KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
PendidikanPrancis Melarang Semua Anak Dibawah Usia 15 Tahun Menggunakan Telepon di Sekolah oleh : Danny Melani Butarbutar
08-Nov-2019, 04:21 WIB


 
  KabarIndonesia - Mengutip Business Insider US, (3/9/2018), dikabarkan bahwa siswa Perancis yang kembali dari liburan musim panas tidak akan lagi dapat menggunakan telepon mereka selama hari sekolah. Sebelumnya musim panas ini Perancis melarang semua siswa di bawah 15 tahun untuk
selengkapnya....


 


 
BERITA INTERNASIONAL LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Perih Paling Parah 26 Nov 2019 19:35 WIB

Komedi Politik 02 Okt 2019 11:10 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
INTERNASIONAL

Geopark Kaldera Toba Resmi Diterima Menjadi Anggota UNESCO Global Geopark
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 03-Sep-2019, 03:59:18 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Sesi ke-4 pertemuan Dewan Eksekutif Unesco Global Geopark yang tengah berlangsung pada 31 Agustus - 2 September 2019 di Lombok-Indonesia menjadi ajang diskusi dan penilaian serta pengambilan keputusan atas status geopark yang diusulkan oleh negara pengusul.

Sebagaimana dirilis UNESCO Global Geoparks Council, dalam kerangka pembahasan dan penilaian terhadap usulan menjadi anggota jaringan global geopark, digelar Konferensi Internasional ke-7 tentang Geopark Global UNESCO.

Sesi pertama, pertemuan Dewan di Riviera Inggris Global Geopark pada 24 dan 25 September 2016. Sesi kedua, berlangsung pada 16-17 September 2017 di Zhijindong Gua Global Geopark UNESCO, provinsi Guizhou, Cina.
Sesi ketiga Dewan UGG yang berlangsung pada 8-9 September 2018 di Adamello Brenta UNESCO Global Geopark, Italia.

Sebagaimana diberitakan media ini (baca: http://www.kabarindonesia.com/berita.php?pil=1&jd=Konperensi+Dewan+Geopark+Global+UNESCO+di+Lombok+Momen+Terakhir+Geopark+Kaldera+Toba+Menjadi+Anggota+UGG&dn=20190902140356), Geopark Kaldera Toba turut menjadi bagian diskusi dan penentuan lulus tidaknya menjadi anggota UGG setelah "gagal" pada pertemuan sesi ketiga di Italia tahun 2018.

Diperoleh informasi bahwa beberapa waktu yang lalu (sekitar bulan Mei 2019) General Manager BP-GKT telah melengkapi aplikasi sesuai rekomendasi UGG tahun 2018 dan menyampaikan dokumen Geopark Kaldera Toba. Assessor juga telah melakukan melihat langsung di lapangan, sehingga dokumen Geopark KALDERA TOBA (GKT) ditandai sebagai 'aplikasi sudah diterima'.

Saat pertemuan Dewan UGG di Lombok (31/8), dokumen GKT turut dibahas dalam diskusi bertajuk "Aplikasi Global Geopark yang ditangguhkan UNESCO tertunda dari UGGpC 2018", hingga akhirnya Dewan Eksekutif UGG mengambil keputusan bahwa Geopark Kaldera Toba lulus penilaian dan diterima menjadi Anggota Geopark Global UNESCO. Maka terhitung mulai hari Minggu (1/9/2019) GKT resmi menjadi bagian dari Unesco Geopark Global.

Dengan ditetapkannya GKT masuk menjadi anggota baru UGG oleh Badan Eksekutif UNESCO pada sesi keempat konperensi UGG tahun 2019 ini maka harapan masyarakat dan impian Presiden Jokowi, kini terwujud sudah, kendatipun pengumuman resmi baru akan dipublikasikan oleh UGG pada April 2020 mendatang.

Sementara itu, untuk memastikan kebenaran Informasi ini, pewarta berusaha menghubungi staff Dinas Pariwisata Prov Sumut yang juga turut dalam BP-GKT. "Benar pak, Geopark Kaldera Toba lulus menjadi UGG" sebut Debbie R Panjaitan di akun WA dan facebook nya.

Kebenaran informasi ini juga diperkuat dengan postingan para netizen medsos whatsap grup dan facebook di Sumatera Utara, termasuk postingan DR Wan Hidayat, GM Badan Pengelola Geopark Kaldera Toba (BPGKT) yang saat ini mengikuti dan mengawal pengajuan Danau Toba menjadi bagian dari taman dunia dalam rapat Dewan UGG di Lombok.

Pantauan pewarta kabarindonesia, warga Sumatera Utara meluapkan kegembiraannya melalui postingan di akun facebook dan whatsapp, dengan mengucapkan selamat atas disetujuinya Geopark Kaldera Toba menjadi anggota UGG.

Sementara itu, Menteri Pariwisata Arief Yahya sebelumnya telah menyampaikan apa pentingnya harus mendapatkan stempel UGG. "Dalam framework, pengembangan destinasi itu selalu menggunakan konsep 3A—Atraksi, Akses dan Amenitas—jika ingin menjadi global player (maka harus menggunakan global standart),” katanya seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (9/3/2019).

Dijelaskannya bahwa, pada tahun lalu Indonesia telah sukses mencatatkan dua geopark di dalam daftar UGG, yakni Rinjani Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Ciletuh Sukabumi di Jawa Barat. Bersama Geopark Kaldera Danau Toba, pemerintah juga mendaftarkan Geopark Belitung, masuk dalam UGG.

Dengan demikian, masuknya geopark Kaldera Toba ke dalam daftar UGG, berarti meningkatkan promosi destinasi wisata bahkan hingga ke level dunia. Dampaknya, selain dapat mendongkrak jumlah wisatawan asing atau turis, juga mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sekitar obyek wisata serta pemerintah asli daerah dan pendapatan masyarakat lokal.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utaraoleh : Sesmon Toberius Butarbutar
25-Sep-2019, 15:25 WIB


 
  Peninjauan Proses Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara Camat Nassau Timbul Sipahutar (kiri) meninjau Pendaftaran Pilkades di Desa Lumban Rau Utara, Kecamatan Nassau, Kabupaten Toba Samosir, Rabu (25/09/2019)
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Kesehatan Manusia Dalam Alkitab 05 Des 2019 11:08 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia