KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PariwisataGaruda Indonesia, Penerbangan yang Sangat Diminati di Belanda oleh : Djoko Suryo
28-Okt-2014, 01:32 WIB


 
 
Garuda Indonesia, Penerbangan yang Sangat Diminati di Belanda
KabarIndonesia - Jakarta, Berdasarkan data yang dirilis oleh Kedutaan Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda, jumlah kunjungan turis Belanda ke Indonesia pada 2013 meningkat hingga 6,69 persen dari sekitar 147 ribu orang per tahun menjadi 157 ribu. Angka tersebut adalah salah
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
Membutuhkan Wartawan/Wartawati 06 Sep 2012 16:29 WIB


 
Kajati Kalteng Kunjungi Katingan 30 Okt 2014 19:41 WIB


 
Dia yang di Tepian Kali 30 Okt 2014 09:32 WIB

Tak Habis Pikir Dia 30 Okt 2014 09:29 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

KASUM BARU ERWIN SUJONO : Calon KSAD Atau Panglima TNI?

 
NASIONAL

KASUM BARU ERWIN SUJONO : Calon KSAD Atau Panglima TNI?
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 08-Sep-2007, 07:31:39 WIB

KabarIndonesia - Ada dua penafsiran yang bisa diterapkan pada mutasi tubuh TNI yang diumumkan hari ini, yaitu adalah tradisi TNI yang selalu mengadakan mutasi setahun dua kali, dan yang kedua mutasi istimewa. Istimewanya adalah melihat tokoh-tokoh yang tampil, antara lain wakasad baru, kasum baru, danjen kopasus baru dan pangkostrad baru. Mereka sedikit banyak punya kaitan dengan SBY, terutama kasum baru Erwin Sujono, yang tidak lain adalah ipar SBY. Pengamat militer Tjipta Lesmana melihat hal-hal yang istimewa dalam mutasi TNI yang diumumkan hari ini

Keluarga SBY
Tjipta Lesmana (TL): Kalau saya menilai yang paling penting adalah ada tiga atau empat pos. Yang paling penting itu, yang strategis, yang menjadi perhatian orang banyak. Satu adalah Pangkostrad. Ini strategis sekali. Yang kebetulan ini kan menimpa Erwin Sujono. Semua orang sudah tahu, siapa Erwin Sujono. Kan famili dekat dengan SBY. Jadi Kasum. Kasum adalah orang nomor dua, di jajaran TNI. Setelah Panglima, Kasum. Itu penting sekali.

Lalu, siapa pengganti Erwin Sujono? George Toisutta. Sebagai Pangkostrad. Jadi, ada tiga atau empat posisi yang penting sekali, yang menjadi perhatian orang banyak. Satu posisi Kasum. Terus Pangkostrad. Terus Wakasad. Wakasad juga penting. Kenapa Wakasad penting? Jadi kalau misalnya Joko Santoso, sekarang Kasad ini, any time menjadi Panglima. Hampir dipastikan, Wakasad menggantikan. Kecuali kalau Wakasadnya pensiun. Terus, ya Koppasus, ya jadi perhatian orang juga, gitu ya. Ini posisi posisi kunci, yang saya kira menjadi perhatian banyak orang dalam mutasi TNI kali ini.

Meniru Soeharto ?
Radio Nederland Wereldomroep (RNW): Soal jabatan Kasum itu, Pak Tjipta Lesmana, ini kan kabarnya karena dia adalah orangnya SBY, maka SBY meniru-niru Soeharto gitu, dengan Prabowonya dulu gitu.

TL: Ya ada yang bilang seperti dinasti, begitu ya. Saya enggak bisa terlalu banyak bicara. Pertama, ya kesan itu bisa saja. Kesan bahwa Erwin Sujono, dari Pangdam itu langsung lompat jadi Pangkostrad. Itu juga jarang terjadi. Terus, Pangkostrad ke Kasum, itu juga jarang terjadi. Biasanya Pangkostrad itu ke Wakasad. Ya ada yang mengatakan ini dinasti. Ya, kesan itu ada, gitu ya. Tapi, kan kita juga harus menghormati bahwa Presiden mempunyai kewenangan itu.

Dalam melakukan mutasi, menempatkan orang di sini, di sini, gitu ya. Saya kira, ya mungkin kebetulan. Tapi, saya banyak tanya dengan teman teman saya. Semua mengakui Erwin Sujono ini perwira bagus. Itu memang diakui. Dia orang tempur. Dan dia orang tegas, gitu ya. Jadi memang dia, memang cekatan. Dia pinter, Erwin Sujono ini. Bukan hanya kepala kosong, gitu ya.

Perwira hebat
RNW: Lalu bagaimana dengan Pangkostrad yang baru, George Toisutta?

TL: Perwira hebat sekali. Banyak orang enggak tahu. Waktu Feisal Tanjung jadi Pangab, Panglima ABRI, George adalah SPRI-nya. SPRI itu kan penting sekali. Artinya, dia ini berpengalaman kuat sekali. Terus dia pernah menjadi thinktank dari Dan PUSENIF, Komandan Pusat Senjata Infanteri di Bandung. Dia pernah jadi thinktank-nya. Orang banyak yang enggak tahu. Waktu itu dia thinktank-nya, si George sama SBY.

SBY itu Mayor, George jadi Kapten waktu itu. Mereka membentuk satu tim. Tim ini menjadi thinktank dari Komandan Pusenif. Artinya apa? Pengalamannya memang hebat si George ini, ya. Terus jadi Pangdam Jaya, Pangdam Cendrawasih, hebat dia. Sebetulnya, kalau kita lihat mutasi sekarang, kita mesti bikin prediction. Apa ini? Banyak pembicaraan di publik di Indonesia ini, terutama di kalangan militer ini, di kalangan pengamat segala gitu ya, apakah Joko Suyanto akan terus sampai 2009? Atau apakah tahun depan kemungkinan bisa ada pergantian panglima? Orang ke sana lihatnya, gitu. Siapa calon kuatnya? Ada kemungkinan Kasum bisa jadi panglima. Bisa.
 
(Sumber :Radio Nederland Wereldomroep 06-09-2007)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Email: redaksi@kabarindonesia.com
Big News Today..!!! Let's see here http://kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Penjual Pisang Bertelanjang Kakioleh : Jumari Haryadi
17-Okt-2014, 23:21 WIB


 
  Penjual Pisang Bertelanjang Kaki Mencari nafkah adalah kewajiban seorang pria terhadap keluarganya. Selain bekerja di sektor formal seperti menjadi PNS dan pegawai swasta, bisa juga dilakukan dengan cara berdagang. Tampak seorang pria tengah membawa pisang yang baru diambil dari kebunnya (16/10/14). Dengan bertelanjang kaki, pria
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Sastra Tanpa Riset 05 Okt 2014 10:09 WIB