KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
 
KabarIndonesia - Pada Nukilan Buku Jokowi Utusan Semesta: Sekali Lagi Semesta Membuktikan Tidak Pernah Ingkar Janji bagian (6) kita telah melihat, berbagai upaya untuk menyerang dan menjatuhkan Jokowi ternyata justru sering berbalik menjadi bumerang yang menjadikan elektabilitas Prabowo-Hatta terdegradasi. Jokowi-JK
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Sayapku Telah Patah 08 Jul 2019 10:34 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Menyiasati Tingginya Biaya Pendidikan

 
EKONOMI

Menyiasati Tingginya Biaya Pendidikan
Oleh : Setyo Sudirman | 10-Jun-2019, 10:59:01 WIB

KabarIndonesia - Waktu berlalu begitu cepat. Rasanya libur Lebaran baru saja dimulai, tapi nyatanya telah usai dan kita kembali ke rutinitas seperti sedia kala, yakni bekerja dan mencari nafkah. Tapi yang cukup mengejutkan, setelah keuangan terkikis hingga kering keronta selama Lebaran, kini tak sedikit orang tua yang langsung dihadang dengan biaya pendidikan.

Bagi orangtua yang memiliki buah hati yang sedang sekolah di sekolah swasta, biaya SPP sudah harus dibayar. Bagi yang baru lulus, siap-siap membayar untuk biaya sekolah atau kuliah di kampus baru. Tentunya uang yang dibutuhkan tidak sedikit.

Biaya pendidikan kalau tidak dipersiapkan sejak lama memang akan terasa mencekik dan membuat kurus keuangan keluarga. Betapa tidak, biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus naik tak ketulungan. Kenaikan biaya pendidikan tergolong yang paling tinggi dibanding kebutuhan lainnya. Bisa-bisa, kenaikannya mencapai hingga 20% per tahun. Kenaikan ini tentu tergolong tinggi.

Namun setinggi atau semahal apa pun biaya pendidikan, orang tua yang baik tentu memang wajib memastikan bahwa putra-putrinya memperoleh pendidikan terbaiknya. Dari banyak persiapan yang perlu dilakukan para orang tua, yang paling penting alias nomor satu adalah persiapan biaya pendidikan karena biaya ini biasanya tidak bisa dipenuhi dalam sekejab karena dapat mencapai puluhan juta.

Dengan begitu, persiapan biaya pendidikan anak perlu dilakukan jauh-jauh hari agar tidak membebani keuangan keluarga. Ada banyak pilihan untuk menyiapkan dana pendidikan anak mulai dari deposito, asuransi pendidikan, hingga investasi. Deposito dan asuransi pendidikan termasuk biasa karena perkembangan uangnya tergolong masih kecil, sementara investasi boleh dikata luar biasa karena memberikan perkembangan dana yang signifikan.

Dari berbagai macam investasi yang ada, investasi reksa dana bisa menjadi pilihan karena sangat mudah dilakukan. Setelah membeli reksa dana yang diminati, investor tinggal duduk manis menunggu kinerja Manajer Investasi yang mengelolanya. Tanpa banyak repot, uang akan berkembang pesat melebihi bunga yang ditawarkan oleh deposito. Return yang ditawarkan reksa dana lebih tinggi dibandingkan dengan deposito atau pun asuransi pendidikan.

Untuk memulainya cukup mudah karena saat ini sudah ada supermarket reksa dana online, semisal IPOTFUND besutan PT Indo Premier Sekuritas yang menawarkan beragam pilihan reksa dana.

Usai Lebaran 2019 ini, platform investasi reksa dana ini menjajakan 234 reksa dana dari 37 Manajer Investasi. Untuk memilih reksa dana yang terbaik pun cukup mudah karena telah tersedia fitur yang bisa membandingkan semua reksa dana untuk mendapatkan yang terbaik. Fitur tersebut adalah IPOTFUND Evaluator.

Fitur multiguna dari IndoPremier untuk membandingkan kinerja reksa dana dalam beberapa periode. Fitur ini menggunakan sistem ranking dimana tiap reksa dana diberikan penilaian berdasarkan kemampuan pemberian imbal hasil yang stabil dan profil resiko dalam jangka waktu 3 bulan (3M), 6 bulan (6M), 9 bulan (9M), 1 tahun (1Y), 2 tahun (2Y), dan 3 tahun (3Y).

Untuk mendapatkan dana yang mencukupi untuk biaya pendidikan anak, kita tinggal memilih reksa dana yang terbaik. Dengan begitu, biaya pendidikan anak pun nggak akan memberatkan. Biaya pendidikan akan tersedia dengan mudah setelah menyiapkannya dengan investasi reksa dana yang memberikan imbal hasil tinggi. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Cara Asik Menikmati Mudik 23 Mei 2019 13:11 WIB

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia