KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Dollar Cost Averaging (DCA) Dalam Investasi Reksa Dana

 
EKONOMI

Dollar Cost Averaging (DCA) Dalam Investasi Reksa Dana
Oleh : Setyo Sudirman | 09-Nov-2019, 16:49:52 WIB

KabarIndonesia - Investasi yang paling gampang dilakukan untuk investor pemula adalah reksa dana. Setelah membeli reksa dananya, investor tinggal duduk manis menunggu kinerja Manajer Investasinya.

Namun apakah investasi reksa dana itu gampang seperti yang kerap dikatakan orang? Toh, dalam praktiknya memilih reksa dana yang terbaik itu tidak mudah, apalagi untuk investor pemula.
Memilih dan menentukan jenis reksa dana yang terbaik pada waktu yang tepat itu bukan pekerjaan mudah. Investor perlu memiliki pengetahuan yang cukup dalam memilih reksa dana yang terbaik.

Karena menentukan timing yang tepat untuk membeli reksa dana itu tidak mudah, tak ada salahnya terutama bagi investor pemula menerapkan strategi investasi yang dikenal mudah, sederhana dan gampang diterapkan oleh siapa saja, yakni strategi Dollar Cost Averaging (DCA).

Strategi DCA dalam investasi reksa dana dipahami sebagai strategi investasi rutin investasi reksa dana setiap bulannya dalam jumlah yang sama tanpa perlu pusing-pusing memperhatikan harga NAB (nilai aktiva bersih).

Seperti halnya saat menabung, investasi reksa dana bisa "dicicil" dengan nominal sesuai kemampuan rutin setiap bulannya. Mau Rp.100.000,- atau Rp.500.000,- atau Rp.1.000.000,- per bulan asal rutin dan konsisten dilakukan dengan nominal yang sama tentu akan mendatangkan banyak manfaat.

Dengan rutin dan konsisten menyisihkan melalui strategi Dollar Cost Averaging maka investorpemula akan mendapati sejumlah keuntungan, seperti volatilitas investasi reksa dana yang relatif kecil dan strategi investasi reksa dana menjadi lebih obyektif.

Strategi ini memang tergolong sederhana dan tidak terlalu sulit untuk diaplikasikan bagi investor pemula. Hanya saja, investor perlu konsistensi dalam menyisihkannya setiap bulan.

Menariknya, strategi nabung rutin DCA ini bisa mencegah investor melakukan investasi berlebihan pada "waktu yang salah" di harga yang tinggi. Seperti umum diketahui, menentukan waktu yang tepat dalam berinvestasi bukan lah pekerjaan yang gampang. Tak jarang investor justru terjebak di harga yang tinggi karena ketidaktahuannya alias karena keputusan emosional.

So, investasi dengan strategi DCA ini tentu cocok untuk investor pemula. Apalagi, investasi reksa dana saat ini sudah sangat mudah dan gampang tanpa banyak mikir panjang semisal melalui aplikasi IPOTPAY yang telah terdaftar dan diawasi OJK.

Dana rutin tiap bulan yang didepositkan di aplikasi investasi terpercaya tersebut langsung ditempatkan secara otomatis di reksa dana pasar uang pilihan yang terbaik. Jadi, investor tidak perlu banyak buang energi untuk memilih reksa dana mana yang terbaik. Begitu didepositkan di aplikasi, dana langsung ditempatkan di reksa dana yang terbaik dengan return jauh di atas bunga tabungan konvensional.

Strategi dan aplikasi yang tepat memudahkan investor menikmati pengembangan uang tanpa banyak mikir karena investor benar-benar tinggal duduk manis menunggu dana yang dimiliki terus tumbuh.

Dengan strategi DCA investor pemula dengan dana cekak pun sudah bisa menikmati investasi reksa dana yang di masa lalu identik dengan modal jutaan. Kini, investasi reksa dana sudah terjangkau. Dengan modal Rp.100.000,.- saja siapa pun berhak atas investasi reksa dana tanpa perbedaan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia