KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 
 
PARIWISATA

FESTIVAL DANAU TOBA VII AKAN DIGELAR 8 -11 DESEMBER 2019 DI PARAPAT
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 03-Des-2019, 08:31:32 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Festival Danau Toba (FDT) yang diinisiasi Kementerian Pariwisata sebagai pengganti (perubahan nama) Pesta Danau Toba diawali tahun 2013 dengan tuan rumah Kabupaten Samosir. Tahun 2019 in kembali akan digelar tanggal 9-12 Desember di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara.

Sebagaimana dilansir medanbisnisdaily.com yang mengutip laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemprov Sumut, Kamis (28/11/2019), hasil evaluasi tender cepat oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, pada 18 November 2019.

Dari 6 perusahaan peserta tender yang lolos hingga tahap evaluasi, akhirnya PT Assamanta Putra Mandollo, Jakarta, memenangkan tender FDT 2019 dengan nilai penawaran Rp 1,005 miliar, sementara nilai pagu FDT itu sebesar Rp 1,474 miliar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, dr. Ria Telaumbanua, sebelumnya mengatakan bahwa FDT 2019 digelar 9-12 Desember di Parapat, Simalungun. FDT tahun ini mengusung tema "Inspiring Toba". Rencana penyelenggaraan FDT 2019, sudah disampaikan Ria Telaumbanua kepada Wakil Gubernur, Musa Rajekshah.

Menurut Ria, FDT 2019 selain dilaksanakan oleh Event Organizer pemenang tender, pihaknya akan banyak melibatkan masyarakat lokal kawasan Danau Toba sebagai penerima manfaat (ekonomi).

Sementara itu, pada rapat koordinasi Kegiatan FDT & North Sumatera Music Festival 2019, Selasa (26/11/2019), peserta rapat yakni para pemangku pariwisata di Sumut menyampaikan rasa kesal dam sangat menyayangkan FDT 2019 digelar pada ujung tahun. Bahkan mereka ajukan kritik, kenapa anggarannya ditampung di P.APBD dan baru diajak duduk bersama oleh Pemprovsu padahal waktu pelaksanaan even tinggal beberapa hari lagi.

Kepala Bidang Bina Seni Budaya dan Pengembangan Ekonomi Kreatif pada Disbudpar Sumut, Rismaria Hutabarat selaku moderator pertemuan bersama perwakilan pelaku wisata lainnya, Klemen Gultom dari ASITA dan Erwil dari Wonderful Holiday juga menyatakan hal senada.

Jika saja jauh-jauh diawal tahun pihak pelaku wisata mendapat informasi gelaran FDT, tentu para pihak terkait wisatawan baik domestik terutama mancanegara sudah merancang perjalanan tamu pengunjung dan perserta FDT 2019.

"Begitupun kami tetap membuka kerja sama dengan pemprov, kira-kira apa yang bisa kami bantu nantinya. Dan mudah-mudahan ini sebuah kejadian bukan kebiasaan di tahun-tahun berikutnya," kata Klemen Gultom dari ASITA.

Mendengar hal itu, Rismaria Hutabarat tidak menampik kekesalan peserta rapat bahkan dia tetap menghimbau para pelaku wisata untuk memberi dukungan optimal bagi keberhasilan even ini, dan berjanji akan memperhatikan masukan dari mitra kerja wisata.

Rismaria, mantan kadis pariwisata kota Medan ini menegaskan bahwa suksesnya FDT mesti dibantu semua pihak termasuk para pelaku pariwisata di Sumut. "Tidak bisa hanya kami saja, tetapi kita semua yang ada di sini harus ikut berpartisipasi. Kami juga berharap semua yang hadir di sini, datang selama FDT berlangsung nanti. Dan segala kekurangan di tahun ini, akan kita perbaiki pada tahun mendatang," katanya.

Selanjutnya, Rismaria Hutabarat, pegiat seni budaya ini ketika dihubungi awak media kabarindonesia.com melalui akun WA nya, (2/12) menjelaskan bahwa terdapat sejumlah kegiatan yang akan mengisi FDT 2019.

"Dibawah tema Inspiring Toba, FDT kali ini menggelar kegiatan olaraga, seni budaya, penanaman pohon, kegiatan sosial berupa pembersihan Danau Toba, diskusi kelompok terarah Geopark. Sedangkan kegiatan inti FDT 2019 terdiri dari penampilan tari kolosal, hiburan rakyat lokal dan nasional, beragam lomba, fashion show busana etnis, demo kuliner dan lainnya," tulisnya.

Lebih lanjut Rismaria merinci jadwal pelaksanaan kegiatan FDT 2019 sejak tgl. 8 - 11 Desember sebagai berikut:

Hari Minggu, 8 Desember, lomba Lari 10K; Senin, 9 Desember, lomba Paduan Suara dan lomba Fotografi. Lomba Solu Bolon (perahu besar) dilaksanakan pada Selasa 10 Desember. Pada hari terakhir, Rabu 11 Desember digelar lomba Vocal Group dan lomba Ucok Butet.
 Di even FDT 2019 ini, peran serta kabupaten/kota sekawasan Danau Toba diundang mengikuti Pameran, kegiatan lomba-lomba, menampilkan seni budaya masing-masing.
Menurut Risma, kegiatan puncak adalah penampilan Koor Raksasa dan Penganugerahan Muri Seni Melipat Kain si Bulang Sulappei yang diikuti 1000 sampai 1500 orang.
"Ayo kita ajak sahabat, teman dan keluarga, mari kita ramaikan FDT ini , diharapkan kunjungan meningkat baik wisman maupun wisnus," pungkasnya.(*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
666 - ANGKA SETAN YG TERKUTUK 06 Jun 2020 11:23 WIB


 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia