KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Mencatat Indonesia Bersama Sensus Penduduk 2020

 
NASIONAL

Mencatat Indonesia Bersama Sensus Penduduk 2020
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 25-Feb-2020, 16:18:17 WIB

KabarIndonesia - Dibawah tagline "Mencatat Indonesia", Pemerintah Indonesia melalui Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Dalam Negeri, telah resmi memulai Sensus Penduduk pada Sabtu (15/2/2020) lalu. Terdapat dua metode pengumpulan data online dan offline. Adapun metode yang telah dimulai saat ini adalah sensus online, sementara itu, sensus offline akan dilaksanakan pada Juli 2020 mendatang.

Mengutip laman BPS, pengisian dari sensus online dapat dilakukan melalui laman https://sensus.bps.go.id. Sensus ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA) yang telah atau akan tinggal selama minimal satu tahun di Indonesia.

Dijelaskan, kedua metode pengumpulan data (online dan offline) terbagi kembali menjadi tiga cara yakni dengan cara: CAWI (Computer Assisted Web Interviewing), CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan PAPI (Pencil and Paper Interviewing)

Dikonfirmasi awak media Kompas.com, Rabu (19/2/2020), Direktur Statistik Kependudukan dan Ketenagakerjaan BPS, Nurma Widayanti, mengatakan bahwa "Online lewat web itu CAWI. Offline itu dengan PAPI menggunakan kuesioner kertas dan CAPI menggunakan HP."

Menurut Nurma, pengisian sensus online yang tengah dilakukan saat ini adalah metode CAWI. Sedangkan untuk sensus offline yang akan diadakan pada Juli mendatang menggunakan CAPI dan PAPI. Pada metode CAPI, yang tergolong sensus offline, tetap dilakukan dengan bantuan petugas meskipun menggunakan perangkat ponsel. "PAPI dan CAPI itu dengan wawancara oleh petugas. Untuk CAPI, kami menggunakan HP petugas," tutur Nurma.

Tahapan pelaksanaan sensus penduduk 2020

Untuk pelaksanaan dari sensus penduduk sendiri terdiri atas tahapan-tahapan sebagai berikut:
1. Sensus Penduduk Online Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui https://sensus.bps.go.id dan juga dilakukan evaluasi berkala dari sensus penduduk online tersebut. Periode pelaksanaan tahap ini adalah pada Februari hingga Maret 2020.
2. Sensus Penduduk Wawancara (offline).Tahapan ini dilakukan pada Juli 2020. Adapun kegiatan yang dilakukan adalah pemeriksaan daftar penduduk, verifikasi lapangan (ground check), dan pencacahan lengkap (CAPI dan PAPI).
3. Pada Juli 2021 mendatang, direncanakan pencacahan sampel, yaitu pengumpulan data serta informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya.

Terkait dengan pelaksanaan Sensus secara online (pencacahan lengkap), setiap orang (warga negara) dapat melakukan sendiri melalui web https://sensus.bps.go.id. Sebelum membuka dan mencatatkan diri, sebaiknya setiap warga terlebih dahulu melengkapi dokumen dan informasi atas variable individu, pekerjaan dan perumahan. Sehingga mempermudah seseorang menjawab pertanyaan yang diajukan BPS.

Ada 21 pertanyaan yang harus dijawab dan merupakan data yang akan dikumpulkan pada tahapan pencacahan lengkap sensus penduduk tahun 2020 ini. Ke 21 pertanyaan sebagai berikut:

A. Variabel Individu:
1. Nama lengkap
2. NIK
3. Alamat
4. Lama tinggal pada alamat saat ini
5. Jenis kelamin
6. Tempat dan tanggal lahir
7. Kewarganegaraan
8. Suku bangsa
9. Agama
10. Bahasa yang digunakan
11. Status hubungan dengan Kepala Keluarga
12. Status perkawinan

B. Pekerjaan
13. Aktivitas yang biasa dilakukan
14. Pekerjaan
15. Status pekerjaan Pendidikan
16. Ijazah/pendidikan tertinggi

C. Perumahan
17. Status kepemilikan rumah yang ditempati saat ini
18. Listrik
19. Sumber air minum
20. Kepemilikan jamban
21. Jenis lantai terluas.

Untuk mendukung Pemerintah dalam program "Mencatat Indonesia" diharapkan seluruh warga negara Indonesia diharapkan memberi perhatian dan berkenan mencatatkan diri melalui laman https://sensus.bps.go.id. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia