KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalKetua MPR RI Bamsoet Prediksi Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran oleh : Danny Melani Butarbutar
11-Mei-2021, 10:01 WIB


 
  KabarIndonesia - Jakarta, Mengutip surel editor KOMPAS.com, bahwa untuk tahun ini larangan mudik seperti membentur tembok.

"Mungkin karena kejenuhan yang menumpuk. Mungkun karena peasaan lebih aman lantaran vaksin dan klaim kemampuan pemerintah mengendalikan", sebut Wisnu Nugroho.

Persoalan
selengkapnya....


 


 
BERITA PARIWISATA LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
 
M E R D E K A !!! 17 Aug 2020 06:01 WIB

Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB


 
BERITA LAINNYA
 

 
CARA MENINGKATKAN KHARISMA ! 12 Mei 2021 10:22 WIB


 
 
PARIWISATA

Penerapan Tarif Batas atas Industri Hiburan
Oleh : Joko Sugiarto | 05-Des-2009, 04:56:22 WIB

KabarIndonesia - Perayaan Natal dan Tahun Baru seringkali dimanfaatkan pengelola industri pariwisata dan hotel untuk menaikkan tarif. Untuk mengantisipasi hal itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberlakukan tarif batas atas bagi sektor hiburan dan tempat penginapan. Pengusaha di sektor tersebut dihimbau tidak melakukan perang tarif dengan menaikkan tarif tinggi bagi konsumennya.
 
Tarif batas atas untuk hotel bintang empat dan lima Rp 15 juta per malam, hotel bintang satu hingga tiga sebesar Rp 8 juta, hotel non-bintang Rp 4 juta per malam. Sedangkan tarif batas atas untuk diskotek dan klub malam sebesar Rp 5 juta. Untuk restoran, bar dan pub tarif batas atas sebesar Rp2 juta. Kemudian untuk bioskop sekali penayangan Rp 600 ribu.
 
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI, Arie Budhiman, mengatakan penetapan tarif batas atas ini dimaksudkan untuk melindungi warga Jakarta, wisatawan domestik, maupun wisatawan mancanegara yang ingin menginap, menikmati hiburan, serta mengunjungi tempat wisata di ibu kota. "Mereka harus bisa menikmati liburan tanpa dibebani biaya tinggi. Jika harga tempat penginapan dan hiburan tetap stabil jelang Natal dan tahun baru, pasti jumlah kunjungan ke Jakarta akan meningkat," kata Arie Budhiman, di Jakarta, Jumat (4/12).
 
Karena itu, kata Arie, kenaikan tarif semua industri hiburan dan hotel tidak boleh melebihi tarif batas atas. Jika ada yang melebihi kebijakan itu, maka Disparbud DKI akan memberikan peringatan dan teguran bagi pengusahanya. Selain itu, sanksi pajak juga akan dilayangkan Dinas Pelayanan Pajak.
 
Namun, lanjutnya, berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, hampir seluruh unit pariwisata tidak mengalami kenaikan pada perayaan tahun baru 2010. Bila ada kenaikan, paling tinggi industri hiburan maupun penginapan yang menaikkan tarif sebesar 30 persen. Alasannya, pelaku usaha tersebut juga berhitung dengan daya beli masyarakat.
 
Arie menerangkan jangan sampai kenaikan tarif yang begitu tinggi, membuat wisatawan enggan datang ke Jakarta dan beralih ke kota di negara lain. Dia juga mencoba realistis mengenai kunjungan wisatawan menjelang Natal dan Tahun Baru 2009. Sebab, dampak krisis global masih terasa pada perekonomian dan tingkat daya beli warga Jakarta.
 
Karena itu, dia menargetkan jumlah pengunjung di dua hari besar itu sama dengan tahun sebelumnya. Berdasarkan data Disparbud DKI, pada pergantian tahun 2007 ke 2008, terjadi peningkatan kunjungan wisata sebesar 24,4 persen. Sedangkan pergantian tahun 2008 ke 2009 terjadi peningkatan 22,1 persen menjadi 46,3 persen.
 
Peningkatan terjadi dikarenakan bertambahnya jumlah tempat hiburan yang mendaftarkan diri untuk menyelenggarakan acara perayaan pergantian tahun. Pada pergantian tahun 2007 ke 2008, sebanyak 82 tempat dengan jumlah acara sebanyak 131. Sedangkan pada tahun baru 2008 ke 2009 terjadi peningkatan dari sisi tempat sebanyak 120 lokasi dengan penyelenggaraan acara sebanyak 163 event.
 
Untuk tahun ini, Arie mengungkapkan, baru tiga pelaku usaha mendaftarkan kegiatan hiburan yang akan diselenggarakannya. Hal itu biasa karena pada umumnya para pelaku usaha hiburan mendaftarkan kegiatannya mulai 15 Desember. (*)



Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com
Berita besar hari ini...!!! Kunjungi segera:
www.kabarindonesia.com

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 



Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 
 

 

 
 
 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia