HUT Ke-52 Tahun Wahidin Dirayakan Sederhana
Oleh : Andi Gunawan Riothallo

10-Sep-2009, 17:44:04 WIB - [www.kabarindonesia.com]
KabarIndonesia - Bagansiapiapi, Yayasan Perguruan Wahidin jalan Pahlawan Bagansiapiapi merayakan hari ulang tahunnya yang ke-52. Perayaan dilaksanakan di halaman komplek sekolahnya tersebut penuh dengan suka cita dan sederhana yang dilanjutkan dengan konvoi parade marching band diiringi murid sekolah berkeliling kota Bagansiapiapi ibukota Kabupaten Rokan Hilir itu. Perayaan hari ulang tahunnya ke-52 tahun itu bertepatan dengan pembicaraan bahwa hari itu adalah hari yang baik, yakni 090909. Perguruan Wahidin melaksanakan HUT tersebut sejak tanggal dijadikannya sekolah Perguruan Wahidin menjadi sekolah nasional.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT perguruan itu ditandai dengan pemberian hadiah-hadiah kepada guru-guru dan siswa-siswa. Guru-guru tersebut karena telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun di perguruan yang tertua dan terbesar di Kabupaten Rokan Hilir ini. Mereka diberikan medali emas sesuai dengan masa pengabdiannya. Tak lupa juga para siswa-siswa tamatan yang juara umum, maupun juara kelas mereka pun tak luput dari pemberian penghargaan dan hadiah.

Demikian dikatakan oleh Sudarno Mahyudin selaku koordinator Perguruan Wahidin kepada Pewarta HOKI disaat usainya perayaan tersebut digelar, Rabu (9/9) kemaren

Dikatakannya bahwa Yayasan Perguruan Wahidin yang semula merupakan sekolah masyarakat Tionghoa yang akhirnya sejak 52 tahun lalu (1957,red) telah menjadi sekolah nasional. Oleh sebab itulah perhitungan perayaan ultah tersebut dihitung.

"Telah dikeluarkan lebih kurang 100 juta rupiah setiap tahunnya untuk memberikan penghargaan-penghargaan dan hadiah-hadiah tersebut," ujarnya.

Dikatakannya, yang bersifat rutin ditanggung oleh pihak Yayasan sedangkan yang berupa motivasi mendorong anak agar berprestasi ditanggung oleh pribadi ketua perguruan dan ketua komite, yakni Kasim, Rojadi dan Jonathan.

Ditambahkannya Sudarno bahwa peringatan HUT wahidin diadakan setiap tahun sebagai ajang introspeksi dan evaluasi diri mengenai apa yang sudah berhasil dicapai dan apa yang belum berhasil diperoleh.

"Yang sudah diperoleh hendaknya disyukuri, yang belum diproleh akan diusahakan pada tahun berikutya," katanya.

Selanjutnya Ia mengatakan biarpun dalam dua tahun lalu hingga saat ini terjadi pertikaian antara pengurus dengan pembina dalam yayasan itu namun karena dengan kekompakan dan persatuan maka akhirnya konflik tersebut bukanlah sebagai penghambat dunia pendidikan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sudarno Mahyudin seorang penulis buku Peristiwa Bagansiapiapi dan sinetron Kelangit yang juga seorang tokoh masyarakat Rokan Hilir ini mengatakan bahwa tugas seorang pendidik khususnya di Perguruan Wahidin semakin hari semakin berat dan itu bukanlah merupakan suatu beban jika ditanggulangi secara bersama-sama dengan kekompakan dan persatuan.

Kemajuanpun telah banyak dicapai oleh Perguruan wahidin selama 52 tahun ini. Baik secara fisik maupun prestasi dibidang pendidikan. Hal ini telah ditunjukkan oleh Perguruan Wahidin selama dua tahun ke belakang, yakni tahun ajaran 2007/2008 dan tahun ajaran 2008/2009 dengan dapat mencapai kelulusan siswa 100% baik jurusan IPA maupun IPS.

"Beban tambah berat karena kemungkinan standarisasi nilai kelulusan pada tahun ini akan meningkat. Nilai kelulusan dari 3,1 hingga tahun lalu 5,5 yang kemungkinan pada tahun ini menjadi 5,75," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa berdasarkan tahun kalender masyarakat cina tahun ini adalah tahun shio kerbau jadi berdasarkan hal tersebut maka pada tahun ini diperlukan kerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik. Oleh sebab itu tambahnya diperlukan perhitungan yang jeli dan matang untuk mendapatkan yang terbaik tersebut. Namun Ia mengakui bahwa murid-murid Perguruan Wahidin telah menunjukkan dengan berhasil mencapai nilai tertinggi rata-rata 8.



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!!
Kunjungi segera:
http://www.kabarindonesia.com