KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA HIBURAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Melancong ke Malaysia

 
HIBURAN

Melancong ke Malaysia
Oleh : A Ambarini | 25-Des-2006, 21:38:10 WIB

Malaysia negara tetangga itu saat ini sedang gencar mempromosikan daerahnya sebagai salah satu tujuan wisata di Asia, tidak tanggung-tanggung motto yang gencar mereka kumandangkan adalah “menawarkan pengalaman sesungguhnya dengan masyarakat asli di Asia” hal ini dikarenakan Malaysia terdiri atas 3 multi budaya besar yang membumi di asia dan yaitu; Melayu, China, dan India, serta adanya beberapa komunitas etnik khususnya di Sabah dan Sarawak. Inilah yang menjadi daya jual mereka, bagaimanapun dengan keberadaan 3 budaya yang berbeda ini, memberikan pengalaman yang beragam dan Malaysia melihat peluang itu untuk mendukung mereka memajukan dunia turismenya. Keragaman dan kesantunan masyarakatnya juga menjadikan daya tarik tersendiri untuk menjadikan Malaysia sebagai suatu tujuan wisata yang atraktif, menarik, dan bersahabat bagi para turis.

Secara keseluruhan Malaysia terdiri atas 13 states, dan federal territory Kuala Lumpur & Putra Jaya. Kuala Lumpur merupakan ibu kota negara Malaysia, dan terdiri atas populasi multi rasial. Malaysia memang berbenah untuk mempersiapkan diri menjadi salah satu tujuan wisata di asia, promosi gencar dan program-program menarik wisatawan mereka gelar. Festival budaya dari masing-masing ras mereka kemas dengan cantik sehingga menarik dan unik di mata wisatawan. Tujuan wisata yang popular di wilayah Malaysia diantaranya adalah Langkawi, Port Dickson, Penang, Malacca, Nilai, Frasiers Hils, Cameroon Highlands, dan banyak lagi kota lainnya.

Memasuki airport yang dikenal dengan KLCC saja, sudah dapat dirasakan kesiapan Malaysia membuka diri untuk turis mancanegara, terlihat usahanya untuk mengadaptasi diri dengan kemajuan teknologi, bentuk KLCC menyerupai kelapa sawit yang merupakan produk pertanian unggulan mereka. Sejak bulan Maret 2006 lalu Malaysia juga mempersiapkan tambahan airport khusus untuk lalu lintas airline murah mereka yaitu Air Asia yang disebut dengan terminal LCC. Bagaimana wilayah-wilayah bagian Malaysia, sudahkah mereka memiliki paket wisata menarik yang ditawarkan, berikut beberapa daerah yang sempat dikunjungi langsung.

Nilai City
Hanya 15 menit dari bandara internasional KLCC, disini merupakan kota kecil dan memiliki beberapa college karena tempatnya agak sepi dan sangat bagus untuk belajar, biasanya dipakai para turis sebagai tempat transit mengingat jarak yang lumayan dekat dengan airport. Yang menakjubkan disini bisa didapati deretan perdagangan besar yang menjual aneka textile brokat, satin, katun dll. Beragam pilihan, warna dan corak ditawarkan dan biasanya mereka sudah mempersiapkan paket pilihan yang banyak diminati masyarakat Malaysia khususnya ras malay untuk digunakan sebagai baju kurung panjang, yaitu 2 meter atasan brokat dan 4 meter kain satin halus. Jika dalam rupiah, paket tersebut bisa diperoleh mulai dari dari Rp.100.000,-/paket s/d 400.000,-/paket. Cukup murah & menarik jika melihat paket yang ditawarkan dan kualitas bahan yang dijual.

Frasier Hills
Disini suasana perkampungan ala Scotland dapat dilihat, suasana alam yang begitu indah dan tenang juga bisa dirasakan. Bukit Frasier hills ditemukan oleh seorang pekerja timah yang bernama “Louis James Frasier” pada akhir abad ke 19. Suasana di daerah ini sangat pas untuk kembali bernostalgia di masa lampau, terletak wilayah Pahang.

Daerah ini sangat popular untuk kalangan pecinta alam, karena banyak kegiatan alam yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti; trekking, bird watching, camping horse riding, dan memancing. Menuju ke bukit frasier hills, seakan membawa perjalanan untuk membelah bukit dan setelah bukit itu dilalui baru akan ditemukan sebuah kota kecil di balik bukit yang sangat alami dan indah. Untuk mengontrol lalu lintas sehingga tidak terjadi kecelakaan di sepanjang jalan kecil yang membelah bukit, maka pengelola wilayah tersebut mengantisipasi dengan membuat gate control system, yaitu lalu lintas kendaraan yang akan naik ke bukit dibuka mulai pukul 07.00 sampai dengan 19.00 malam, dan lalu lintas kendaraan yang akan turun dari bukit di berikan waktu 40 menit setiap jamnya, terdapat jeda waktu 20 menit dimana kendaraan diharapkan sabar menunggu, untuk jam 20.00 sampai dengan jam 06.40 pagi lalu lintas tidak melalui sistem kontrol tersebut. Dengan sistem ini kepadatan lalu lintras dapat diatasi. Pusat aktivitas dari kota kecil ini banyak di lakukan di pasar yang ada di tengah kota, yang di dominasi dengan hiasan jam dinding tinggi di tengah-tengah kota, dan menyerupai tugu yang bergaya kolonial inggris.

Cameroon Highlands
Dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam dari Kuala Lumpur, dan terletak di wilayah Pahang, merupakan salah satu tujuan favorite wisata, disini terdapat deretan perkebunan teh, strawberry & bunga-bunga hias serta pembuatan madu asli. Lokasinya di dataran tinggi menunjang wilayah ini untuk ditanami aneka tanaman tersebut, dan disini sangat mudah kita temukan aneka kupu-kupu indah berterbangan, khususnya di taman-taman bunga yang ada. Di tempat ini juga bisa kita temukan salah satu usaha pembuatan teh besar yang sudah berdiri dari berpuluh-puluh tahun lamanya dikenal dengan Boh Tea, dengan mengunjungi tempat ini bisa langsung dilihat proses pembuatan teh sampai masuk dalam kemasan secara langsung. Selain itu juga terdapat resort besar yang ada di dataran tinggi wilayah Malaysia disini, dikenal dengan Equatorial Hotel, jaraknya cukup strategis dari beberapa tempat wisata. Tempat lain yang juga bisa disinggahi adalah rose valley, cactus valley dan pasar malam yang hampir bisa ditemukan setiap malamnya di pusat kota.

Malacca
Terletak 1,5 jam dari Kuala Lumpur, merupakan kota tua yang penuh sejarah yang dikenal baik di Malaysia maupun mempunyai nilai sejarah untuk Indonesia. Gedung-gedung tua dan perkampungan tua dilestarikan sehingga memasuki Malacca khususnya wilayah jonker street bisa kita lihat suasana rumah dan gedung tua masa lalu. Disini pada jaman penjajahan dulu, sekitar abad 17 para koloni Belanda dan Portugis berlindung, dan membuat benteng pertahanan. Bisa juga mengunjungi museum-musem sejarah yang ada disini yang bercerita mengenai sejarah-sejarah perjuangan di kota Malacca dulu. Istana kesultanan Malacca juga dibuatkan replicanya yang menyerupai, sehingga turis bisa membayangkan bentuknya di masa lalu. Sampai saat ini masih terdapat wilayah Portugis yang didiami oleh keturunan portugis yang akhirnya menetap di Malacca. Beberapa gaya bangunan masa lampau yang tersisa disini juga masih terlihat sentuhan dari ras China, Dutch, England dan Portugis. Disini terdapat makanan yang diminati dikenal dengan makanan Nyonya Baba dan Chicken Rice Ball, dan uniknya semua becak yang ada disini dihias seperti sedang mengikuti pawai.
 
Port Dickson, Seremban, Negeri Sembilan
Tempat ini dikenal dengan Malay Fishing Village, dan karena kota ini letaknya di pinggiran pantai yang menghadap ke Selat Malacca, disini sangat mudah ditemukan deretan hotel di sepanjang pantai tersebut, sebut saja Avillon hotel, Corus Paradise, Sunshine Bayresort dan banyak lagi. Nama Port Dickson sendiri diambil dari nama seorang kolonial yang bertugas di wilayah ini pada jamannya yaitu “Sir John Frederick Dickson”. Wilayah ini memiliki pantai yang cukup tenang, dan sangat bagus sebagai tempat menenangkan pikiran serta berlibur jauh dari keramaian. Ada beberapa pantai yang bisa dikunjungi umum yaitu pantai purnama, blue lagoon & teluk kemang.

Disini juga terdapat satu-satunya hutan belantara yang berada di pinggir pantai. Port Dickson merupakan kota kecil yang berada di wilayah Negeri Sembilan, namun cukup lengkap dengan beberapa fasilitas seperti kios-kios makanan, kedai berjualan aneka barang kelontong, taman bermain, dan water sports. Untuk melakukan shopping yang lebih lengkap bisa langsung ke kota Seremban yang cukup besar dan merupakan ibu kota dari Negeri Sembilan, bisa ditempuh sekitar 1 jam dari Port Dickson. Di kota seremban bisa ditemukan kota perdagangan besar, banyak deretan toko-toko yang menjual aneka pakaian, toko-toko India yang menyiapkan aneka barang-barang dan baju ala bollywood. Banyak juga ditemukan restaurant-restauran Chinese, Malay dan India.

Untuk mencoba hal baru yang tidak ada di Indonesia, masuklah ke restaurant India dan memesan Banana Leaf Rice, merupakan nasi campur ala India yang disajikan langsung oleh pelayannya dengan menaruh aneka lauk pauk di atas daun pisang besar yang sudah diletakan di hadapan tamu, lauk-lauk yang di taruh di daun pisang tersebut yaitu aneka sayur-sayuran, yoghurt india, kuah kari, kerupuk ala India, dan bisa memilih ikan atau ayam sebaik lauk utamanya, jangan lupa mengatakan stop ketika mereka menaruh lauk pauk tersebut karena mereka akan menaruh terus menerus sampai dengan porsi yang cukup besar, menu ini sangat murah dan cukup membuat perut penuh. Beberapa wilayah di Negeri Sembilan ini sangat dipengaruhi oleh style Minangkabau misalnya untuk gaya arsitekturnya.

Penang
Juga berada di pinggiran selat Malacca, dan ibukotanya disebut George Town, memasuki penang melalui darat kita akan melewati jembatan panjang mulai dari wilayah Butterworth yang membelah lautan memasuki pulau Penang, dikenal dengan “Penang Bridge”, selain itu juga bisa ditempuh langsung dengan menggunakan pesawat dari KL dan kereta api. Di Penang kita bisa menemukan beberapa temple Budha & Hindu yang besar dan menarik dan juga banyak gereja peninggalan masa lalu. Salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan untuk menghabiskan liburannya di Penang adalah Batu Feringghi, yang penuh dengan turis saat liburan tiba, disini terdapat aneka barang-barang cenderamata yang dijual untuk turis. Yang menarik, disini terdapat banyak gaya arsitektur gedung-gedung yang dibangun dengan perpaduan dan kombinasi yang bagus antara budaya barat yang bertemu dengan budaya timur.

Langkawi
Pulau kecil nan eksotik ini bisa ditempuh dengan menggunakan ferry kecil dari kota Penang sekitar 2,5 jam atau melalui penerbangan sekitar 1,5 jam langsung dari airport KLCC, berada di perairan Selat Malacca dan merupakan bagian dari wilayah Kedah, pulau ini juga memiliki 99 pulau kecil yang berada di sekitarannya. Disini bisa dilakukan kegiatan menyelam sepanjang tahun. Pantai-pantai di wilayah ini bisa dikatakan eksotik, serta memberikan suasana yang berbeda, mungkin juga karena masing-masing mempunyai cerita sejarah rakyat sekitaran 500 tahunan yang lalu dan terletak di wilayah tropikal, pantai yang biasa dikunjungi turis di pulai ini adalah; pantai tengah, pantai cenang, black sandy beach, tanjung rhu, dan pantai tengkorak.

Dengan menggunakan boat lagi beberapa saat kita juga bisa mengunjungi pulau kecil yang cukup dikenal dan diminati para wisatawan yaitu pulau dayang bunting dan pulau payar.

Di Pulau Langkawi ini, banyak terdapat cerita legenda rakyat, salah satu cerita sejarah yang cukup dikenal juga mengenai seorang gadis yang bernama Mahsuri dan makam mahsuri merupakan objek wisata yang masih banyak dikunjungi wisatawan, fasilitas turis yang disiapkan disini antara lain; Langkawi cable car, dengan menaiki ini maka akan membawa ke puncak gunung Mat Cincang dan bisa melihat langsung pulau-pulau kecil disekitaran Langkawi sampai dengan melihat pulau-pulau di wilayah perbatasan Thailand, di Langkawi juga ditemukan kerajinan kristal yang menghasilkan aneka bentuk kristal yang sangat cantik dan memiliki harga jual cukup tinggi di pasaran, disini juga terdapat underwater world yang menyimpan lebih dari 5000 jenis ikan laut tropikal yang indah dan beraneka ukuran. Pulau Langkawi merupakan salah satu pulau bebas pajak sehingga banyak ditemukan duty free shop disini mulai dari yang besar sampai dengan warung kecil yang memasang label bebas pajak, umumnya mereka menjual aneka wine/minuman beralkohol, coklat, cigarette, perfume, kosmetik dan beberapa barang bebas pajak lainnya.

Setiap tahun terdapat beberapa event internasional prestisious yang digelar di pulau Langkawi ini, antara lain “annual royal langkawi international regatta” yang diikuti sekitar 60-100 buah yacht dengan sekitar 400 orang peserta dari manca negara, juga terdapat “Le Tour De Langkawi”, yaitu kompetisi sepeda yang bertaraf internasional dan ikuti oleh peserta dari manca negara.

SELAMAT MELANCONG ...

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia