KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
DaerahPemprov Jateng Keliru Tafsirkan UU Kebudayaan oleh : Gunoto Saparie
16-Jan-2018, 22:54 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dinilai keliru dalam menafsirkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Undang-undang tersebut mengamanatkan pembentukan Lembaga Wali Amanat (LWA), namun pemprov justru memfasilitasi pendirian Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN).  
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sekeping hati 06 Jan 2018 16:05 WIB

 

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Jangan Takut Mencipta dan Berkarya

 
NASIONAL

Jangan Takut Mencipta dan Berkarya
Oleh : Argopandoyo Tri Hanggono | 21-Sep-2017, 15:52:11 WIB

KabarIndonesia - Untuk memenuhi kebutuhan mahasiswanya, Universitas Kristen Indonesia Jakarta menggelar Seminar Perlindungan Hukum terhadap Pencipta Karya Musik dan Lagu. Memanfaatkan ruang aula gedung Graha William Suryadijaya, acara yang digelar pada hari Rabu (20/9) dipadati mahasiswa berjaket almamater berwarna biru. Lokasi Graha William Suryadijaya sendiri, berada di lingkungan Kampus UKI Cawang, jalan Mayjen Sutoyo No. 2 Jakarta.

Dalam acara tersebut, Direktur Paten dari Kemenhukam, Timbul Sinaga sebagai salah satu panelis menyatakan agar setiap orang tidak perlu takut untuk mencipta atau berkarya. Ia menjanjikan bahwa negara akan hadir untuk memberikan perlindungan. “Jangan takut menghasilkan karya," begitu ujarnya. "Baik dalam cipta musik dan cipta lagu, atau lainnya, Negara akan tampil memberikan perlindungan!” tandasnya lagi meyakinkan peserta seminar.

Timbul menyinggung soal hak paten yang masih bergantung dan masih mengikuti perkembangan yang terjadi luar negeri. Padahal hak Cipta adalah hak yang bersifat eksklusif, yang berarti hak yang semata-mata hanya diperuntukkan bagi pencipta dan atau pemegang hak ciptanya. Oleh karenanya tidak ada pihak lain yang dapat mengambil manfaat ekonomi tanpa izin dari pencipta dan atau dari pemegang hak ciptanya.

Dalam UU No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta menetapkan setiap orang yang melaksanakan hak ekonomi pencipta wajib mendapatkan izin pencipta atau pemegang hak cipta. Setiap orang yang tanpa izin pencipta atau pemegang hak cipta dilarang melakukan penggandaan dan/atau penggunaan secara komersial ciptaan UUHC menetapkan bahwa untuk mendapatkan hak ekonomi setiap pencipta. 
Pemegang Hak Cipta menjadi anggota LMK agar dapat menarik imbalan yang wajar dari pengguna yang memanfaatkan hak cipta dalam bentuk layanan publik yang bersifat komersial. Permasalahan muncul adalah, apakah seorang pencipta atau pemegang hak cipta lagu atau musik yang belum menjadi anggota dari suatu LMK dapat menuntut pihak lain (user) yang mempergunakan karya ciptanya tanpa izin?
Secara khusus, pengaturan tindak pidana pelanggaran hak cipta musik atau lagu terdapat dalam Pasal 113 UU No. 28 tahun 2014. Menurut Dekan FH UKI, Hulman Panjaitan, SH., MH., pengaturan tindak pidana yang ada dalam pasal 113 tersebut justru merupakan suatu langkah mundur dalam memberikan perlindungan hukum kepada pencipta lagu atau musik. Acara tersebut juga menampilkan panelis ternama lainnya, seperti James F Sundah dari Lembaga Manajemen Komite Nasional atau LMKN.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017oleh : Rohmah Sugiarti
16-Des-2017, 22:18 WIB


 
  Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki 2017 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) bersama main dealer di 36 kota Indonesia gelar kembali Kumpul Akbar Wirausahawan Suzuki (KAWIR). KAWIR pada tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ketiga kalinya, setelah sebelumnya diadakan pada tahun 2014 dan 2015 lalu. Kali ini
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Belajar Menjadi Orang Kaya 16 Jan 2018 08:56 WIB

 

 

 

 

 

 

 

 
 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia