KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA EKONOMI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

Petambak Ikan di Tarutung Mengeluhkan Irigasi 10 Tahun Lumpuh

 
EKONOMI

Petambak Ikan di Tarutung Mengeluhkan Irigasi 10 Tahun Lumpuh
Oleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak | 19-Des-2019, 04:40:18 WIB

KabarIndonesia - Tarutung, Puluhan warga di  desa Hutabarat Parbaju, Tarutung,Tapanuli Utara, mengeluhkan perekonomian mereka yang terpuruk sejak lumpuhnya saluran air di Bondar Panaharan, sudah hampir 10 tahun terakhir. Keluhan tak hanya dari petani sawah, tapi terutama para petambak ikan mas dan mujahir.  

Desa Hutabarat Parbaju selama ini dikenal sebagai salah satu desa produsen ikan mas di Tapanuli Utara. Selain penghasil induk ikan mas juga tempat pembibitan ikan seperti halnya desa Partali Julu. Ketika irigasi tersebut masih berfungsi, umumnya penduduk memanfaatkan sawahnya pasca panen untuk beternak ikan mas dan mujahir. Namun setelah tali air itu lumpuh total, otomatis usaha perikanan di desa itu sudah terhenti.

"Kami sungguh kehilangan mata pencaharian dari usaha perikanan sejak tali air lumpuh total," ujar M. Hutabarat salah seorang warga kepada reporter KabarIndonesia. Keluhan itu telah disampaikan kepada anggota DPRD Tapanuli Utara Frengky Simanjuntak saat kunjungan kerjanya di desa Parbaju Julu pekan lalu.

Keluhan itu menjadi catatan khusus anggota dewan pada kunjungan reses tersebut, dan berjanji akan mengecek ke pihak terkait apa faktor penyebab tali air itu lumpuh. Apakah karena ada pembiaran atau sebab teknis lainnya. "Ya, saya akan usahakan bagaimama upaya mengatasinya," kata Frengky pada acara pertemuan yang dihadiri sekitar 150 warga.

Selain masalah tali air, warga juga mohon bantuan anggota dewan mencari jalan keluar untuk membuka jalan pintas Panaharan menuju jalan lintas Sumatera yang saat ini tertutup akibat pembangunan rumah di ujung jalan. Frengky Simanjuntak anggota dewan dari Partai Hanura itu berjanji untuk melakukan upaya agar jalan setapak itu bisa difungsikan kembali.(*)

Teks foto : Bondar ( tali air) Panaharan di Desa Hutabarat Parbaju yang sudah hampir 10 tahun tak berfungsi. ( Foto: Leonardo TSS)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
666 - ANGKA SETAN YG TERKUTUK 06 Jun 2020 11:23 WIB


 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia