KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Pasar Senen Pusat Perekonomian Dulu dan Sekarang

 
EKONOMI

Pasar Senen Pusat Perekonomian Dulu dan Sekarang
Oleh : Supriyanto | 21-Nov-2019, 09:34:04 WIB

KabarIndonesia - Jakarta,  Pasar Senen sudah menjadi pusat perekonomian dan hiburan sejak saat Gubernur Ali Sadikin menjabat, beliau mencanangkan pembangunan "Proyek Senen" pada tahun 1960 yang dilengkapi berbagai fasilitas. Salah satunya adalah gedung parkir melingkar yang menjadi lokasi gedung parkir pertama di Jakarta. Proyek ini kemudian diikuti dengan dengan pembangunan Pasar Inpres dan Terminal Senen. Dan  pada tahun 1990 dibangun pula superblok modern, Atrium Senen.

Dalam perkembangannya wajah Pasar Senen serta kawasan di sekelilingnya senantiasa berubah dan menyimpan banyak cerita. Pasar yang dibangun sejak 30 Agustus 1735 ini awalnya hanya dibuka pada hari Senin, sehingga pasar ini disebut Pasir Snees atau belakangan menjadi Pasar Senen. Namun pada 1766, pasar yang ramai dikunjungi ini akhirnya dibuka untuk hari selain Senin.

Hampir 3 abad sudah Pasar Senen berdiri dan ada untuk seluruh masyarakat, tidak hanya dinikmati masyarakat Jakarta, masyarakat dari luar Jakarta pun sering berburu beraneka barang dagangan yang ada di pasar Senen. Hal ini menjadikan Pasar Senen sebagai Pusat Grosir para pedagang di Jakarta dan seluruh pelosok tanah air.

Dengan lokasi yang strategis karena terletak di jantung kota Jakarta dan dikelilingi akses dan moda transportasi mudah, hal tersebut menjadi keuntungan sendiri bagi Pasar Senen, yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Berjarak hanya 5 menit berjalan kaki dari stasiun senen yang merupakan salah satu stasiun besar di Indonesia yang menghubungkan Jakarta dengan kota lainnya membuat area Pasar Senen tetap menjadi salah satu kawasan pusat perekonomian dan perdagangan hingga saat ini. Juga moda transportasi busway serta angkutan umum lainnya yang memanjakan  aktifitas belanja menjadi semakin mudah.

Kelengkapan Pasar Senen sebagai pusat grosir ini sendiri memang sudah menjadi rahasia umum dan tersebar hampir ke seluruh Indonesia. Jajanan kue subuh, aksesoris seperti kacamata, jam tangan dan tas tersedia dengan banyak sekali ragam dan harga yang tentunya sangat terjangkau yang membuat mereka rajin berkunjung. Profil konsumen dari Pasar Senen Jaya pun beragam, mulai dari berbagai segmentasi umur, pengusaha, pedagang ataupun konsumen biasa. Hal tersebut menjadi bukti nyata bahwa Pasar Senen merupakan pusat perdagangan yang sangat kompetitif dari segi harga, kualitas serta ragam barang yang diperdagangkan. Selain itu Pasar Senen juga terkenal menyediakan perlengkapan untuk pakaian TNI (Tentara Nasional Indonesia) serta berbagai atribut partai yang dimana dijual secara grosir.

Melihat beberapa hal diatas yang menjadi keunggulan dari sebuah Pasar Senen dan sejarahnya sebagai pusat perekonomian dulu dan sekarang, PT Pembangunan Jaya terus melakukan berbagai inovasi-inovasi yang tentunya akan menjadikan kawasan ini semakin berkembang. Dengan peningkatan layanan keamanan 24 jam yang dilengkapi CCTV di setiap sudut bangunan serta AC di seluruh ruangan menjadikan aktifitas belanja semakin aman dan nyaman. Keamanan dan kenyamanan pedagang maupun konsumen adalah perhatian khusus pengelola Pasar Senen. Persepsi lingkungan kumuh, panas dan rawan semakin sirna dari benak pedagang dan konsumen dengan adanya inovasi-inovasi baru  ini.

Dengan kualitas, kelengkapan jenis komoditi perdagangan dengan harga yang sangat terjangkau dan kemudahan akses maupun kondisi Pasar Senen yang semakin kondusif ini, kini Pasar Senen menjadi destinasi belanja favorit berbagai kalangan masyarakat, menjadi pusat perekonomian dan hiburan yang unggul sedari dulu hingga sekarang dan sampai seterusnya. 

PROFIL PERUSAHAANTITIK AWAL BERDIRINYA PT PEMBANGUNAN JAYA
PT Pembangunan Ibu Kota Jakarta, atau dikenal sebagai PT PEMBANGUNAN JAYA, didirikan pada tanggal 3 september 1961, sebagai tindak lanjut amanah Presiden Pertama Republik Indonesia Soekarno kepada Gubernur Jakarta saat itu, Soemarno, untuk melakukan revitalisasi kota Jakarta. Sehingga pada saat itu Gubernur mengundang partisipasi pihak swasta dalam membangun kota Jakarta, salah satunya adalah PT PEMBANGUNAN JAYA.  Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa  PT PEMBANGUNAN JAYA telah aktif beperan sejak benih-benih pembangunan Jakarta sebagai kota modern mulai ditaburkan.

Pasar Senen yang semula sangat tidak terawat berhasil diremajakan oleh PT PEMBANGUNAN JAYA menjadi pasar modern yang nyaman bagi semua lapisan masyarakat saat itu. Proyek ini dapat dikatakan merupakan proyek kerjasama antara pemerintah dan swasta yang pertama di Indonesia, jauh sebelum konsep Public Private Partnership dikenal. Hingga saat ini Pasar Senen merupakan pusat grosir terbesar dan pusat destinasi belanja di Jakarta.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia