KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Investasi Gampang Tanpa Harus Pusing Mikir Diversifikasi

 
EKONOMI

Investasi Gampang Tanpa Harus Pusing Mikir Diversifikasi
Oleh : Setyo Sudirman | 11-Okt-2019, 08:03:40 WIB

KabarIndonesia - Mahir analisis fundamental atau analisis teknikal tak menjamin semua saham yang dibeli akan selalau bergerak naik dan memberikan profit. Tak jarang saham yang dibeli justru turun. Oleh sebab itu, diversifikasi saham sangat diperlukan.

Prinsip diversifikasi sendiri populer dengan istilah "Don't put all your eggs in one basket" atau dengan kata lain jangan menaruh telur di dalam satu keranjang. Diversifikasi ini dimaksudkan untuk meminimalkan risiko.

Saat saham yang satu jatuh maka masih ada saham lain yang menjadi penyeimbang sehingga sahamnya tidak jatuh atau merugi semua. Diversifikasi menjadi pilar utama dalam pembentukan portfolio yang sehat.

Logikanya, manakala ada penurunan harga pada salah satu saham yang dimiliki, kerugian bisa diminimalkan dengan keuntungan yang didapatkan dari saham yang lainnya.

Namun demikian, diversifikasi secara manual itu tidak gampang karena lagi-lagi perlu menggunakan berbagai analisis untuk mendapatkan yang terbaik. Selain itu, tools-tools yang komprehensif yang membantu investor memilih saham juga tidak banyak.

So, buang jauh-jauh kekhawatiran itu. Kini tak perlu khawatir dna pusing karena diversifikasi otomatis bisa dinikmati dengan mudah saat investor melakukan transaksi ETF (Exchange Traded Fund).

ETF adalah reksa dana berbentuk Kontrak Investasi Kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di Bursa Efek. Dengan kata lain, ETF adalah sebuah produk investasi yang menggabungkan dua karakteristik produk sekaligus, yaitu reksa dana berbentuk terbuka (open ended fund) dan saham (common stock).

Investasi ETF memungkinkan diversifikasi otomatis atas beberapa saham unggulan dalam sekali order. Saat beli ETF di pasar primer: creation unit ( = 1000 lot = 100.000 unit) dan di pasar sekunder: 1 Lot (100 unit).

Lalu seperti apa mekanisme transaksi ETF? Ternyata mekanismenya seperti kita membeli dan menjual saham pada umumnya. Ketika kita membeli saham biasanya kita hanya mendapat saham tersebut, sementara saat membeli ETF kita akan mendapatkan sekumpulan saham sesuai paket/basket yang dipilih. So, nggak perlu pusing-pusing melakukan diversifikasi.

Nah, untuk menikmati ETF yang diperjualbelikan melalui Bursa Efek Indonesia maka investor diharuskan untuk membuka Rekening Dana Nasabah (RDN) sebagaimana halnya investor saham.

Menariknya, pembukaan rekening efek saat ini sudah sangat mudah dan cepat, seperti melalui aplikasi IPOTGO atau IPOTPAY milik IndoPremier Sekuritas yang sudah full digital. Pembukaan rekening efek sudah 100% online dengan gadget di genggaman tangan. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia