KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

Media Sosial untuk Memaksimalkan Komunikasi Islam
Oleh : Rachmad Yuliadi Nasir | 15-Des-2011, 16:30:27 WIB

KabarIndonesia - Urgensi media tekhnologi untuk digunakan dalam konteks komunikasi Islam. Dalam konferensi yang diselenggarakan oleh salah satu pengembang alat teknologi 10 tahun lalu, mereka mengatakan bahwa yang disebut dengan media komunikasi modern adalah mobile phone, di mana melalui HP setiap orang bisa melihat TV, membaca kora melalui jaringan internet, menghubungi orang dan lain sebagainya.

Namun kalau bicara tentang komunikasi Islam adalah media yang memelihara nilai-nilai Islam dan tidak dapat menghancurkan akidah Islam bagi kaum muslimin.Komunikasi bukan hanya sebatas menyebarkan informasi, namun juga memperhatikan kode etik yang memelihara kehidupan manusia. Media digital dewasa ini dianggap sebagai media yang sangat mempermudah komunikasi antara manusia. Sebab dengan hanya dengan media cetak, penyebaran berita akan terbatas. Namun dengan media digital, penyebarannya menjadi sangat cepat.

Instrumen multimedia sekarang sangat memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia. Media seperti facebook dan twitter menjadi dominan sebagai media komunikasi interpersonal dibandingkan dengan media komunikasi lain. Di sini orang bisa berinteraksi langsung dengan berbagai isu yang sedang berkembang.

Media komunikasi selain juga bersifat general, bisa juga digunakan secara spesifik oleh kelompok tertentu. Dimana mereka membuat jaringan yang eksklusif untuk kelompok mereka.

Interaksi antarmedia komunikasi dengan berbagai cara ini menjadi kesatuan komponen yang bisa menyebabkan hubungan antar individu maupun kelompok.Kita sekarang telah hidup di dunia global yang sangat datar, di mana setiap orang bisa berinteraksi di mana pun dia berada." ujar Dr. Malek Al Ahmed, Profesor universitas King saud Arab Saudi, saat berbicara pada Konferensi Media Islam Internasional ke-2 di Jakarta.

Dengan menggunakan media, seperti yang saya kembangkan di universitas, ini sangat membantu untuk mempublikasikan ide-ide yang kita miliki.Lantas bagaimana kita memaksimalkan komunikasi Islam? Kita sebenarnya senang cerita yang menjadi tabiat manusia sebagaimana disebutkan dalam Al Qur'an. Oleh karenanya,  pencitraaan negatif tentang Islam oleh Barat tidak lain karena melalui cerita yang dikemas dalam film yang menjadi media komunikasi. Oleh karna itu, misi Islam di antaranya juga harus mengembangkan tekhnologi perfilman yang menjelaskan tentang akhlak Islam dan peradaban kaum Muslimin.

Kita sekarang butuh terhadap kurikulum komunikasi islam yang bisa mengembangkan potensi yang ada. Kita telah memiliki media komunikasi secara proporsional. Namun apakah kita telah bisa menggunakannya secara maksimal? Inilah yang menjadi pertanyaan kita semua.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://kabarindonesia.com/


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia