KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis
Harian Online KabarIndonesia

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPolri dan Bawaslu Siap Optimalkan Kelancaran Pelaksanaan Pemilu 2019 oleh : Rohmah S
13-Sep-2018, 16:59 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Terkait dengan pelaksanaan pemilu tahun 2019 mendatang, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menjamin  semua akan berjalan aman dan lancar.  Guna memaksimalkan melaksanakaan pengamanan pemilu, Polri sudah bersiap diri lebih dini dengan mematangkan strategi pengamanan. Adapun dalam pelaksanaan pengamanan
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Penyair Sang Waktu 31 Aug 2018 11:12 WIB

Hidup adalah Belajar 29 Aug 2018 06:45 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Deklarasi Garda Relawan Jokowi 13 Sep 2018 12:43 WIB


 

WUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global

 
NASIONAL

WUPID INDONESIA 2017: Pemilihan Dua Tim Debat Bahasa Inggris untuk Mewakili Indonesia di WUPID Global
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 18-Okt-2017, 01:37:03 WIB

KabarIndonesia - Jakarta, 18 Oktober 2017 – Ruang kuliah 7-6 dan 7-7 Sampoerna University Jakarta seketika berubah hening dan suasana menegang sebab Muqriz Mustafa Kamal selaku Chair Adjudicator Final round akan mengumumkan pemenang WUPID Indonesia 2017.     Tim closing opposition, yaitu Aldwin Octavianus dan Ibrahim Panji Indra dari Universitas Indonesia C terpilih sebagai pemenang, bersama dengan Sandy Sanjaya Awaluddin dan Syagung Gunawan May dari Universitas Gajah Mada B yang sudah lebih dulu diumumkan sebagai 1st breaking team akan mewakili Indonesia di ajang kompetisi debat internasional QIUP WUPID Global di Malaysia 8-12 Desember mendatang. 

Grandfinal round mempertemukan UGM A sebagai Opening Government, Binus A sebagai Opening Opposition, UGM B sebagai Closing Government dan UI C sebagai Closing Opposition. Motion yang diperdebatkan adalah “You are a scientist who discovers technology that can screen genes which outline a person’s intellectual capacity. You have been contacted by the government who wishes to buy it off you. THIS HOUSE WOULD TAKE UP THE OFFER.” Grandfinal round ini ramai disaksikan oleh peserta, panitia, perwakilan sponsor serta tamu undangan.    

 

Selain kompetisi debat ini sendiri, WUPID Indonesia juga didukung oleh beberapa sponsor yang meramaikan acara dengan memberikan peserta banyak hadiah. Para pemenang mendapatkan Piala dari Bicara.co, Voucher tiket pesawat ke Malaysia pp dari Airpaz, Voucher diskon menginap selama kompetisi dari Airyrooms, Hampers produk dari Himalaya, buku-buku import dari Bukubule, Voucher belanja dari Bukubule dan totebags dari Kompas.com dan notebook dan boneka sicuanpanda dari akutahu.com. Semua peserta juga mendapatkan paket makan siang dari bebekelanid dan souvenirs dari sponsor-sponsor tersebut.  

 

Pada 14-15 Oktober 2017, Bicara.co yang dipimpin oleh Je Radite dan Ernez Wardhani bekerjasama dengan World Universities Peace Invitational Debate (WUPID) Global menyelenggarakan WUPID Indonesia 2017, sebuah kompetisi debat Bahasa Inggris antar universitas se-Indonesia.   

 

Kompetisi debat Bahasa Inggris ditujukan untuk meningkatkan kepekaan terhadap isu-isu sosial, internasional dan perdamaian. Kegiatan debat juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan analitis serta melatih kemampuan berbicara di depan publik secara persuasif dalam Bahasa Inggris. Indonesia membutuhkan lebih banyak generasi muda dengan kemampuan tersebut.    

 

WUPID Indonesia 2017 diikuti oleh 30 tim debat dari berbagai Universitas di Indonesia dan satu di antaranya adalah tim dari Politeknik Sriwijaya Palembang, yaitu penerima beasiswa debat dari Bicara.co. Satu dari tiga tim debat Polsri dibebaskan dari biaya registrasi atas prestasinya di kompetisi NUDC September lalu. Pendaftaran yang dibuka sejak 12 Agustus dan ditutup 20 September lalu ini laris dibanjiri pendaftar. Peserta tertarik dengan kualitas penjurian, akurasi tabulasi dan kesempatan untuk mewakili Indonesia di WUPID Malaysia.    

 

Peserta WUPID Indonesia 2017 bertanding selama dua hari, yaitu tiga babak penyisihan hari Sabtu 14 Oktober 2017 dan di Hari Minggu, 15 Oktober 2017 dilanjutkan dengan babak penyisihan ke-4, kemudian pengumuman top 16 breaking team dan dilanjutkan dengan babak semifinal dan Final.    

 

Terlibat dalam WUPID Indonesia 2017 adalah tiga Adjudication Core serta seorang Tabulator, yaitu: Novelisa Wirid (Indonesia), Roderick Sibarani (Indonesia) dan Muqriz Bin Mustaffa Kamal (Malaysia) dan sebagai tabulator adalah Junario Wibawa (Indonesia). Bertindak memimpin kompetisi ini adalah Tournament Director Andree S Chandra (Indonesia).    

 

Dalam sambutannya, Je Radite menyampaikan semangat yang mendasari penyelenggaraan kompetisi ini adalah untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi semua debater di seluruh Indonesia untuk dapat belajar debat lebih baik; dan QIUP WUPID Global diharapkan menjadi tempat yang tepat bagi debat Indonesia untuk memasuki babak yang lebih tinggi lagi.   

 

Setelah WUPID Indonesia 2017, kegiatan Bicara.co kemudian akan fokus pada penggalangan dukungan dan sponsorship untuk perwakilan Indonesia di QIUP WUPID Global 2017. Serta mempersiapkan kompetisi debat selanjutnya yaitu BAWOR CUP 2018. (*)


 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasioleh : Djuneidi Saripurnawan
28-Aug-2018, 06:07 WIB


 
  BPBD Papua Belajar Analisis dan Pengembangan Organisasi TATTs Program: Analisis dan Pengembangan Organisasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
Sang Perancang Mode Batik 14 Apr 2018 18:54 WIB


 

 

 
Khasiat Buat Bit Untuk Kecantikan 16 Sep 2018 16:05 WIB


 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia