KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalIbunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo Meninggal Dunia oleh : Danny Melani Butarbutar
25-Mar-2020, 14:42 WIB


 
  KabarIndonesia - Berita duka yang dikutip dari berbagai media bahwa Ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, dikabarkan meninggal dunia pada hari ini, Rabu (25/3/2020).

Informasi ini dikonfirmasi oleh salah satu staf khusus Presiden, Angkie Yudistia. “Iya betul, saya juga
selengkapnya....


 


 
BERITA HIBURAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Rembulan di Celah Matamu 07 Mar 2020 15:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
YUK LAWAN WABAH KESEPIAN ! 21 Mar 2020 12:41 WIB


 

Cerita dari sebuah blog bernama Dooce.

 
HIBURAN

Cerita dari sebuah blog bernama Dooce.
Oleh : Eko Murwanto | 26-Nov-2006, 12:21:49 WIB

Gelombang dingin mulai menjalar dikota Roorkee, sebuah kota kecil di India utara ini, tempat saya tinggal. Suhu dikamar terbaca 17 derajat malam minggu ini. Baru saja saya menyelesaikan pekerjaan data-feeding, begitu istilah dosen pembimbing saya (Dr. M.L. Kansal) untuk menginput data ke komputer, sebagai bagian dari penyusunan tesis yang dua hari lalu baru saya mulai. Jam dikomputer menunjukkan angka 1.30 malam, badan sudah terasa penat, sudah ingin rebahan rasanya, tetapi seketika di pikiran saya terlintas sebuah judul yang menarik dari sebuah artikel. Komputer akhirnya tidak jadi saya padamkan.


BLOGGING FOR A LIVING, begitulah judul sebuah artikel di majalah mingguan The Economist beberapa hari yang lalu. Judulnya begitu menarik (eye-catching) perhatian saya, sehingga mendorong saya untuk mengetahui lebih banyak apa maksud dari "ngeblog untuk mencari nafkah" itu.

Didalam artikel itu diceritakan bahwa sekarang banyak orang yang dengan berani atau istilahnya nekat berhenti dari pekerjaannya untuk pindah pekerjaan ngeblog.
Contohnya Heather Armstrong (30 tahun) dengan blognya yang dia beri nama Dooce.

Satu tahun lalu (Agustus 2005), blognya ini menduduki rangking ke-9 pada Technocrati Top 100 dan mulai menghasilkan pendapatan yang cukup besar dari iklan yang dipasang didalamnya. Diantaranya dia menyebutkan program Google AdSense dan AdBrite.
Dengan berani, Heather mengklaim hasil dari iklan tersebut menjadi sumber nafkah utama bagi keluarganya.

Ternyata dia tidak sendirian.Ada banyak orang belakangan ini yang meyakini trend baru ini, blogging as a small business.

Karena penasaran, langsung saja saya melongok masuk keblognya Heather Armstrong itu (Dooce).

Dalam kata pengantar diblognya, Heather menuliskan :

My name is Heather B. Armstrong. Some of you may remember me as Heather B. Hamilton. I am married to a charming geek named Jon. We live in Salt Lake City, Utah, with our two-year-old daughter, Leta Elise, and our four-year-old dog, Chuck.

In a previous life I was a web designer. I lived in Los Angeles, California, for several years where I worked for drug-addicted executives and discovered what life was like as a recovering Mormon. This means that life was filled with PowerPoint templates and lethal amounts of tequila. I dated several actors and met a handful of celebrities. Everything you've ever heard about Los Angeles is absolutely true, especially the parts about traffic and actors: they really are that bad.


Dia mulai membuat blog di bulan Februari 2001, dengan nama samaran Dooce. Kata Dooce berawal dari ketidakmampuannya untuk menyebutkan kata "dude" (teman pria) selama dia chatting dengan mantan rekan-rekan sekerjanya. Setahun kemudian dia dipecat dari pekerjaannya karena dalam blognya ini dia menuliskan cerita tentang tingkah laku orang-orang ditempat kerjanya. Dari pengalamannya ini, dia memberi nasehat pada kita BE YE NOT SO STUPID (jangan berbuat bodoh), jangan sekali-kali menuliskan tentang pekerjaan di Internet, kecuali bos kita tahu dan memberikan izin untuk melakukan itu.

Sebenarnya blog ini sederhana, menceritakan perjalanan hidupnya dari ketika dia masih gadis dan mendapatkan uang banyak sebagai desainer web di Los Angeles, ketika dia berkencan dengan pria yang sekarang menjadi suaminya, ketika dia kehilangan pekerjaannya dan menjalani hidup sebagai pemabuk yang pengangguran, ketika dia menikah dan pindah ke Utah, ketika dia hamil, ketika dia muntah selama kehamilan, terus melahirkan setelah itu depresi pasca persalinan yang membuat dia masuk kerumah sakit rehabilitasi mental. Tapi "I'm better now", katanya.

"Saya biasanya ngeblog dipagi hari sebelum suami berangkat kerja atau ketika anak perempuan saya masih tidur. Saya juga punya babysitter yang datang beberapa jam dalam sehari, sehingga saya dapat bekerja maksimal tanpa ada gangguan tangisan bayi, di jam-jam itulah saya biasa ngeblog. Saya kadang-kadang dapat mengalihkan perhatiannya cukup lama dengan gambar-gambar kartun sehingga saya dapat menulis satu atau dua tulisan untuk dipostingkan, namun dia biasanya mendekati saya dengan laptop yang sedang terbuka, dan itu seolah-olah dia berkata : Ibu tidak lagi memberikan perhatian penuh padaku, dan sekarang dia pasti menderita." Bagi orang-orang seperti Heather Armstrong, yang blognya memiliki rata-rata kunjungan 1 juta hit setiap bulannya, pekerjaan ngeblog (blogging) menjadi sangat berharga. Namun hal ini tidak sama bagi setiap orang, katanya. Dia bekerja rata-rata tujuh jam sehari untuk mengerjakan blognya, dan terus bekerja bahkan pada hari libur.

Yang jelas, dalam pikiran saya orang-orang seperti Heather ini adalah profesional, melakukan sesuatu pekerjaan dengan pemikiran yang matang, perencanaan yang baik dan disiplin diri dalam berkerja disamping tugas utamanya sebagai seorang ibu.

Alhamdulilah, malam ini saya telah belajar dari orang-orang seperti itu, meskipun saya sudah ngantuk tapi saya berusaha menyelesaikan tulisan ini, sekaligus belajar meringkas informasi berita, walaupun singkat tapi dengan harapan dapat dibaca dan memberikan manfaat bagi teman-teman lain.

Karena akhir - akhir ini, teman - teman saya pada asyik ngeblog sih.
Tapi saya tidak tahu, apakah mereka juga berani berhenti bekerja ? Ha...ha...ha. Siapa tahu.

Eko Murwanto at S9, Khosla Bhawan.

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
Cara Mudah Mulai Investasi Saham 27 Mar 2020 16:14 WIB


 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia