Kecamatan Jambi Selatan dan Pelayangan Rawan Pangan
Oleh : Rosenman Manihuruk

09-Jul-2008, 16:35:42 WIB - [www.kabarindonesia.com]
KabarIndonesia, Jambi - Tiga kelurahan di dua kecamatan dalam Kota Jambi, Provinsi Jambi, merupakan daerah rawan pangan karena tingginya jumlah warga yang tidak berpenghasilan tetap.

Daerah tersebut, yakni Kelurahan Eka Jaya dan Palmerah, Kecamatan Jambi Selatan dan Kelurahan Mudunglaut, Kecamatan Pelayangan. Jumlah warga yang rawan pangan di tiga kelurahan itu mencapai 5.197 keluarga.

Wali Kota Jambi, H Arifien Manap, mengatakan hal itu di Jambi, Rabu (9/7) terkait dengan ketahanan pangan di kota itu menyusul tibanya musim kemarau.

Guna mengatasi kerawanan pangan di tiga kelurahan itu, pihaknya memberi bantuan sarana produksi pertanian kepada warga agar bisa mengembangkan usaha pertanian dan perikanan. Bantuan paket sarana produksi yang diberikan bernilai Rp 50 juta setiap kelurahan.

Dijelaskan, selain terdapatnya daerah rawan pangan, Kota Jambi juga masih kekurangan beras sekitar 12.987 ton hingga Juni 2008. Produksi beras hasil pertanian kota itu hanya 2.878 ton. Sedangkan kebutuhan beras penduduk kota itu sekitar 15.865 ton. Jumlah penduduk miskin di kota itu juga masih tergolong tinggi, hingga Juni 2008 mencapai 20.948 keluarga atau sekitar 16,34 persen dari 128.194 keluarga penduduk kota itu.

Jumlah pengangguran mencapai 48.213 orang atau sekitar 18,59 orang persen dari 259.330 orang usia produktif. Sedangkan Jumlah anak-anak yang mengalami gizi buruk di kota tersebut sebanyak 62 orang dan gizi kurang 465 orang.

Anggota DPRD Kota Jambi, Efron Purba (PDS) meminta Pemerintah Kota Jambi meningkatkan keseriusan mengatasi masalah kerawanan pangan dan kemiskinan di kota itu.

Dia juga meminta agar Pemerintah Kota Jambi ikut serta mengantisipasi dampak kekeringan akibat musim kemarau bagi petani sayuran yang terjadi di kota Jambi.




Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com