KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA HIBURAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Menyaksikan Angklung di Braga Festival

 
HIBURAN

Menyaksikan Angklung di Braga Festival
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 26-Des-2006, 00:11:39 WIB

Kesenian angklung, sebagai salah satu kesenian tradisional Indonesia seharusnyalah menjadi kebanggaan masyarakat Jawa Barat. Untuk itu, keberadaan kesenian angklung perlu terus dilestarikan, mengingat terus mengalirnya arus budaya dari luar yang tanpa disadari sedikit demi sedikit akan mengikis nilai-nilai budaya sendiri.

Berangkat dari pemikiran inilah, kesenian angklung pun masuk ke dalam serentetan acara yang akan di gelar dalam Braga Festival 2006, dari tanggal 27 sd. 29 Desember, bertempat di sepanjang jalan Braga. Penampilan kesenian angklung yang akan dibawakan dari Saung Angklung Mang Udjo. 

Saung Angklung Mang Udjo sebagai lembaga kesenian yang menitikberatkan kesenian angklung dalam penyajiannya, menjadi Laboratorium Pendidikan dan Latihan Kesenian Daerah melalui Bidang Kesenian Daerah Kantor Wilayah Departemen Kesenian dan Kebudayaan Jawa Barat pada 1970. Saung Angklung Udjo juga kemudian ditetapkan sebagai objek pariwisata daerah oleh Dinas Pariwisata Daerah Kotamadya Bandung sejak 1971.  

Selain kesenian Angklung, ditampilkan pula calung, arumba dan tarling. Berbagai elemen yang berkaitan dengan bambu ditampilkan dalam konsep Music, Art, dan Spesial Arrangement. Musik menampilkan Bamboo music antara lain angklung, calung, arumba, dan tarling.  Jazz break menampilkan Balawan, 4 peniti dan FontiCello. Konsep Art menampilkan seni bela diri asal Brazil --capoeira, bamboo percusion, dll. Sedangkan Special Arrangement menampilkan Bamboo carnivale, yaitu iring-iringan ritual dari 10 kabupaten di Jawa Barat, reog, dugig, dan lain-lain, yang akan ditampilkan saat pembukaan Braga Festival 2006. Selain itu, digelar pula food Festival, yang menyuguhkan aneka makanan tradisional khas Jawa Barat.  Setiap acara tersebar di beberapa tempat, yaitu di gedung YPK, Braga Citi Walk, Asia Afrika Culture Centre, Museum KAA, gedung PU dan di sepanjang Jalan Braga. 

Braga Festival 2006 sendiri mengambil konsep eco system dengan tema "Serumpun Bambu Sejuta Makna". Melalui Braga Festival 2006 ini, tim creative Braga Festival mencoba mengangkat dan mempopulerkan kembali penggunaan bambu dalam berbagai segi kehidupan. Diharapkan, konsep eco system yang coba diusung bisa memberikan kontribusi positif dalam pelestarian alam sekaligus budaya di Indonesia. 

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia