KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
HukumRUU Omnibus Law Inskonstitusional Buruh Minta Stop Pembahasan Sidang Paripurna DPR RI oleh : ">
05-Okt-2020, 04:26 WIB


 
 
KabarIndonesia - Berbagai serikat pekerja yang merupakan afiliasi global unions federations menyatakan kekecewaannya terhadap hasil pembahasan Omnibus Law RUU Cipta Kerja tingkat pertama pada Sabtu malam (3/10). Mayoritas fraksi di DPR RI dan pemerintah sepakat untuk melanjutkan pembahasan ke tingkat
selengkapnya....


 


 
BERITA NASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Webinar PMKRI Bengkulu Bahas Penggunaan Teknologi pada Aktivitas Organisasi di Masa Covid-19

 
NASIONAL

Webinar PMKRI Bengkulu Bahas Penggunaan Teknologi pada Aktivitas Organisasi di Masa Covid-19
Oleh : Antha | 02-Okt-2020, 06:45:05 WIB

KabarIndonesia - Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Cabang Bengkulu – Santo Stanislaus Kostka melalui Sekretaris Jenderal PMKRI Cabang Bengkulu melakukan diskusi online via zoom meeting conference dengan mengangkat tema “Memaksimalkan Penggunaan Teknologi untuk Memperlancar Aktivitas Organisasi di Tengah Covid-19” yang dilaksanakan pada Rabu, 30 September 2020 pukul 15.00-17.00 WIB.

Diskusi tersebut dilaksanakan secara online dengan menghadirkan tiga narasumber yang mana dua narasumber berasal dari internal PMKRI yakni Thomson Sabungan Silalahi (Sekjend PP PMKRI Periode 2018-2020) dan Dwi Ivana L. Sitohang (Wakil Sekjend PP PMKRI Periode 2020-2022) serta satu narasumber dari eksternal PMKRI yakni Damar Juniarto (Direktur Eksekutif SafeNET).

Kegiatan diskusi tersebut diawali dengan opening speech oleh Surya I. H. Sinabutar selaku Ketua Presidium PMKRI Cabang Bengkulu Periode 2019-2020 dan dimoderatori oleh Sesilia O. Lumban Tobing selaku Biro Kesekretariatan Periode 2019-2020. Bukan hanya diikuti oleh anggota PMKRI Cabang Bengkulu saja. Namun, terdapat beberapa cabang lainnya antara lain PMKRI Cabang Jambi, Pematang Siantar, Nias, Larantukan serta Merauke. Diskusi tersebut dilaksanakan sebagai bentuk respon PMKRI Cabang Bengkulu dalam menyikapi persoalan produktivitas PMKRI dalam penggunaan teknologi dimasa Pandemi Covid-19.

Pada awal diskusi tersebut, Ketua Presidium PMKRI Cabang Bengkulu Periode 2019-2020 mengatakan bahwa “Covid-19 sangat berdampak pada negara dan berbagai sektor lainnya termasuk pada kinerja suatu oraganisasi. Beliau beraharap, anggota PMKRI lebih mampu berpikir kritis agar setiap kegiatan diorganisasi tetap berjalan dengan baik.”

Saudari Dwi yang merupakan salah satu narasumber menyatakan bahwa “PMKRI yang merupakan organisasi pengaderan dan seiring berjalannya waktu banyak mengalami perubahan dari segi sistem administrasi dan lainnya. Terlihat pula perubahan dari berkembangnya teknologi dan pemanfaatan teknologi itu di PMKRI. Kondisi sekarang ini, mau tidak mau, suka atau tidak suka kita diharuskan mengetahui seluruh perkembangan teknologi / media yang ada. Namun, yang menjadi kendala anggota organisasi kerap hanya memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pribadi bukan untuk kepentingan bersama. Semua jenis media sosial yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan setiap sisi positif dan negatifnya.”

Berbeda dengan narasumber kedua, Saudara Tomson mengatakan “bahwasannya organisasi hadir untuk memperjuangkan keadilan. Media dan teknologi yang ada tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun, dalam keadaan dimasa pandemi Covid-19 seperti ini kita diharuskan mengambil pilihan keputusan terbaik lewat pemanfaatan teknologi. PMKRI juga seharusnya dapat merefleksikan setiap aktivitas yang sudah dilakukan untuk mengulang kembali apakah setiap aksi yang dilakukan oleh PMKRI sudah tepat dalam menjalankan setiap roda perjalanan PMKRI.”

Pada penyampaian narasumber terakhir, Damar Juniarto selaku direktur eksekutif safeNET mengatakan bahwa “kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi nyaris menurun bahkan berhenti disebabkan oleh pandemi. Melihat keadaan sekarang ini teknologi menjadi sangat dibutuhkan sebagai solusi terbaik agar organisasi mampu memanfaatkan media-media yang ada. Secara global ada peran atau bentuk yang ditawarkan teknologi untuk kita mengubah pola hidup yaitu upaya agar kegiatan yang bersifat transaksional tetap bisa berjalan walaupun dilakukan secara online.

Melihat penggunaan internet dan media sosial yang berkembang sekarang ini konsumsi terhadap internet memiliki kenaikan secara signifikan dikarenakan orang-orang yang harus melakukan kegiatannya di rumah. Setiap perkembangan ini tidak terlepas dari kendala yang ada dimana kendala atas keamanan internet yang harus mengeluarkan uang untuk membeli paket seperti perkuliahan dan pembelajaran secara online mengharuskan setiap pelajar atau mahasiswa mengeluarkan dana lebih banyak lagi untuk membeli paket internet.

Permasalahan ini tidak berhenti sampai di sini dikarenakan di beberapa tempat yang terkendala sinyal juga menjadi pengaruh dalam penggunaan teknologi sehingga teknologi ini belum sepenuhnya sempurna karena belum bisa dimanfaatkan dengan baik di seluruh wilayah Indonesia. Disinilah peran organisasi tidak hanya menuntut untuk kebutuhan akan tetapi, juga berperan membantu organisasi lain atau lingkungan masyarakat yang membutuhkan perlindungan dari kaum-kaum intelektual.

Saudari Dwi juga menambahkan bahwa, pilihan terbaik untuk aplikasi atau fitur yang bisa digunakan dalam kondisi sekarang ini untuk berjalannya organisasi di beberapa wilayah yang dimana kondisi sinyal serta ekonomi yang tidak memadai akan tetapi dituntut untuk tetap melaksanakan perjalanan organisasi yaitu via zoom yang sering digunakan saat ini.

Saudara Tomson menanggapi jika dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) memang harus menggunakan sistem online pada masa Pandemi Covid-19 dikarenakan Rakernas merupakan salah satu momen fraternitas PMKRI di seluruh Indonesia akan tetapi dalam kesempatan ini akan mengurangi fraternitas tersebut dikarenakan harus mengikuti secara online.

Diskusi berjalan secara interaktif dan mendapatkan apresiasi serta respon antusias dari anggota yang mengikuti selama diskusi berlangsung yang mana diikuti oleh beberarapa cabang PMKRI se-Indonesia maupun Pengurus Pusat PMKRI.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
  Solidaritas Mahasiswa dan Pemuda Papua Nyatakan Dukungan Agar Otsus Jilid II Dilanjutkan pada Peringatan Hari Pahlawan Menyadari bahwa sejarah perjuangan pahlawan nasional Republik Indonesia khususnya yang tercermin pada peristiwa 10 November 2020 patut dikenang dan diteladani sebagai upaya generasi muda Indonesia dalam menghormati para pejuang yang telah merebut bangsa ini dari zaman penjajah hingga nyawa mereka
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
MENJAGA INTEGRITAS INTELEKTUAL. 19 Okt 2020 01:59 WIB

 

 

 
Kenaikan Cukai Rokok Ditunda 04 Nov 2020 00:50 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia