KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPemerintah Nyatakan Tiga Hari Berkabung Nasional atas Wafatnya Habibie oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Sep-2019, 14:48 WIB


 
 
KabarIndonesia - Jakarta, Dikabarkan, pada hari ini Rabu (11/9/2019) sekitar pukul 18,05 WIB, Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B J Habibie), telah meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, pada usia 83 tahun. Jenazah almarhum telah diberangkatkan dari
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Siapa Kau Siapa Aku? 02 Sep 2019 10:28 WIB

AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Cara Mudah Berinvestasi bagi Para Pemula

 
EKONOMI

Cara Mudah Berinvestasi bagi Para Pemula
Oleh : Setyo Sudirman | 19-Jun-2019, 14:29:45 WIB

KabarIndonesia.com - Saat ini saham sudah mulai jamak dinikmati kalangan milenial. Anak-anak muda tergiur dengan investasi (nabung) saham karena dalam prakteknya sangat terjangkau dan mudah dilakukan.

Pertama, investasi saham ini terjangkau karena dengan uang receh saja sudah bisa dilakukan. Nabung saham online itu sejatinya tidak mengenal setoran minimum. Semuanya tergantung dari nilai saham yang ingin dibeli. Kalau harga saham per lembarnya saja di kisaran Rp 100, tentu hanya dibutuhkan dana Rp 10 ribu untuk bisa nabung saham. Jumlah yang tidak sulit disediakan oleh milenial.

Kedua, mudah dilakukan karena dengan smartphone di genggaman tangan saja sudah bisa melakukan transaksi saham. Apalagi, cara beli saham saat ini sudah 100% online. Anak muda (milenial) yang tak bisa lepas dengan smartphone akan sangat terbantu karena registrasi untuk berinvestasi pun sekarang sudah gampang dengan aplikasi semisal IPOTGO atau IPOTPAY milik PT Indo Premier Sekuritas.

Lantas langkah-langkah investasi saham seperti apa sih yang sudah milenial dan kekinian tersebut? Simak tahapan menikmati saham yang belinya harus lewat perusahaan sekuritas dengan terlebih dahulu membuka Rekening Efek (rekening bank khusus untuk investasi saham):

1. Siapkan Dokumen Pendukung
Untuk bisa berinvestasi saham, milenial harus memiliki rekening efek. Nah, untuk membuat rekening efek di sekuritas ini, para milenial sebaiknya menyiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen pendukungnya, yakni, e-KTP, NPWP (optional), dan buku tabungan.

2. Lakukan Pendaftaran Secara Online
Saat ini zamannya sudah serba online. Jadi, kalau mau buat rekening efek sudah serba online. Menariknya, saat ini sudah berbasis aplikasi seperti yang dipelopori PT Indo Premier Sekuritas dengan aplikasi IPOTGO. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, para milenial tinggal isi formulir, foto selfi dengan e-KTP, foto E-KTP untuk diupload, foto specimen ttd dan video selfi. Setelah itu milenial akan mendapatkan notif email dan melakukan verifikasi serta melakukan konfirmasi pembukaan rekening efek. Karena sudah full digital, pembukaan rekening efek pun cepat, mudah dan ora susah.

3. Setor Dana ke RDN
Setelah pembukaan rekening efek dilakukan, pihak sekuritas akan menginformasikan nomor rekening dana nasabah (RDN) dan para milenial tinggal mentransfer dana ke RDN tersebut supaya bisa segera bertransaksi saham.

4. Mulai Berinvestasi
Begitu dana yang disetor ke RDN sudah masuk, milenial tinggal melakukan transaksi saham secara online dengan menggunakan platform trading saham online yang dimiliki masing-masing sekuritas. Selanjutnya, milenial tinggal memilih 632 perusahan terdaftar (emiten) yang masuk dalam konstituen Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Tak hanya itu saja, milenial juga dapat menggunakan indeks yang dibuat otoritas bursa maupun pihak lainnya seperti LQ45, IDX30, JII dan sebagainya sebagai alat bantu memilih saham-saham dalam berinvestasi. (*)



 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia