KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
Berita RedaksiDua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA oleh : Redaksi-kabarindonesia
02-Jun-2020, 01:39 WIB


 
 
KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan
selengkapnya....


 


 
BERITA ROHANI LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
Melawan Hoax Virus Corona 21 Mei 2020 15:19 WIB


 
Kami Masih Punya Rasa Malu 31 Mei 2020 11:30 WIB

Aroma Kematian 09 Mei 2020 13:56 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 
Desainer Sang Pemuja Setan 29 Mei 2020 13:08 WIB


 

FGD dan Sidang Pleno II GMKI Cabang Sorsel Menyuarakan Lokasi Injil yang Terabaikan

 
ROHANI

FGD dan Sidang Pleno II GMKI Cabang Sorsel Menyuarakan Lokasi Injil yang Terabaikan
Oleh : Antha | 07-Mar-2020, 14:39:00 WIB

KabarIndonesia - Sorsel Papua, Pada pelaksanaan kegiatan Sidang Pleno Dua (SP2) GMKI Cabang Sorsel telah mengangkat hasil kajian lokasi Injil yang terabaikan di Teminabuan Tanah Tehit dalam kurun waktu tiga minggu trakhir sejak awal bulan (01 Februari 2020) saat kami kunjungi lokasinya.

Lokasinya terletak di Pasar Rakyat Ampera Teminabuan yg kini kondisinha sudah tertutup oleh pemukinan warga pedagang dilokasi tersebut. "Amak Msek" adalah sebutan dalam bahasa suku Tehit yg artinya Batu Licin, tempat tersebut merupakan pendaratan penginjil pertama Yotlely & Matatula di kawasan ini pada tanggal 27 Januari 1927 silam.

Dan sampai dengan sekarang kondisinya sudah hampir hilang dan diabaikan karena perkembangan jaman dan faktor lainnya. Dalam data fakta serta kajian sederhana yang GMKI temukan adalah:

- Sudah pernah diperjuangan oleh Tim dari Pihak Geraja dan Masyarakat setempat namun tidak diperjuangan sampai sekarang atau hilang ditengah perjuangan
- Telah terjadi tumpang tindih terhadap pengakuan lahan tanah kepemilikan sehingga pada masa lalu dijual belikan kepada warga (yg sekarang mendiami lokasi dimaksud)
- Adanya klaim sejarah yg berbeda tentang pemaknaan Utusan Penginjil antara dua tempat di satu daratan Tanah Tehit yakni GKI Jemaat Alfa Wersar dan GKI Jemaat Maranatha Teminabuan (Kedua pengginjil datang di Tanah Tehit pada hari yg sama namun jam yg berbeda, Kampung Wersar sekitar pukul 15.00 dan kemudian Kampung Teminabuan pukul 17.00)

Dengan melihat data serta fakta itulah GMKI mengangkatnya dalam Forum Diskusi Grup (FGD) dgn judul "Napak Tilas Injil di Tanah Tehit dan Amak Msek yang Terabaikan"

Pada kegiatan tetsebut hadir sebagai narasumber:
- Bpk. Dance Nauw, SE., M.AP (Kepala BAPPEDA Sorsel)
- Bpk. Yoseph Bless, SH., MH (Asisten 1 Bupati Sorsel)
- Bpk. Pdt. Bernad Momot (Penginjil Tua / Pdt. Senior)
- Bpk. Pdt. Timotius Sagisolo, S.Si (Ketua Klasis GKI. Teminabuan)
- Bung Naftali Saman, S.Sos (Anggota DPRD Sorsel / Senior GMKI)
- Bpk. Michel Momot, S.Pd (Ketua Dewan Adat Suku Tehit)
- Bpk. Philipus H. Momot, SH (Ketua Lembaga Adat Tehit)
- Bpk. Pdt. Marthen Thesia, S.Th (Anak Penginjil Pertama / Pendeta dari Anak Negeri Tehit)
- Bung J.F. Hamah Sagrim, ST (Anggota Tetap Internasional Working Group for Asia Afrika Menuju Globalisasi-Asia Tenggara / NGO)

Pertama diawali oleh pembicara Penginjil Tua lalu kemudian Pdt. M. Thesia dan Ketua DAS Tehit kumudian Ketua Klasis GKI Teminabuan serta dilanjutkan Asisten-1 Bupati dan Bung Hamah Sagrim sebagai pembicara terakhir dan seluruh pembicara tersebut ditanggapi oleh Kepala BAPPEDA Sorsel sebagai pihak Pemerintah yg mendengar pandangan dari berbagai sisi tentang lokasi Injil tersebut.

Pada kegiatan FGD kali itu Kepala BAPPEDA mengungkapkan siap mendukung bahwa lokasi injil harus Berdiri Tugu, selain makna ungkapan syukur kepada Sang Pencipta dan menghargai Jejak Injil tetapi juga akan menjadi ikon wisata rohani di Teminabuan. Semoga mulai dari sekarang sudah ada kajian-kajian serta desain agar dapat kita dorong dalam tahun anggaran berjalan.

"Saya menunggu hasil ini melalui rekomendasi GMKI Sorsel agar kita sama-sama bergerak, Kita pemerintah juga perlu dapat data pasti tentang jika warga direlokasi akan menelan biaya berapa banyak sehingga mempermudah proses di dalam nanti" ungkapnya

Kepala BAPPEDA juga menjelaskan bahwa perlu mendapat kajian tetang Tanah (bersertifikat atau tidak) dari warga yg sekarang mendiami lokasi tersebut agar menjadi pertimbangan pemerintah sebelum mengambil langkah-langkah, mohon teman-teman GMKI bantu dari sisi itu. Karena kita tetap saling menjaga hubungan baik dan kekeluargaan antara sesama warga Sorong Selatan khusus Teminabuan. Jika semua sudah siap, kita kejar di tahun 2021 besok dengan menggandeng dan atau melalui Dinas Pariwisata jelasnya.(*)

"Kami berterimkasi kepada GMKI karena menginisiasi kegiatan ini agar menjadi bahan masukan kpd Pemerintah khusus dalam hal menghargai nilai-nilai histori keagamaan" lanjutnya

"Setelah FGD selesai, Kemudian dilanjutkan dgn agenda SP2 sampai malam pukul 22.00 Wit dan acara ditutup oleh Bung Naftali Saman, S.Sos sebagai Anggota DPRD Sorsel maupun Senior GMKI" ungkap Olland T. Abago (Ketua Cabang GMKI Sorsel)

"Kami GMKI siap 100% mengawalnya sampai terealisasi...! hasil FGD dan Sidang Pleno. Yesus Kristus Menyertai Kita Semua. Tinggi Iman, Tinggi Ilmu, Tinggi Pengabdian, Ut Omnes Unum Sint" tutup Olland T. Abago (Ketua Cabang GMKI Sorsel)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
DIE HARD - SUSAH MATEK 23 Mei 2020 10:41 WIB

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia