KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Filosofi Kopi 20 Jan 2019 01:57 WIB

Senja Kan Berlalu 19 Jan 2019 14:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
 

 
 
NASIONAL

Perpustakaan Proklamator Bung Hatta Butuh Banyak Sumbangan Koleksi Buku
Oleh : Muhammad Subhan | 19-Jan-2007, 23:46:55 WIB

Oleh: Muhammad Subhan

BUKITTINGGI: Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang diresmikan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono tahun lalu semakin diminati pengunjung. Setiap hari, gedung perpustakaan yang cukup luas ini menerima kedatangan ratusan ‘pembaca maniak' dari berbagai kalangan. Tak hanya berasal dari Bukittinggi tapi juga daerah-daerah lainnya di Sumbar.

"Minat baca masyarakat kita cukup tinggi. Setiap hari banyak pengunjung berbagai kalangan datang sekedar untuk membaca-baca buku di perpustakaan ini," ujar Koordinator Perpustakaan Proklamator Bung Hatta diwakili Bendahara Yusniarti dan Staf Tata Usaha Rosi, Jumat (19/1). Dikatakan, perpustakaan yang berdapat dengan gedung Kantor Walikota Bukiitinggi yang baru itu awal-awal diresmikan setiap harikedatangan 600 hingga 700 pengunjung. Namun sekarang, jumlah pengunjung sehari rata-rata 300 orang."Pengunjung yang paling banyak datang pada hari Sabtu, khsusunya para pelajar dan mahasiswa," ujarnya.

Dijelaskan, Perpustakaa Proklamator Bung Hatta saat ini memiliki 70.327 koleksi, yang terdiri dari buku 41.977 judul, majalah 9.854 eksemplar, tabloid 3.389 eksemplar, koran 15.000 eksemplar, globe 1 buah, cd 71 keping, foto-foto 8 buah, TV 3 buah, komputer 14 unit dan komputer internet 10 unit.

"Kami akui semua koleksi itu masih sangat minim dan membutuhkan bantuan serta sumbangan dari berbagai pihak," katanya. Menurutnya, cara yang dilakukan pihak pengelola perpustakaan untuk menambah koleksi buku adalah dengan mengajukan permohonan buku-buku baru pada sejumlah penerbit, sumbangan dari pemda, donatur, dana pendidikan luar sekolah serta individu-individu yang peduli pada buku."Sumbangan-sumbangan buku itu sudah mulai mengalir dan telah kami data sebagiannya. Buku-buku sumbangan yang sudah kami tata yaitu sumbangan dari Prof. Dr. Djohermansyah Djohan, MA, Deputi Sekretaris Wapres, Drs. H. Mohammad Hasbi, Mantan Direksi APDN Bukiitinggi dan Drs. Djazuli, yang juga mantan Direksi APDN Bukittinggi," ujarnya.

Koleksi-koleksi buku tentang Bung Hatta cukup banyak di Perpustakaan itu. Beberapa diantaranya ditulis oleh Bung Hatta sendiri, dan sejumlah lainnya ditulis dari berbagai penulis, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Ditambahkan, di samping memiliki koleksi berbagai macam judul buku, perpustakaan itu juga memiliki fasilitas ruang pertemuan (aula) dengan kapasitas kursi 600 orang, miniteater dengan 54 tempat duduk, dan ruang rapat berkapasitas 70 orang. "Namun, ruang khusus untuk bacaan anak-anak belum mampu kami rampungkan karena koleksi-koleksi bukunya belum sepenuhnya ada," tambahnya. ***

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australiaoleh : Rohmah S
10-Des-2018, 22:14 WIB


 
  Pergelaran Swimrun Pertama di Asia Tenggara-Australia 20 pelari dari 6 negara: Indonesia, Australia, Amerika, Inggris, New Zealand dan Swedia ikuti swimrun di Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan jarak lari 20km dan berenang 3km. Head of Corporate Communications PT Astra International Tbk Boy Kelana Soebroto (kiri)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 
Muallaf Zaman "Now"! 07 Jan 2019 18:38 WIB

 
 
 
Khasiat Buah Bit untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB

 

 

 
Haruskah Beragama? 18 Jan 2019 16:17 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia