4 Ponpes Penerima Bantuan Gubernur Diduga Fiktip
Oleh : Bhakti Lapro Giadi

30-Aug-2009, 16:59:44 WIB - [www.kabarindonesia.com]
KabarIndonesia - Setidaknya ada 4 Pondok Pesantren (Ponpes) dinyatakan tidak memiliki ijin operasional dan tidakpenah eksis oleh pihak Forum Komunikasi Ponpes Kabupaten Kapuas dimana ke 4 ponpes fiktip ini diketaui telah menerima bantuan sosial sesuai surat Gubernur Kalteng nomor 188.44/167/2009 tanggal 30 mei 2009.

Ke 4 Ponpes yang dinyatakan fiktip namun menerima bantuan dari Gubernur ini adalah Ponpes Darul Istiqamah jalan Mahakam Selat Hulu, Ponpes/Madrasah Mursidul Amin di Desa Sei Pitung Kapus Barat, Ponpes Darussalam Desa LUpak Dalam Kapuas Kuala dan Ponpes Darussalam jalan Panglima Kapang Anjir Kalampan KM 2.

"Di Kapuas Ponpes yang aktif dan terdaftar hanya sebanyak 11 ponpes, sedangkan yang 4 itu adalah fiktip" tegas Sekretaris Forum Komunikasi Ponpes Kabupaten Kapuas Muhammad Thabrani, SE kemarin Kamis 13/8 di lokasi Ponpes Babusalam Kuala Kapuas Propinsi Kalimantan Tengah.

Menurut Thabrani, bahwa ponpes mempunyai cirikhas khusus dalam pendidikan salafiyah (pengkajian kitab kuning/kitab klasik) atau lebih dikenal dengan hurup arab gundul disamping itu dia menunjukan ciri khas lainnya sepert kemampuan hafiz Qur'an kemampuan berbahasa arab, nahwu dan lain sebagainya.

Dalam bakal calon menerima bantuan dari pemerintah dalam bentuk penyusunan proposal yang memuat profil pondok, nomor statistik yang menggambarkan ponpes meiliki ijin operasional serta aktivitas ponpes, akte notaris yg diketahui lurah/kepala desa, bukti kepemilikan tnah dan lahan, surat pengantar dari instansi berwenang dalam hal ini Depag serta data pendukung lainnya.
Dituding Thabrani bahwa banyaknya ponpes yang berdiri akal-akalan saja agar endapatkan bantuan pemerintah, sehingga diharapkan agar pemerintah bisa lebih selektif dalam menentukan mana yang berhak dan pantas untuk mendapatkan bantuan.

Sekretaris Forum omunikasi Ponpes Kapuas ini juga memberikan data Ponpes yang dianggapnya legal sebanyak 11 ponpes yaitu Babussalam jln. Patih Rumbih, Nahdlatulssalam Anjir Serapat KM 11, Nurul Hidayah Anjir Serapat KM 9, Noorhidayah Darussalam Palingkau Lama, NUrul Iman Basarang, Al Amin PUlau Petak, Abnauth Thalibin Tamban Baru Mekar KM 20, Darul Hikmah Darussalam Sei Jajangkit, Al Falah Kapuas Barat, dan Pajar Islam di Basarang.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik):
redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!!
Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com/