KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalLowongan Kerja PT.Indomaret 2021 oleh : Danny Melani Butarbutar
12-Feb-2021, 00:57 WIB


 
  KabarIndonesia – Jakarta, 💳 Lowongan Kerja PT.Indomaret Resmi DibukaDapatkan pekerjaan dari PT.Indomaret lewat program COVID19. Segera mendaftar pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK, atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Bantuan akan dikirimkan setiap bulan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
 
 
NASIONAL

PRESIDEN JOKOWI MELANTIK 6 MENTERI BARU 5 WAKIL MENTERI DAN 2 KEPALA BADAN
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 23-Des-2020, 03:29:09 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Ancaman perombakan atau reshuffle kabinet disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat kabinet di Istana Negara, 18 Juni 2020 dan dipublikasikan pada 28 Juni 2020. Hal ini terjadi karena Presiden Jokowi merasa jengkel dengan mandeknya kerja para pembantunya di kabinet nyata betul dalam pidato yang disiarkan untuk publik itu.

Enam bulan berlalu setelah kejengkelan dan kemarahan yang tidak umum itu diketahui publik dan tidak terjadi apa-apa setelahnya. Dan publik mungkin juga sudah lupa atau melupakan drama itu, kesempatan itu datang lagi untuk melakukan perombakan besar-besaran kali ini. Dua menteri ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga korupsi.

Harapan masyarakat kini terwujudkan, Presiden Jokowi menunjuk enam nama baru masuk anggota Kabinet Indonesia Maju. Dia resmi mencopot sejumlah menteri dan menunjuk beberapa nama baru untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan di periode kedua. Para menteri yang dicopot itu hanya bekerja selama satu tahun sejak diumumkan pada 2019 lalu.

Berikut daftar menteri Kabinet Indonesia Maju yang dicopot Jokowi:
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama
Menteri Agama Fachrul Razi
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto

Jokowi menunjuk enam nama baru untuk menggantikan menteri yang dicopot. Dua di antaranya merupakan pengganti Edhy Prabowo dan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi.

Nama-nama baru anggota Kabinet Indonesia Maju.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas
Menteri Perdagangan M Luthfi
Menteri Sosial Tri Rismaharini
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.

Para menteri baru akan dilantik Jokowi pada hari ini, Rabu (23/12) di Istana Negara, Jakarta.

Untuk diketahui, kocok ulang atau reshuffle kabinet ini sempat diutarakan Jokowi ketika mengeluhkan kinerja 'para pembantunya' yang biasa-biasa saja di tengah pandemi virus corona (SARS-CoV-2) pada Juni lalu.

Kala itu, Jokowi menyebut masih ada anggota kabinet yang bekerja biasa-biasa saja. Padahal, di situasi pandemi, Jokowi ingin semua anggota kabinet bekerja luar biasa.

Selanjutnya dikabarkan, Presiden Joko Widodo juga telah menunjuk beberapa nama untuk mengisi jabatan wakil menteri dalam Kabinet Indonesia Maju. Mereka semua akan dilantik pada hari ini, Rabu (23/12) di Istana Negara, Jakarta bersama menteri baru yang diumumkan kemarin.

Wakil menteri baru yang ditunjuk Jokowi lewat kocok ulang atau reshuffle Kabinet Indonesia Maju tersebut yakni:

Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra
Wakil Menteri BUMN Pahala Mansury
Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono
Wakil Menteri Pertanian Harfiq Hasnul Qolbi
Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Komar Syarif Hiariej

Selain itu, menteri dan wakil menteri, Presiden Jokowi juga menunjuk beberapa orang untuk mengisi jabatan pimpinan lembaga tinggi negara, yaitu:
Kepala Badan Narkotika Nasional Petrus Golose
Kepala Badan Restorasi Gambut Hartono Prawiraatmadja.

Amatan media, Presiden Jokowi bukan tanpa pengalaman merombak kabinet ketika dibutuhkan. Dari pengalaman itu, kita bisa memperkirakan apa yang akan dilakukannya.

Di periode pertama 2014-2019, empat kali Presiden Jokowi merombak kabinetnya yaitu 12 Agustus 2015, 27 Juli 2016, 17 Januari 2018 dan 15 Agustus 2018.

Dua perombakan atau reshuffle pertama dilakukan karena alasan kinerja yang tidak memuaskan. Enam pos menteri dirombak pada 12 Agustus 2015 dan 14 pos menteri dirombak pada 27 Juli 2016.

Dua perombakan atau reshuffle kedua dilakukan karena alasan etis dan politis. Pada 17 Januari 2018, Mensos Khofifah Indar Parawansa maju sebagai calon Gubernur Jawa Timur digantikan Idrus Marham yang kemudian terjerat korupsi.

Sementara pada 15 Agustus 2018, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abnur mundur karena Partai Amanat Nasional (PAN) tidak mendukung Jokowi dalam Pilpres 2019 dan digantikan Syafruddin.

Uniknya, dari empat pengalaman merombak kabinet ini, semua dilakukan Presiden Jokowi pada hari Rabu.

"Dengan pola ini, hari Rabu tampaknya akan menjadi pilihan untuk hal-hal yang dianggap baik dan menentukan. Ada dua hari Rabu sebelum 2020 berakhir." sebut Wisnu Nugroho, editor Kompas dalam surelnya ke pewarta kabar indonesia. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
 
Hacker ClanX12 15 Jan 2021 06:38 WIB

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB

 

 

 
 

 

 
 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia