KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiTerbuka Kesempatan Magang di Harian Online KabarIndonesia oleh : Redaksi-kabarindonesia
24-Apr-2019, 03:27 WIB


 
 
KabarIndonesia - Bila Anda seorang mahasiswa/mahasiswi dari berbagai fakultas di wilayah Indonesia dan memiliki minat di dunia media online termasuk penulisan artikel dan pengeditan, redaksi Harian Online KabarIndonesia (HOKI) memberikan kesempatan magang di HOKI selama satu tahun sebagai Tim Redaktur.
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Pasangan Abadi 13 Apr 2019 04:16 WIB

Sepenggal Kisah dari Menoreh (2) 24 Mar 2019 06:12 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

KONGRES TEKNOLOGI NASIONAL BPPT: Penguatan SDM IPTEK Sebagai Penghela Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju dan Mandiri
Oleh : Adriansyah | 20-Mar-2019, 07:19:35 WIB

KabarIndonesia - Tahun 2019 merupakan tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) III (2015-2019) dan merupakan transisi menuju RPJMN IV (2020-2024), yang juga merupakan tahapan akhir dari Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005 - 2025 untuk mencapai Visi Pembangunan Indonesia 2045 yaitu Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil, dan Makmur.

Bila pada RPJMN III lebih dititikberatkan pada pembangunan infrastruktur di berbagai bidang maka pada akhir RPJMN III dan RPJMN berikutnya difokuskan pada pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berdaya saing untuk mendukung struktur perekonomian yang kokoh menuju perekonomian yang berbasiskan inovasi agar Indonesia berdaya saing dan berdaulat berbasis IPTEK.

Untuk mencapai Indonesia yang berdaya saing dan berdaulat berbasis IPTEK, ada tiga hal penting yang perlu menjadi perhatian.
Pertama, penguatan regulasi dan kelembagaan. Diperlukan suatu koherensi kebijakan inovasi dalam dimensi antarsektor dan lintas sektor, intertemporal(antarwaktu), dan interteritorial (nasional-daerah, daerah-daerah, dan internasional). Sementara itu juga diperlukan sinergitas di dalam suatu lembaga maupun antar lembaga. Dengan kata lain harus Solidsecara kelembagaan dan regulasi.

Kedua, dengan kelembagaan dan regulasi yang solid, maka akan mendorong munculnya program-program flagship Iptek nasional yang dilakukan secara konsorsium sesuai dengan kekuatan kompetensi masing-masing lembaga. Hal ini akan mengakselerasi lahirnya teknologi - teknologi yang dibutuhkan dalam memecahkan permasalahan bangsa. Di era globalsasi ini yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Kata kuncinya adalah Speed. Tentunya semua itu akan berhasil dengan dukungan sumber daya manusia yang cerdas, kompeten dalam bidangnya, dan berintegritas, serta berjiwa kreatif-inovatif yang mampu mentransformasikan invensinya menjadi inovasi yang bermanfaat baik secara ekonomi maupun sosial.

Human capitalnya haruslah Smart.Solid-Smart-Speed adalah tiga kata kunci yang akan membawa perubahan menuju Indonesia sebagai negara industri yang tangguh. Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang memiliki peran dalam audit teknologi, kliring teknologi, inovasi teknologi, alih teknologi, dan layanan teknologi, akan menyelenggarakan Kongres Teknologi Nasional (KTN) tahunan pada bulan Maret 2019 dengan tema "Penguatan SDM IPTEK sebagai Penghela Pertumbuhan Ekonomi Menuju Indonesia Maju dan Mandiri." Tema ini sangat relevan dimana pembangunan SDM yang unggul dan kompetitif menjadi fokus dan prioritas Presiden Joko Widodo pada tahun 2019 ini.Topik KTN 2019 ini akan difokuskan pada bidang teknologi kebencanaan, transportasi perkereta-apian, Teknologi Informasi dan Komunikasi (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/SPBE), dan technopreneur.

Tiga bidang yang pertama adalah teknologi-teknologi yang sangat penting dalam meningkatkan pelayanan publik. Sebagai negara yang rawan bencana, teknologi kebencanaan akan berperan dalam memitigasi bencana sehingga dapat menghindari/mengurangi korban jiwa dan kerugian infrastruktur. Dengan teknologi transportasi perkeretaapian, mobilisasi masyarakat dalam jumlah besar akan semakin mudah dan terhindar dari kemacetan serta mempercepat waktu tempuh. Melalui SPBE (e-government), masyarakat akan semakin mudah mendapat pelayanan dari pemerintah baik daerah maupun pusat serta mendorong birokrasi yang bersih dan transparan. Diperlukan penguatan SDM IPTEK dalam bidang-bidang teknologi tersebut. Topik yang keempat, technopreneur, mendorong tumbuhnya SDM sebagai pengusaha-pengusaha pemula berbasis teknologi (PPBT) yang menjadi penghela pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi, yang merupakan inisiaƟf strategis dalam menghadapi bonus demografi dan mengatasi gejala middle income trap.

Tujuan dari KTN 2019 ini adalah menyampaikan hasil-hasil inovasi BPPT dan menyiapkan bahan masukan kebijakan teknologi kepada pemerintah terutama kaitannya dengan penyusunan rancangan teknokratis RPJMN IV, terkait perumusan kebijakan teknologi nasional bidang Kebencanaan, Transportasi Perkeretaapian, Sistem Informasi (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik/SPBE), dan Technopreneur.

BPPT mengajak berbagai pihak narasumber dari dalam dan luar negeri, dari kementerian atau lembaga terkait, pejabat pemerintah, perwakilan lembaga legislatif, badan usaha, industriawan, akademisi, para pakar dan praktisi serta pemangku kepentingan lainnya untuk dapat berpartisipasi dalam KTN tahun 2019. Selamat berkongres!(*) 

 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum"oleh : Fida Abbott
21-Apr-2019, 05:24 WIB


 
  Hanya Satu Produk Indonesia di "Asia Society and Museum" berlokasi di 725 Park Ave, New York, NY 10021; berukuran tidak besar; memiliki dua lantai dan lantai bawah tanah. Lantai pertama untuk pendaftaran para tamu yang berkunjung, kafe, dan toko suvenir. Lantai dua untuk museum yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Batu Bertuah (1) 25 Apr 2019 16:15 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia