Lusia Gayatri Yosef (19-Jun-2010, 13:35:04)
@bu ilmia:
setelah data didapatkan, maka berikut cara menganalisa data (analisa ini sifatnya tergantung dari tujuan, bu). perlu diketahui juga, data ini adalah pertanyaan "awal" kemudian bila ingin mengetahui keadaa personal siswa lebih "mendalam" maka dapat dibentuk diskusi kelompok atau konseling individu (disesuaikan dengan kebutuhan).

Jawaban pertanyaan no.1 untuk mengetahui pandangan siswa tentang dirinya. saat ini, apakah siswa memandang dirinya sebagai seorang yang berhasil, biasa saja atau menyerah kepada nasib (tergantung dari jawaban siswa).

Jawaban pertanyaan no.2 untuk mengetahui apakah siswa memiliki perasaan tidak puas terhadap suatu hal bisa kondisi fisik atau impian atau cara berpikir atau banyak hal (tergantung dari jawaban siswa).

Jawaban pertanyaan no.3 untuk mengetahui bagaimana siswa melakukan perubahan terhadap hidupnya, apakah ia mengalami kesulitan yang berarti. (tergantung dari jawaban siswa).

Jawaban pertanyaan no. 4 untuk mengetahui apakah siswa mampu mengambil kendali atas dirinya atau berserah kepada nasib saja. (tergantung dari jawaban siswa).

Jawaban pertanyaan no. 5-no. 19 untuk mengetahui hubungan siswa dengan ayah dan ibu.

Jawaban pertanyaan no 20-21 untuk mengetahu pandangan hidup yang dimiliki oleh anak. Hal tersebut berkaitan dengan no 5-21, nilai-nilai apa sajakah yang diajarkan oleh orang tua kepada siswa. Pertanyaan ini juga berkaitan dengan jawaban pertanyaan no 27-28.

Jawaban pertanyaan no. 22 untuk mengetahui apakah anak memiliki "ganjalan" pada masa lalunya. misalnya dalam pertemanan, atau lainnya.

Jawaban pertanyaan no. 23-24 Pertanyaan ini dapat dibandingkan dengan no. 2, 3, 4 untuk memeriksa kekonsisten-an dari jawaban siswa.

Jawaban pertanyaan no. 25-26 untuk melihat pandangan siswa terhadap dirinya sendiri. Dari jawaban siswa dapat dilihat apakah ada pengaruhnya dari jawaban no. 5-21 dan no. 28-29.

Jawaban pertanyaan no. 27-28 untuk melihat bagaimana pandangan anak. Kemudian untuk mengetahui informasi atau gambaran yang diberikan keluarga mengenai kehidupan. misalnya bagaimana orang tua menerangkan tentang "pacaran" atau bagaimana orang tua memberi informasi tentang menikah dan lain sebagainya.

Jawaban pertanyaan no.29-30 untuk mengetahui pandanngan anak terhadap dirinya sendiri. apakah ia cukup merasa senang dengan dirinya atau tidak. dapat dibandingkan dengan jawaban pertanyaan no.25-26.

Jawaban pertanyaan no.31-32 untuk mengetahui bagaimana cara anak mendapat keinginannya dalam relasi sosial saat masa kanak-kanak.

Jawaban pertanyaan no.33-34 untuk mengetahui bagaimana anak mendapatkan apa yang ia inginkan. Apakah ia termasuk anak yang terus berusaha sampai mendapatkan apa yang ia inginkan, atau anak termasuk anak yang mudah menyerah pada situasi.

Jawaban pertanyaan no.35-38 untuk mengetahui visi dan misi anak. Kemudian bagaimana cara anak menyemangati dirinya sendiri. Melalui jawaban dari pertanyaan ini, kita akan mengetahui hal-hal yang penting bagi anak. Kemudian, pihak guru dapat juga memfasilitasi dengan pembinaan karir pada anak. misalnya memberi pengarahan mengenai sekolah lanjutan, bagaimana cara membuat usaha sendiri, dan lain sebagainya.

Jawaban pertanyaan no. 39 jawaban dari pertanyaan ini berkaitan dengan jawaban dari pertanyaan no 3, 5-21, 25, 26, 29, 30.

Jawaban pertanyaan no. 40-41 jawaban dari pertanyaan ini untuk mengetahui hal-hal apa sajakah yang sebenarnya atau mungkin tidak disukai oleh anak dari orang tua mereka, namun bisa juga berupa harapan anak kepada orang tua mereka. misalnya orang tua hidup susah, kemudian anak ingin merubah kehidupan mereka (harapan). anak tidak suka dengan perilaku kasar orang tua kepada diri mereka (hal-hal yang tidak disukai anak).

Jawaban pertanyaan no. 42-44 berhubungan dengan jawaban pertanyaan no.2, 3, 4, 5-21, 25-26, 27-30, 35-36.

Jawaban pertanyaan no. 45 untuk mengetahui hal yang penting dalam hidup anak. tentang prestasi, atau relasi pertemanan, atau percintaan, atau kegiatan tolong menolong (volunteer/bakti sosial) atau lain sebagainya.

Jawaban pertanyaan no. 46 jawaban dari pertanyaan ini berhubungan dengan jawaban pertanyaan no. 8, 11, 16, 25, 26, 27, 28, 30.

Jawaban pertanyaan no. 47 berhubungan dengan jawaban no.9, 12, 17, 19.

Jawaban pertanyaan no. 48 untuk mengetahui hal-hal yang berharga atau masa "kejayaan" anak dalam perjalanan mereka. jawaban dari pertanyaan ini sangat berguna untuk mengingatkan anak bahwa dirinya adalah manusia yang memiliki kompetensi serta layak untuk terus berkarya (sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki). kompetensi tersebut bisa berupa prestasi akademis, sosial (hubungan dengan sesama), atau lain sebagainya. misalnya anak menceritakan ia berhasil mengumpulkan beberapa teman untuk penggalangan dana acara lomba melukis di sebuah Sekolah Luar Biasa. Dalam hal ini, guru dapat berperan untuk memfasilitasi siswa dengan memberi keyakinan pada siswa bahwa diri mereka memiliki kemampuan yang dapat berguna untuk dirinya dan sesama. Misalnya:Coba, lihat dari kejadian tersebut, ternyata kamu memiliki ketrampilan apa saja? atau coba lihat, kamu memiliki kemampuan dalam mengkoordinir, apakah kamu memiliki rencana untuk mengasah kemampuanmu tersebut untuk ke depan?

Jawaban pertanyaan no. 49 untuk mengetahui penyesalan naka dimasa lalu. Melalui jawaban ini, guru dapat memfasilitasi anak untuk membantu anak "memaafkan" masa lalunya. Kemudian mengingatkan anak mengenai visi-misinya yang ia tulis di no.36 dan 45.

Jawaban pertanyaan no.50 untuk mengetahui tujuan anak kedepan. Jawaban dari pertanyaan ini dapat dibandingkan dengan jawaban no.2 dan no.36.

Ilmia (16-Jun-2010, 12:36:53)
Bagaimana cara mengolah data atau menganalisa data yang sudah masuk? terimakasih.


Hal :  1|