KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalDI ATAS LANGIT ADA LANGIT oleh : Tonny Djayalaksana
23-Aug-2019, 14:03 WIB


 
 
KabarIndonesia - Pengacara 02 dalam Sidang Sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) yaitu Bambang Widjojanto seperti menyimpan agenda tersendiri. Hal itu terlihat dari kejanggalan-kejanggalan yang saya ungkapkan sebelumnya.

Sidang pun berlanjut dengan acara mendengarkan saksi dan ahli dari
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
NASIONAL

Menteri Hukum dan HAM Mengesahkan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 28-Apr-2019, 08:00:35 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Akte Notaris serta Keputusan Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia Republik Indonesia tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba, telah terbit pada tahun 2018 yang lalu dan segera usai Pemilu para penggagas langsung melakukan rapat dengan mengundang tokoh masyarakat yang berasal dari berbagai daerah kawasan Danau Toba.

Demikian disampaikan Ketua Umum Komite Provinsi Danautoba, Edison Manurung SH., MM., melalui akun whatsapp pribadinya kepada pewarta kabarindonesia. Dituturkannya, didampingi Sekretaris Umum Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM dan Bendahara Umum Marthin Hutabarat SE MM, mereka melakukan rapat menindaklanjuti progress rencana pembentukan Provinsi Danautoba, yang digelar Jumat 26 April 2019 siang, di Gedung Nusantara III lantai 8, DPD-RI, Jln Gatot Subroto No 6, Senayan, Jakarta.

“Pembuatan akte notaris dan keputusan Menteri Hukum dan HAM itu dilakukan agar semua kegiatan Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba berkekuatan hukum. Mari kita bergandengan tangan, menggabungkan semua potensi, dan menyatukan tekad dalam pembentukan provinsi Danautoba ini,” sebut Edison Manurung.

Menurut Edison Manurung, mantan Ketua KNPI tahun 80-an ini, bahwa sesuai rencana terdapat 8 (delapan) kabupaten yang akan bergabung dalam Provinsi Danautoba meliputi kabupaten Tapanuli Utara, Toba Samosir, Humbang Hasundutan, Samosir, Dairi, Pakpak Bharat, Simalungun, dan Karo. (red.: daerah wilayahnya kawasan Danau Toba).

Dikabarkan, gagasan pembentukan Provinsi Danautoba ini sudah digaungkan sejak Juli 2018 lalu. Sebelumnya di era SBY sudah ada juga gagasan pembentukan Provinsi Tapanuli yang waktu ini dikelola panitia pemrakarsa Protap (provinsi tapanuli). Di era Presiden Jokowi terbentuk Badan Otorita Danau Toba (BODT) yang sekarang ini bersinergi melakukan terobosan untuk pembentukan Provinsi Danautoba.

“Beberapa waktu yang lalu, saya berani membuat spanduk kalau terpilih sebagai anggota DPR-RI akan menggaungkan Provinsi Danautoba. Kita juga sudah membuat WA grup Provinsi Danautoba sejak tahun 2018 dan hampir semua kepala daerah kawasan Danau Toba ada di dalamnya,” kata Edison, mantan Staf khusus Ketua DPD-RI.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa pada rapat tersebut dibacakan susunan organ Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba yang menjadi lampiran Keputusan Menteri Hukum dan HAM yakni Edison Manurung SH MM (Ketua Umum), Jansen H Sinamo (Ketua), Hudson Markiano Hutapea ST (Ketua), Jornal E Siahaan SE MSi (Wakil Ketua), Ir SM Tampubolon (Wakil Ketua), J Sontang Simatupang SH MH (Wakil Ketua), Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM (Sekretaris Umum), Dr Saut Sitompul MSi (Sekretaris I), Roy Monang Manurung SE MM (Sekretaris II), Martin Leonardo Manurung SH (Sekretaris III), dan Marthin Huabarat SE MM (Bendahara Umum).

Menurut Drs Tonny Rons Hasibuan SH MM yang bertindak sebagai moderator rapat, bahwa sebelumnya pada tahun 2018 lalu, Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba telah melakukan empat kali rapat tentang penggaungan pemekaran Sumatera Utara dengan membentuk provinsi Danautoba. Rapat-rapat itu membahas hal yang berkaitan pembentukan provisi baru, melakukan roadshow dengan menggelar seminar publik untuk sosialisasi dan menghimpun pendapat masyarakat Danau Toba, dan hal lainnya.

Menurut pantauan pewarta kabarindonesia yang juga ikut bergabung di grup WA Provinsi Danautoba, saat ini sedang dilakukan perbincangan dan jaring pendapat, saran dan usul seputar kehadiran Perkumpulan sebagai bahan atau materi rapat yang akan digelar nantinya.

"Panitia lokal tiap kabupaten mau kita bentuk segera, jika bisa di kab.Samosir silahkan mengusul nama-namanya dan akan di SK-kan dari Jakarta untuk memfalisitasi kegiatan-kegiatan di Samosir, juga hal yg sama dgn kabupaten yg lain" tulis Edison Manurung di japrinya kepada pewarta media ini

Ditambahkannya, pada saat acara FGD nanti di gedung DPD RI akan dikukuhkan Dewan Pembina, Dewan Pakar, Dewan Penasehat dan Panitia (daerah/kabupaten) yang depenitif dan direncanakan mengundang para Bupati se-kawasan Danautoba dan Menteri terkait. "Acara FGD nantinya dibuka Ketua DPD RI. Mari kita bawa dalam doa agar progres ini dapat berjalan dgn lancar. Salam PRODATO", pungkas Edison.
Dapat diinfirmasikan bahwa Perkumpulan ini ditetapkan sebagai sebuah badan hukum dengan Akta pendirian No. 04, tanggal 28 Agustus 2018 oleh Notaris Albert Richi Aruan, SH,, LL.M., M.KN., di Jakarta Selatan, yang disahkan dengan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI, No. AHU-0011172.AH.01.07 Tahun 2018 tanggal 13 September 2018 tentang Pengesahan Pendirian Badan Hukum Perkumpulan Komite Provinsi Danautoba.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 
Investasi Dengan Uang Receh 20 Aug 2019 12:01 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia