tamil, sebab merekalah konon yang pertama kali menjajakan sate di Jawa sekitar tahun 1870. Hal ini pula yang menjadi alasan populernya penggunaan daging kambing dan domba sebagai bahan sate yang disukai oleh warga keturunan Arab.

Versi lainnya, sate itu dilestarikan oleh Laksamana Cheng Ho. Mengingat Cheng Ho itu penganut Islam, jadi wajarlah bahwa pada awalnya hanya ada sate daging kambing saja.

Saking nikmatnya sate akhirnya terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World's 50 most delicious foods (50 Hidangan Paling Lezat di Dunia) melalui jajak pendapat pembaca yang digelar oleh CNN Gopada 2011.
Uniknya, setiap warga Belanda di Holland tahu arti kata SATE yg sudah diserap dari bahasa Indonesia.

Hidangan internasional yang mirip sate antara lain Yakitori dari Jepang, Shish kebab dari Turki, Shashlik dari Kaukasia, Chuanr dari Cina, dan Sosatie dari Afrika Selatan. Tidak ada negara di dunia ini yang sanggup menandingi Indonesia dari segi keragaman jenis sate.

Di Indonesia minimum ada lebih dari 100 macam jenis sate, bahkan hingga kini belum ada yang dapat menulis secara pasti jenis macam sate apa saja yg ada di Indonesia. Keragaman itu diperlezat dengan bumbu yang beragam pula.

Definisi Sate adalah daging yang ditusuk dan dibakar, tetapi ada juga sate yang tidak ditusuk dan dibakar, seperti Sate Balanga. Adapula yang daging ditusuk, tapi tidak dibakar seperti Sate Kere. Belakangan hari sudah ada SATE BURGER !

Jenis sate ditentukan oleh bahan bakunya atau daging yang dipakai, dan juga bumbunya, sampai cara membuatnya, bahkan tempat dimana sate itu berasal.

Bahan baku sate bukan saja dari ayam, sapi, kambing, bebek, kelinci, tetapi juga dari udang, ikan, kerang, siput, kuda, anjing, ular, buaya (Balikpapan), babi (Batak), tikus (Tomohon – Menado), ulat sagu (Papua), kalong, telur puyuh, burung, kura-kura, kera, biyawak, bekicot, pokoknya hampir semua jenis daging bisa dijadikan sate.

Selain nikmat, Sate Buaya dipercaya mampu menambah vitalitas bagi pria harganya Rp 50.000 per tusuk.

Jenis bumbu sate selain bumbu kacang dan kecap, juga dengan cabai hijau, cuka lahang (Sate Marangi), bumbu tempe (Sate Ambal), bumbu rujak (Sate Komoh), bumbu oncom (sate Kalong) bumu rempah (Sate Rembiga), kelapa parut (Sate Pusut), santan dan bumbu yang amat pedas (Sate Ampat), ada juga yg menggunakan 8 macam bumbu (sate Lilit) dan banyak lagi jenis bumbu-bumbu lainnya.

Lontongnya juga tidak selalu dibungkus dengan daun pisang. Kalau di Belanda dibungkus pakai plastik, tetapi di Lombok dibungkus dengan daun Aren (lontong Bulayak), sedang di Surabaya ada sate kelapa Ondomohen.

Sate lebih enak apabila dipanggang dengan arang dari batok kelapa. Kalau sate dibakar dengan menggunakan KIPAS TRADISIONIL dagingnya akan jauh lebih lembut daripada menggunakan kipas angin listrik.

Namun yang penting bagi kesehatan, setiap kali makan sate sebaiknya didampingi oleh ketimun, sebab dalam sate yang di panggang ada karbon dari hasil pembakaran arang dan pembakaran tersebut dapat menyebabkan kanker. Maklum sate mempunyai zat Karzinogen (Penyebab Kanker).
Dan Anda dapat mensterilisasi dengan Ketimun/mentimun karena timun mempunyai peran bagus dalam pencernaan. Boleh juga dengan meminum jus buah jeruk purut.

Selamat menikmati SATE -Semoga Anda Tetap Enjoy. (Mang Ucup-Danny Melani Butarbutar)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
"BURN OUT" = 4G (Gosong) 13 Aug 2020 04:53 WIB


 

 

 

 
Saatnya Nabung Saja Tidak Cukup 13 Aug 2020 02:57 WIB


 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia