KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalMendagri Tjahjo Kumolo Himbau Masyarakat Gelar Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa oleh : Danny Melani Butarbutar
16-Okt-2019, 10:13 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip Surat Edaran Menteri Dalam Negeri RI Nomor111/11285/SJ tanggal15 Oktober 2019, dikabarkan bahwa Komunitas Lintas Agama dan Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan menggelar Doa Bersama. Doa bersama tersebut akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

Antara Jarak dan Doa 21 Sep 2019 10:40 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Rayuan Gombal vs Cinta Sejati 11 Okt 2019 08:58 WIB


 

Pemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie

 
NASIONAL

Pemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 11-Sep-2019, 14:48:49 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari rumah sakit oleh sejumlah pejabat negara, tiba sekitar pukul 20.30 selanjutnya disemayamkan di rumah duka Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Sekaitan dengan itu, Pemerintah menyatakan Hari Berkabung Nasional dimulai sejak hari ini hingga Sabtu (14/9/2019). "Kami mengimbau masyarakat, juga kantor-kantor lembaga negara dan pemerintah baik di dalam dan luar negeri untuk mengibarkan bendera setengah tiang hingga 14 September," kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Menurut Pratikno, pemerintah sedang berkoordinasi untuk prosesi pemakaman BJ Habibie yang direncanakan akan berlangsung di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Dikatakannya, pihak Istana sudah berkoordinasi dengan Garnisun TNI untuk mengatur upacara pemakaman Presiden ke-3 RI tersebut secara kemiliteran.

Meski demikian, Pratikno belum dapat memastikan kapan tepatnya upacara pemakaman militer itu bakal digelar. "Harap dimaklumi, karena keluarga masih dalam suasana sangat berduka. Malam ini akan ditentukan ya, upacara pemakaman besok pukul berapa," ujar Pratikno di Kompleks Istana Presiden Jakarta.

Diberitakan, putra Presiden ke-3 RI Bacharudin Jusuf Habibie, Thareq Kemal Habibie, pertama sekali mengonfirmasi meninggalnya sang ayah. "Dengan sangat berat, mengucapkan, ayah saya, Bacharudin Jusuf Habibie, Presiden ke-3 RI, meninggal dunia jam 18.03 WIB," ujar Thareq di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Thareq mengatakan, sang ayah meninggal dunia karena sudah tua (83 thn) sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi. Salah satunya adalah jantung.

Sementara itu, buat Presiden Jokowi, mengenang almarhum Bacharudin Jusuf Habibie adalah sebagai sosok negarawan yang layak dijadikan teladan, dan setiap negara diterpa masalah, pasti Habibie selalu menyampaikan saran kepada pemerintah.

"Dalam setiap persoalan yang ada di negara kita ini, baik yang berkaitan dengan ekonomi, kebangsaan, beliau selalu langsung menyampaikan solusinya, jalan keluarnya," kata Presiden Jokowi, pada saat konpers di RSPAD, Rabu (11/9) petang.

Dari berbagai sumber diperoleh informasi bahwa sosok Bacharuddin Jusuf Habibie memang tidak lepas dari industri pesawat terbang. BJ Habibie bahkan mendapat predikat sebagai "Bapak Teknologi Indonesia" berkat kompetensinya dalam teknologi pesawat terbang. Habibie adalah mahasiswa pertama dirgantara yang mendorong Presiden Pertama RI Soekarno untuk mencari negara tempat belajar membuat pesawat di Rhenisch Wesfalische Tehnische Hochscule Jerman.

Habibie menerima gelar Diploma Ingenieur pada 1960 dan Doktor Ingenieur pada 1965 dengan predikat summa cumlaude dari Technische Hochschule Die Facultaet Fuer Maschinenwesen Aachean. Habibie memiliki rumus yang dinamakan "Faktor Habibie" karena dapat menghitung keretakan atau krack propagasi secara acak hingga ke atom-atom pesawat terbang. Habibie pun dijuluki "Tuan Crack" karena keahliannya itu.

Di Jerman, Habibie pernah menjadi Kepala Riset dan Pengembangan Analisis Struktur di perusahaan Hamburger Flugzeugbau Gmbh. Dia bahkan menjadi wakil presiden dan direktur teknologi, serta penasehat senior perusahaan itu. Habibie juga pernah bekerja di Messerschmitt-Bolkow-Blohm, perusahaan penerbangan yang berpusat di Jerman.

Pada tahun 1973, BJ Habibie kembali ke Indonesia memenuhi permintaan Presiden Soeharto untuk mengabdikan ilmunya di Indonesia. Saat Habibie menjabat sebagai Presiden RI ke 3, masa jabatan presiden yang tergolong singkat (sekitar 1 tahun) namun mampu melepaskan Indonesia dari himpitan perekonomian. Di masa kepemimpinannya, uang rupiah menguat terhadap dollar Amerika dari 15.000 menjadi 7.500 rupiah per dollar.

BJ Habibie telah tiada, menyusul kekasih hatinya Ainun yang sudah lebih dulu tinggal di keabadian. Ainun meninggal pada pada 22 Mei 2010 di usia 72 tahun. Selamat jalan bapak BJ Habibie, kami mengenangmu, menghormatimu, mencintai mu, tenanglah disisi sang Khalik.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia