KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalAROMA KEPENTINGAN DALAM AGENDA TERSENDIRI oleh : Tonny Djayalaksana
18-Aug-2019, 15:58 WIB


 
 
KabarIndonesia - Upaya-upaya lawan Jokowi untuk menjatuhkannya sangat militan sekali. Sebagai pelengkap telah saya sertakan tulisan Denny Siregar yang menggambarkan bagaimana sebuah konspirasi dijalankan untuk menjatuhkan pemerintahan Jokowi. Namun akhirnya perlindungan dari Allah bisa menggagalkan semua itu. 

Semua
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 

 
AMOR 16 Aug 2019 10:58 WIB


 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Penyanyi Tulus dan BGBL Ajak Guru Merdeka Belajar

 
PENDIDIKAN

Penyanyi Tulus dan BGBL Ajak Guru Merdeka Belajar
Oleh : Zohiri Kadir | 15-Jul-2019, 19:15:27 WIB

KabarIndonesia - Penyanyi Tulus beserta rekan-rekannya yang tergabung dalam gerakan Bantu Guru Belajar Lagi (BGBL) berlokasi di kawasan Bekasi pada Jumat (5/7/2019) mengadakan Kamp Guru Penggerak, sebagai bagian dari usaha mengajak guru menerapkan pendekatan merdeka belajar atau dikenal dengan self-regulated learning. Pendekatan ini mengajak para guru menemukan masalah di lingkungannya, menciptakan solusi mandiri, dan mengevaluasi solusi tersebut untuk perbaikan yang berkelanjutan.

Dalam diskusi bersama media, Tulus mengutarakan bahwa dirinya bersama sejumlah teman mendirikan BGBL karena terinspirasi semangat para guru. "Semangat para guru ini bila dilengkapi dengan pendekatan merdeka belajar berpotensi menghasilkan solusi-solusi pendidikan praktis yang berkelanjutan. BGBL bertujuan untuk bisa menghidupkan sebanyak mungkin komunitas guru belajar di Indonesia yang menerapkan pendekatan merdeka belajar," jelas pemilik album Monokrom itu.

Melalui Kamp Guru Penggerak yang diadakan pada 1-5 Juli, BGBL mencari dan mempersiapkan guru-guru yang bersemangat menjadi agen perubahan dalam komunitas guru di lingkungannya. Farli Sukanto, yang bersama Tulus menjadi salah seorang inisiator BGBL, kamp ini akan memberikan berbagai bekal dalam menggerakkan komunitas guru belajar.

Para guru yang terlibat di kamp ini adalah guru-guru pilihan yang diseleksi melalui tulisan dan wawancara. Selama lima hari terakhir, mereka mendapatkan modul-modul pengembangan komunitas dan juga sesi-sesi berbagi dengan profesional di bidang masing-masing. Keluaran dari kamp ini merupakan program-program komunitas guru belajar yang siap diterapkan selama setahun ke depan. Kami yakin bila guru bergerak bersama, maka akan menghasilkan banyak perubahan di dunia pendidikan," jelas Farli.-

Najelaa Shihab, pendiri Lembaga Pendidikan CIKAL yang juga inisiator jaringan Semua Murid Semua Guru (SMSG), merupakan salah seorang profesional yang turut berbagi dalam Kamp Guru Penggerak BGBL. "Di SMSG, kami berharap bisa meningkatkan kesadaran semua pihak atas masalah akses, kualitas dan kesetaraan pendidikan Indonesia yang masih perlu terus diperjuangkan bersama. Komunitas guru belajar dari BGBL akan mendorong berbagai lapisan masyarakat untuk kerja barengan mendorong inisiatif dan inovasi pendidikan," jelas wanita yang akrab disapa Mbak Elaa tersebut.
Kamp Guru Penggerak dan BGBL hadir dengan dukungan dari Wardah, brand kecantikan yang sudah lama ikut peduli pada pengembangan pendidikan di Indonesia.

"Salah satu pilar utama Wardah adalah Inspiring Beauty, dimana kami percaya bahwa kecantikan bukan hanya soal fisik, tapi juga bagaimana kita menjadi inspirasi kebaikan bagi orang lain. Karena itu, pendidikan menjadi salah satu sektor pengembangan yang penting kami dukung. Selain di BGBL, kami juga memiliki program Wardah Inspiring Teacher yang mencari guru-guru inspiratif," ujar Suci Hendrina, public relation Wardah cosmetics.

"Kami berharap, dukungan Wardah terhadap BGBL ini bisa mendorong guru makin inovatif dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Bukan tidak mungkin, dari sini hadir guru yang masuk dalam nominasi Wardah Inspiring Teacher," tambahnya.Selain Kamp Guru Penggerak, BGBL juga akan secara rutin mengadakan kelas-kelas pengembangan kemampuan untuk para guru.

Peserta dapat mengikuti kelas-kelas ini secara langsung dan gratis, juga melalui berbagai saluran online BGBL. Untuk informasi lebih lanjut, para guru dapat mengikuti informasinya di akun instagram https://www.instagram.com/bantugurubelajarlagi/ dan melalui website http://www.bantugurubelajarlagi.org/.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Mekanisasi Pertanian di Tanah Batakoleh : Leonardo Tolstoy Simanjuntak
14-Jun-2019, 06:38 WIB


 
  Mekanisasi Pertanian di Tanah Batak Petani di Tanah Batak sekarang merasa lega. Semakin sulitnya mendapatkan tenaga kerja untuk mengelola pertanian padi, membuat mereka kewalahan. Untunglah mekanisasi pertanian itu beberapa tahun terakhir sudah hadir. Untuk panen raya, petani di kawasan Silindung Tapanuli Utara umumnya sudah menggunakan
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 
KETAKUTAN ADALAH DASAR AGAMA? 17 Aug 2019 14:18 WIB


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 
Apakah (Cukup) Anda Senang? 16 Aug 2019 11:04 WIB


 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia