KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB

 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB

 

Gempa 7,9 SR Guncang Bengkulu, 2 Tewas

 
NASIONAL

Gempa 7,9 SR Guncang Bengkulu, 2 Tewas
Oleh : Denny Sitohang | 13-Sep-2007, 06:36:32 WIB

KabarIndonesia - “Guncangannya sangat terasa. Orang-orang berlarian karena panik. Ada juga yang berteriak-teriak,” ujar Hatta, seorang karyawan studio foto yang ada di Sun Plaza, mal terbesar saat ini di Medan, Rabu (12/9). Hatta, bersama pengunjung lainnya ikut-ikutan lari menyelamatkan diri setelah gempa bumi kuat mengguncang Samudera Hindia tak jauh dari garis pantai Bengkulu, Sumatera pada Rabu pukul 18.10 WIB. Nun jauh dari Medan, sekitar 130 meter dari Bengkulu, Lindu (gempa) itu berpusat, kata United States Geological Survey (USGS). Kali ini, sang Lindu muncul dengan kekuatan 7,9 Skala Richter. Meski berpusat di Bengkulu, getarannya terasa di provinsi lain seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Pekan Baru, Sumatera Selatan, Lampung, Jakarta, dan menjalar sampai ke Malaysia, Singapura, Thailand. Bahkan, sang Lindu juga sempat dikhawatirkan memicu tsunami di kawasan Samudera Hindia. Delapan negara di kawasan ini diminta waspada.   Adalah Pacific Tsunami Warning Centre yang berbasis di Hawaii AS yang mewanti-wanti bahwa tsunami berpotensi terjadi di Indonesia, India, Srilanka, Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina dan Maladewa. Seluruh negara-negara itu juga sempat merasakan amuk tsunami saat mega Lindu di Aceh yang berkekuatan 9 SR terjadi 26 Desember 2004.

Peringatan itu benar adanya. Sebuah tsunami kecil – setinggi sekitar semeter – dilaporkan menghantam kawasan pantai di Padang, Sumatera Barat, kata Suhardjono, petugas senior di Badan Meteorologi dan Geofisika setempat. Sayang, ia tidak bisa memberikan laporan detil karena buruknya koneksi telepon, katanya kepada kantor berita Associated Press yang dikutip di Yahoo! Pacific Tsunami Warning Centre mengamini pernyataan Suhardjono.

Dua orang tewas saat sebuah ruang pamer mobil rubuh dan sejumlah orang lainnya dikhawatirkan tewas di lantai empat sebuah departemen store di Padang, Sumatera Barat yang terbakar setelah gempa. Diduga, kebakaran dipicu hubungan pendek listrik. Malah, Kapolda Sumbar Brigjen Ucin Sudiana mengkhawatirkan sejumlah orang terjebak dalam bangunan itu. Tujuh orang dilaporkan tewas di dan sekitar Bengkulu, kata petugas dari Dinas Sosial Felix Valentino kepada detik.com. Sedikitnya 100 orang terluka dan dirawat di rumah sakit kata petugas dari Kementerian Kesehatan, Rustam Pakaya kepada AP.

“Semua orang berlarian dari rumah mereka. Semuanya panik,” kata Wati Said lewat sambungan ponsel dari Bengkulu. Rumah Wati tidak jauh dari pusat gempa. “Kami pikir rumah tetangga kami cukup tinggi. Oh Tuhan, jika air (tsunami) datang kami bisa selamat. Semua orang ketakutan,” tambah Wati.

Sampai Kamis dinihari tadi, laporan sementara menyebutkan sedikitnya 40 persen bangunan di Bengkulu Selatan rusak parah. Selain rumah-rumah, surau-surau di Bengkulu juga roboh. Salat tarawih pun terpaksa tertunda di di awal bulan Ramadhan ini. Situasi makin mencekam saat aliran listrik terputus. Kota gelap gulita. Hampir serupa kondisinya, di Padang ratusan rumah dan gedung-gedung juga ambruk. Bahkan, delapan karyawan ruang pamer Mitsubishi PT Suka Fajar Jalan Veteran Padang masih hilang. Diduga, delapan orang itu tertimbun reruntuhan bangunan. Dari Mentawai, dilaporkan banyak rumah, masjid, gereja, dan sekolah ikut ambruk. Satu jam setelah gempa 7,9 SR, gempa susulan dengan kekuatan 5,7 SR kembali menggoyang Bengkulu. Lindu ini tak urung kembali membuat warga panik. Dan pada pukul 21.40, Lindu datang lagi dengan kekuatan 6,6 SR dari kedalaman 18 km. Gempa ketiga ini sempat membuat BMG kembali mengeluarkan warning tsunami setelah sebelumnya mencabut peringatan itu. Dari Malaysia, website Harian The Star melaporkan BMG Malaysia sempat mengumumkan agar warga yang bermukim di bagian utara negeri itu seperti Perlis, Kedah, Perak, dan Penang untuk menjauh dari pantai demi antisipasi keamanan dari kemungkinan terjadinya tsunami setelah gempa kuat di Indonesia.

Menurut The Star, di Johor Bahru, ribuan orang di Bukti Cagar dievakuasi dari rumah-rumah mereka setelah getaran. Seorang penjaga toko bernama Pang Tai Kuang (35 tahun), mengatakan dia terjaga oleh getaran yang dirasakannya sekitar 15 menit itu. Isterinya, Juliana Ghazali (28) yang baru melahirkan 3 hari lalu terpaksa turun dengan tangga dari flat mereka di lantai 15 karena lift tidak berfungsi.

Di Penang, polisi sempat memberi peringatan setelah BMG setempat mengeluarkan pengumuman kemungkinan bahaya tsunami. Asisten Komisaris Polisi wilayah George Town Azam Abd Hamis mengatakan patroli polisi ditugaskan ke Gurney Drive untuk memperingatkan orang agar menjauh dari pantai.

Di Singapura, gedung-gedung tinggi terasa dikocok-kocok. Broadcaster Channel NewsAsia melaporkan, gempa dirasakan di pusat Kota Singapura. Bahkan, penghuni apartemen-apartemen, gedung perkantoran di pusat bisnis negara itu ikut digoyang Lindu. Sampai Kamis dinihari, Badan Kordinasi Nasional (Bakornas) Penanggulangan Bencana (PB) memastikan 2 warga tewas. “Hingga saat ini, 2 orang tewas, 9 luka-luka di Bengkulu, dan 2 luka-luka di Padang,” kata Direktur Bantuan Darurat Bakornas Soetrisno di Jakarta, Rabu. Namun, diperkirakan jumlah korban tewas mungkin akan bertambah, mengingat evakuasi belum dilakukan. (berbagai sumber)

(Sumber gambar : U.S. Geological Survey, 13 sep, 00:15:55 UTC 2007)


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Email: redaksi@kabarindonesia.com
Big News Today..!!! Let's see here www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia