KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Serba SerbiKapal dan Ratusan Penumpang Tenggelam di Perairan Simanindo-Tigaras, Danau Toba oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Jun-2018, 04:08 WIB


 
  KabarIndonesia - Samosir, Pemerintah Kabupaten Samosir mengucapkan belasungkawa yang sedalam dalamnya atas tenggelamnya kapal penumpang bernama KM Sinar Bangun di perairan Danau Toba tepatnya 500 meter menuju dermaga Tiga Ras, Simalungun, Senin (18/6) sore sekitar pukul 17.30 wib.
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Surat Untuk Bapak Presiden 06 Jun 2018 09:09 WIB

Surat Untuk Wakil Rakyat 06 Jun 2018 09:09 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Tahun Ini (2018) Pemerintah Berencana Kembali Tempatkan PRT di Tiga Negara Timur Tengah (2)

 
NASIONAL

Tahun Ini (2018) Pemerintah Berencana Kembali Tempatkan PRT di Tiga Negara Timur Tengah (2)
Oleh : Rohmah S | 05-Jun-2018, 08:50:38 WIB

KabarIndonesia - Usai pemerintah Indonesia melakukan moratorium pengiriman TKI, ternyata pemerintah Arab Saudi berkali-kali meminta agar pemerintah segera menempatkan PRT ke negara itu kembali.

Permintaan tersebut semakin menguat saat digelarnya pertemuan antara Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al-Saud ketika berkunjung ke Indonesia tahun 2017. Bahkan setelah itu, dua kali Duta Arab Saudi untuk Indonesia mengadakan pertemuan dengan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri di Jakarta pada tahun 2017 lalu dan 2018 sekarang.

Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri (TKLN), Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker), Soes Hindharno, bedanya sekarang PRT-PRT yang akan dikirim ke tiga negara itu adalah PRT-PRT yang berkompeten terutama dalam hal bahasa.

“Karena tiga negara itu bahasa utamanya adalah Bahasa Arab maka PRT yang akan dikirim adalah PRT yang lancar berbahasa Arab,” jelasnya.
lalu siapa yang akan menyiapkan kualifikasi seperti yang dimaksud? Soes menjelaskan pemerintah daerahlah yang bertanggung jawb pada hal ini.

“Pemerintah daerah harus latih dan didik mereka di balai latihan kerja (BLK) yang disiapkan daerah di mana PRT-PRT yang dimaksud berasal,” pintanya.
Soes jugabtak memungkiri kenyataan bahwa selama ini, sejak pemerintah mengeluarkan kebijakan penghentikan pengiriman TKI PRT ke 19 negara di Timteng, hal tersebut tidak mengurangi banyaknya TKI PRT ilegal yang masuk dan bekerja di sana.

“Pemerintah terutama Ditjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM bekerja keras untuk mencegah TKI PRT ilegal ke sana. Namun, tetap saja ada, dan banyak,” keluhnya menjelaskan.
Sebelum adanya keputusan ini, memang sebelumnya telah ramai wacana-wacana yang menjelaskan mengenai kondisi tersebut. Pernah Dirjen Imigrasi, Kementerian Hukum dan HAM, Ronny Sompie, mengatakan bahwa sepanjang tahun 2017, pihaknya menggagalkan sebanyak 1.500 TKI ilegal ke sejumlah negara terutama ke negara-negara Timteng.

Di sisi lain, juga ada klaim bahwa penghentian pengiriman TKI PRT ke Timteng justru menyuburkan pengiriman PRT secara ilegal ke sana, di mana setiap bulan sebanyak 10.000 TKI ilegal ke sana seperti yang dilontarkan Ketua Umum Asosiasi Jasa Tenaga Kerja Indonesia (Apjati), Ayub Basalamah beberapa waktu lalu. 

Bahkan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI), Nusron Wahid, jauh-jauh hari juga mengatakan, pemerintah akan segera menempatkan PRT ke negara-negara Timteng.  “Kami sedang mempersiapkan formasi  yang bagus. Tak lama lagi kita tempatkan PRT di negara-negara itu,” kata Nusron Wahid.

Semoga saja rencana pemerintah ini bisa berjalan baik sesuai dengan yang diharapkan dan tidak menimbulkan masalah-masalah lama maupun masalah baru. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Indonesia Idol Guncang Tarutungoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
02-Jun-2018, 13:11 WIB


 
  Indonesia Idol Guncang Tarutung Maria Simorangkir juara Indonesia Idol 2018 mengguncang ribuan massa yang menghadiri kampanye akbar pasangan cabup/cawabup Tapanuli Utara JTP Hutabarat/Frengky Simanjuntak Kamis (31/5). Dua pasangan lainnya Nikson Nababan/Sarlandy Hutabarat dan Chrismanto Tobing/Hotman Hutasoit sudah melaksanakan kampanye akbar sesuai urutan yang
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
Antara Peradaban Barat dan Timur 22 Mei 2018 13:51 WIB

 

 

 

 
Jadwal Piala Dunia 2018 13 Jun 2018 04:50 WIB

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia