KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKota Pintar akan Ciptakan Peluang Besar, Bagaimana dengan Indonesia? oleh : Rohmah Sugiarti
20-Mei-2017, 05:04 WIB


 
 
KabarIndonesia - Sejumlah negara di dunia, menerapkan kemajuan teknologi informasi pada proses adaptasi untuk melahirkan model pendekatan pembangunan yang relatif baru yang disebut Kota Pintar (Smart City).

Kota Pintar didesain mampu meningkatkan produktivitas manusia yang tinggal di dalamnya,
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 
 

 
Nantikanlah Kedatanganku 25 Apr 2017 23:06 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

RESENSI BUKU: Transfusi Darah yang Rasional

 
NASIONAL

RESENSI BUKU: Transfusi Darah yang Rasional
Oleh : Dr. Dito Anurogo | 19-Feb-2010, 23:32:08 WIB

KabarIndonesia - Buku Seri I "Transfusi Darah yang Rasional Seri I: PALANG MERAH INDONESIA" ini ditulis oleh dua dokter yang berkompeten di bidangnya, yaitu: dr.Julia Setyati dan Prof.DR.dr.Ag.Soemantri,SpA(K),SSi. Buku berukuran 15 cm x 21 cm dan setebal xxiv+188 halaman ini diterbitkan dan dicetak oleh Penerbit Pelita Insani Semarang, tahun 2010.

Buku ini dibuka dengan Hymne Palang Merah Indonesia dan membahas beberapa hal yang berhubungan dengan ketransfusian, antara lain:

1. Sejarah transfusi darah
2. Penyediaan darah yang aman di Unit Transfusi Darah
3. Transfusi komponen darah yang aman
4. Reaksi Transfusi dan penanganannya
5. Sistem golongan darah dan rhesus
6. Uji silang serasi
7. Infeksi menular lewat transfusi darah (IMLTD)
8. Pemeriksaan dengan antiglobulin

Adapun lampiran buku ini berisi tentang: petunjuk praktis seleksi donor darah di UTDC PMI Kota Semarang, persyaratan khusus donor darah, donor ditolak selamanya. Di akhir buku ini, terdapat pula partitur lagu Mars Palang Merah Indonesia.

Buku yang terutama ditulis untuk masyarakat yang peduli pada kesehatan, praktisi kesehatan, dan kalangan medis ini ditulis dengan gaya bahasa yang informatif, cergas, dengan pembahasan yang cukup mendetail dan komprehensif.

Sebagai contoh; di bab III tentang "transfusi komponen darah yang aman", dibahas mendetail, seperti: pendahuluan, penyediaan darah yang aman, seleksi donor, uji silang serasi, komponen darah, pembuatan komponen darah, macam-macam komponen darah dan indikasi pemakaiannya, pengurangan jumlah leukosit (leukoreduction), keuntungan terapi komponen darah, keamanan dan keefektifan dalam pembuatan komponen darah, transfusi darah, pencegahan komplikasi dan infeksi nosokomial, komplikasi transfusi, pemeriksaan yang dilakukan apabila terjadi reaksi transfusi, pentingnya penggunaan darah yang aman dan tepat, ringkasan, dan kepustakaan. Sedangkan di bab VII tentang "infeksi menular lewat transfusi darah" dibahas tentang hepatitis B dan C, HIV/AIDS, dan sifilis.

Untuk memahami buku ini memang diperlukan dasar-dasar tentang ilmu kedokteran atau kesehatan, meskipun bila belum jelas juga dapat ditanyakan ke tenaga medis, termasuk dokter.

Kelebihan lainnya adalah bahwa penulis buku ini merupakan ahli di bidangnya. Sebutlah dr. Julia Setyati. Alumnus FK UNISSULA ini telah bekerja di Unit Transfusi Darah Cabang PMI Kota Semarang (UTDC PMI Kota Semarang) sejak tahun 1983, lalu menjadi wakil kepala UTDC Kota Semarang tahun 1997-2006. Pada tahun 2006 ditetapkan sebagai Dokter Transfusi Darah Perintis. Tahun 2006 hingga kini bekerja sebagai konsultan di UTDC PMI Kota Semarang. Beliau pernah mengikuti Blood Training Course di Tokyo, Jepang (tahun 2001); International Hemophilia Training Fellowship Programme di Kualalumpur, Malaysia (tahun 2004).

Adapun Prof. DR. dr. Ag.Soemantri, SpA(K), SSi., pastilah sudah banyak orang mengenal perintis dan pakar cangkok hati pertama di Indonesia ini. Beliau lulus FK UNDIP tahun 1966 dan menjadi guru besar pada tahun 1990. Profesor di bidang Hematologi-Onkologi, Genetika Klinik, dan Sarjana Statistik ini juga pengajar S1, S2, S3, dokter spesialis, aktif sebagai pengurus PMI UTDC Semarang. Di sela-sela kesibukannya mengajar, training, dan riset, beliau masih menyempatkan diri untuk berpraktek di rumah, menulis lebih dari 32 buku, melukis, menulis puisi.

Semoga buku ini bermanfaat dan memperkaya khasanah pengetahuan Anda semua. Selamat membaca dan memahami buku ini! (*)


*) Peresensi Buku: dr. Dito Anurogo, peneliti hematopsikiatri dan tinggal di Semarang.


Keterangan Gambar
Cover buku "Transfusi Darah yang Rasional".



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com  
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com


 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babeloleh : Rohmah Sugiarti
17-Mei-2017, 12:26 WIB


 
  Gubernur Babel Yakin Ada Pemenang SIA dari Babel Gubernur Babel Erzaldi Rosman (berdiri) menyemangati peserta Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 didampingi Dosen Ilmu Lingkungan Pasca Sarjana UI Emil Salim (kedua kiri) dan Wamen Diknas RI 2010-2012 Fasli Jalal (ketiga kanan), Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2013 Hardinisa
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia