KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalLowongan Kerja PT.Indomaret 2021 oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Feb-2021, 00:57 WIB


 
  KabarIndonesia – Jakarta, 💳 Lowongan Kerja PT.Indomaret Resmi DibukaDapatkan pekerjaan dari PT.Indomaret lewat program COVID19. Segera mendaftar pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 

Hari Sumpah Pemuda Dan Tata Kelola Keuangan Milenial

 
NASIONAL

Hari Sumpah Pemuda Dan Tata Kelola Keuangan Milenial
Oleh : Setyo Sudirman | 31-Okt-2020, 15:13:04 WIB

KabarIndonesia - Setiap 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Pada 2020 ini Hari Sumpah Pemuda Ke-92 mengusung tema "Bersatu dan Bangkit". Namun senyatanya, tidak sedikit yang saat ini bingung bagaimana cara memaknai Hari Sumpah Pemuda ini di era digital saat ini.

Pada dasarnya semangat yang diusung dalam sumpah pemuda adalah kesatuan untuk kemerdekaan alias meraih kemerdekaan sejati. Karena itu makna kemerdekaan pun kini mendapat kebaruannya.

Kesatuan dimaksudkan untuk mewujudkan Indonesia yang merdeka secara fisik dari musuh (penjajah) mulai 1928 oleh para pemuda, tetapi untuk saat ini dimaknai secara baru.

Musuh bersama saat ini adalah kemiskinan. Kemiskinan masih menjadi momok bersama dan ini wajib diperangi oleh milenial dengan caranya sendiri. 

Bicara soal kemiskinan, sejatinya terkait pula tata kelola finansial yang kurang tepat. Tragisnya, skill pengelolaan keuangan ini pun hingga saat ini masih menjadi persoalan serius di kalangan anak muda dan milenial.

Dihadapkan dengan globalisasi yang menyebabkan milenial dan anak muda menjadi konsumtif karena mudah tergoda, sebagai dampaknya tata kelola keuangannya menjadi tak beraturan. Terlebih, hanya sedikit milenial yang saat ini paham betul pengelolaan keuangan secara tepat.

Tak berlebihan jika di era digital saat ini milenial memaknai Hari Sumpah Pemuda dengan membangun komitmen menjalankan perencanaan keuangan yang bijaksana agar bebas dari jerat kemiskinan.

Langkah paling dasar terkait perencanaan keuangan yang tepat yaitu dengan menerapkan pola hidup hemat. Hemat di sini bukan berarti pelit, melainkan dialokasikan sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan.

Langkah konkret hidup hemat ini, misalnya mengurangi kebiasaan jajan dan belanja online yang saat ini sangat mudah di masa pandemi Covid-19. Lantas uang penghematan ini dilarikan (dialokasikan) kemana?

Tentu saja perlu dialihkan ke hal-hal yang positif dan produkti, seperti ditabung atau dikembangkan ke platform investasi yang cocok untuk kalangan anak muda. Investasi sebagai alternatif memaknai Hari Sumpah Pemuda bisa dilakukan mudah karena investasi saat sudah sangat terjangkau untuk kalangan milenial dan pemuda.

Sayangnya, hingga saat ini masih sedikit milenial dan anak muda yang belum tahu kemudahan investasi, khususnya investasi di pasar modal yang sudah sangat terjangkau dan relevan untuk mereka ini.

Investasi di pasar modal, teristimewa investasi reksa dana dan saham, sudah sangat mudah dan terjangkau semisal dengan aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas. Tak perlu modal jutaan, kedua investasi ini sudah bisa dinikmati milenial dan anak muda.

Bukan lagi isapan jempol semata, keberadaan investasi dalam tata kelola keuangan itu sangat penting agar keamanan di masa depan terjamin. Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-92! (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
 
Hacker ClanX12 15 Jan 2021 06:38 WIB

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB

 

 

 
 

 

 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia