KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA BUDAYA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB

 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB

 

Lima Dinas P dan K Kabupaten/Kota di Jateng Jadi Penyelenggara GSMS

 
BUDAYA

Lima Dinas P dan K Kabupaten/Kota di Jateng Jadi Penyelenggara GSMS
Oleh : Gunoto Saparie | 19-Mei-2019, 16:06:41 WIB

KabarIndonesia - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dari 5 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah ditetapkan sebagai penyelenggara Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) 2019 oleh Direktorat Kesenian Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mereka adalah dinas P dan K kabupaten Boyolali, dinas P dan K kabupaten Purbalingga, dinas P dan K kabupaten Kebumen, dinas P dan K kabupaten Demak, dan dinas P dan K kabupaten Pati.

Ketua umum Dewan Kesenian Jawa Tengah (DKJT) Gunoto Saparie mengatakan, berdasarkan informasi dari Direktur Kesenian Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Restu Gunawan, di seluruh Indonesia ada 13 Dinas P dan K Provinsi dan 51 Dinas P dan K Kabupaten/Kota yang ditetapkan sebagai penyelenggara GSMS. Bantuan GSMS ini diprioritaskan untuk diberikan kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan yang pemerintah daerahnya telah menetapkan pokok pikiran kebudayaan daerah sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

"Program ini merupakan kegiatan pemberian bantuan pemerintah dalam bentuk uang kepada dinas pendidikan dan kebudayaan untuk memberikan pembelajaran kesenian pada kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan," ujarnya Gunoto.

Menurut Gunoto, tujuan GSMS 2019 ini antara lain menumbuhkan minat bakat siswa di bidang seni budaya. Selain itu, menjalin kerja sama dan sinergi antara sekolah dengan seniman. Termasuk juga dalam rangka melindungi, mengembangkan, dan memanfaatkan seni sebagai bagian dari objek pemajuan kebudayaan.

"GSMS ini juga diharapkan menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan, dan menguatkan; Di samping juga membentuk karakter dan membangun sikap kreatif, apresiatif, dan inovatif terhadap siswa," ujarnya.

Gunoto menambahkan, seniman yang terlibat dalam GSMS ini adalah individu berprofesi di bidang seni dan menghasilkankarya seni, baik dalam bidang seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra, film, seni musik, dan/atau seni media. Sedangkan materi seni yang dikembangkan pada kegiatan Gerakan SMS 2019 adalah seni pertunjukan, seni rupa, seni sastra, film, musik, atau seni media yang bersifat fleksibel.<br />
Hal ini karena bergantung pada kompetensi seniman daerah, minat dan bakat siswa di sekolah, dan ketersediaan sarana pendukung yang ada di sekolah. "Materi seni yang dipilih bersifat fleksibel dan disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik sekolah," tandasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia