KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalPresiden Jokowi: Awasi Penyaluran Bansos, Libatkan KPK, BPKP Dan Kejaksaan oleh : Danny Melani Butarbutar
19-Mei-2020, 13:27 WIB


 
  KabarIndonesia Mengutip infoKABINET.id, dikabarkan bahwa terkait penyaluran bansos terkait pandemi covid-19 yang ditengarai salah sasaran dan diduga disalahgunakan, Presiden Jokowi secara tegas meminta untuk diawasi.

“Untuk sistem pencegahan, minta saja didampingi dari KPK, BPKP, atau dari Kejaksaan. Kita
selengkapnya....


 


 
BERITA PENDIDIKAN LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

Selamat Malam Kehidupan 25 Apr 2020 14:27 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 

Super Tax Deduction Bukan Sekedar Janji Manis Pemerintah, Industri Manufaktur Siap Memanfaatkannya?

 
PENDIDIKAN

Super Tax Deduction Bukan Sekedar Janji Manis Pemerintah, Industri Manufaktur Siap Memanfaatkannya?
Oleh : Wahyu Ari Wicaksono | 28-Nov-2019, 08:40:05 WIB

KabarIndonesia - Apa itu Super Tax Deduction? Mungkin bagi para professional keuangan dan orang pajak istilah ini tidaklah asing lagi. Namun bagi khalayak umum, tentunya menimbulkan pertanyaan tersendiri. Sekilas mungkin dianggap sama dengan superhero, superman atau yang lainnya.
Padahal sebenarnya Super Tax Deduction itu adalah insentif pajak yang diberikan pemerintah pada industri yang terlibat dalam program pendidikan vokasi, meliputi kegiatan penelitian dan pengembangan untuk menghasilkan inovasi. Insentif yang diberikan pemerintah merupakan potongan pajak untuk industri.
Penerapan kebijakan Super Tax Deduction di Indonesia diharapkan dapat mendorong industri untuk terlibat dalam pengembangan SDM. Lalu seperti apa penerapannyadan pemanfaataannya?
Terkait hal tersebut telah digelar Seminar Pajak Super Tax Deduction di Hotel Horison Forbis Serang (Rabu, 27/11). Seperti yang dilansir jakartasatu dotcom (28/11/2019), kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Skill Development Center (SDC) Banten, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten dan RB Tax & Business Consultant ini dan didukung oleh Kementerian Perindustrian RI, Direktorat Peraturan Perpajakan II, DJP Pusat dan Kanwil DJP Banten.
Membuka acara seminar, dalam sambutannya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Banten, Al Hamidi mengatakan bahwa insentif fiskal Super Tax Deduction akan sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas SDM masyarakat secara menyeluruh. Insentif pajak yang tertuang dalam PP 45 tahun 2019 dan aturan pelaksana PMK 128/PMK.10/2019 tentang pemberian Pengurangan Penghasilan Bruto atas Penyelenggaraan kegiatan Praktik Kerja, Pemagangan dan/atau Pembelajaran dalam Rangka Pembinaan dan Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi Tertentu.
Menurut Al Hamidi, fasilitas perpajakan tersebut dapat mendorong keterlibatan pihak swasta untuk aktif mengembangkan kualitas sumber daya manusia bagi masyarakat. Karena itu, para pelaku industri yang diwakili oleh para Tax & Acoounting Manager maupun manager HRD dapat memanfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya sehingga pada akhirnya dapat membantu Pemerintah Banten untuk meningkatkan SDM dan memenuhi angkatan kerja yang berkualitas.
Pada sesi seminar yang dimoderatori oleh Presiden Direktur RB Tax & Business Consultant, Jakarta Rizal Bawazier tersebut menghadirkan beberapa panelis diantaranya: Tenaga Ahli BPSDMI (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia) Kemenperin RI Mujiono, Kepala Seksi PPh Badan II, Direktorat Peraturan Perpajakan II, DJP Pusat Miftah Sobirin, dan Kepala P2 Humas Kanwil DJP Banten Drs. Sahat Dame Situmorang, Ak., MM., M.Kom.
Pada kesempatan tersebut, Mujiono menerangkan bahwa pemerintah telah secara serius selama dua tahun mempersiapkan insentif fiskal ini. Dengan berbagai diskusi maraton dan komunikasi yang intensif dengan berbagai stakeholder khususnya dengan Dirjen Pajak akhirnya pada awal September lalu telah resmi diumumkan dan diberlakukan kebijakan ini untuk segera dijalankan dan dimanfaatkan.
 Senada dengan Mujiono, pembicara dari Dirjen Pajak mengharap para pelaku industri untuk segera memanfaatkan fasilitas insentif fiskal ini dengan mengajukan permohonan fasilitas Super Tax Deduction. Dirjen Pajak juga akan serius menjalankan peraturan pemerintah ini sebagai wujud fungsi sosial yang melekat dalam tupoksi selain fungsi utama budgeter dalam penerimaan negara. Tentunya pemerintah tidak sekedar memberikan janji manis dan PHP untuk serius meningkatkan kualitas SDM masyarakat. Selama seluruh persyaratan dan ketentuan dipenuhi oleh perusahaan tentunya insentif ini dapat diperoleh dan dimanfaatkan.
Menurut Direktur Eksekutif SDC Banten M. Khozin menyatakan seminar pajak ini merupakan kegiatan awal dari berbagai rangkaian lainnya yang akan diselenggarakan di wilayah Tangerang Raya dan wilayah Lebak/Pandeglang.
Semoga akan disusul rangkaian kegiatan lainnya sehingga seluruh industri di Provinsi Banten bisa mendapatkan informasi dan petunjuk teknis aktual yang bisa segera diimplementasikan oleh para pelaku industri. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Saus Sate Indonesia Buatan Thailandoleh : Fida Abbott
22-Mar-2020, 03:07 WIB


 
  Saus Sate Indonesia Buatan Thailand Saus sate Indonesia ini saya temukan di toko kelontong daerah Chester, negara bagian Pennsylvania, AS. Harganya turun drastis dari $6.99 menjadi $0.99. Jumlahnya banyak sekali yang disetok di rak. Senang melihat salah satu saus terkenal Indonesia dijual di AS. Sayangnya,
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 
SATU DETIK SETELAH KEMATIAN 26 Mei 2020 08:28 WIB

BACA ALKITAB ITU MENYEHATKAN 23 Mei 2020 12:40 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia