KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA BERITA REDAKSI LAINNYA


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 
LOVE STORY BIBI LUNG & YOKO 27 Jun 2020 05:00 WIB


 
YUUK DEMO NGEPUNG SURGA! 27 Jun 2020 06:33 WIB


 

Dua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA

 
BERITA REDAKSI

Dua Minggu Berlatih Menulis Bersama PMOH untuk Para Pelajar SMP dan SMA
Oleh : Redaksi-kabarindonesia | 02-Jun-2020, 01:39:45 WIB

KabarIndonesia - Selamat Idul Fitri! Masih dalam situasi masa lebaran ini, Harian Online KabarIndonesia (HOKI) kembali membuka pelatihan menulis online Tahun Ajaran (Tajar) XII, 2020. Pada Tajar ini khusus diperuntukkan bagi para pelajar SMP dan SMA untuk mengisi masa liburan sekolah di saat pandemi Covid-19 masih sedang berlangsung. Dua kelas yang akan dibuka adalah Kelas Fiksi dan Kelas Menulis Cerita Anak-Anak.

Mengapa Kelas Fiksi dan Kelas Menulis Cerita Anak-Anak? Tak perlu dipungkiri lagi bahwa buku-buku cerita dari balita hingga remaja termasuk pemuda-pemudi banyak bernuansa fiksi, sehingga buku-buku yang mereka baca memengaruhi daya imajinasi mereka. Tidak sedikit para orangtua sering mendengar anak-anak mereka bercerita tentang karakter-karakter dan dunia-dunia imajinasi mereka. Kalau sebelumnya orangtua bercerita tentang si Kancil Mencuri Ketimun, maka anak-anak mereka akhirnya menceritakan cerita khayalan mereka sendiri.

Kreativitas ini dapat dikembangkan dengan menuliskannya sehingga dapat menjadi sebuah cerita yang dapat dinikmati, tidak hanya oleh para orangtua atau keluarga mereka saja, melainkan yang lain-lainnya. Putri saya yang masih remaja termasuk seorang anak yang memiliki banyak ide cerita. Dia suka cerita-cerita bertema misteri dan fantasi. Tidak segan-segan ia ceritakan ide-ide ceritanya kepada saya. Pada saat ia menuangkannya dalam bentuk tulisan, dia pernah mengaku kesulitan karena terlalu banyak ide yang ia miliki. Kemudian saya anjurkan mengikuti petunjuk dari salah satu buku saya yang sudah saya tulis dan terbitkan dalam Bahasa Inggris berjudul "Exploring My Ideas". Dengan mengikuti petunjuk tersebut, ide-idenya dapat dituangkan dengan mudah. Tentunya ini membutuhkan latihan-latihan. Dia sudah merencanakan pada saat liburan sekolah akan menulis sebuah komik sederhana dan cerita-cerita fiksi lainnya. Kebetulan dia juga suka menggambar.

Apakah putra-putri Anda termasuk yang memiliki kreativitas seperti ini?  Maka PMOH Tahun Ajaran XII, 2020 ini adalah jawabannya. Dengan waktu dua minggu, putra-putri Anda akan memiliki jadwal penuh untuk menulis dengan pemberian ulasan-ulasan disertai materi-materi yang menunjang dan ditemani oleh keramahan para pembimbingnya yang berpengalaman.

Tak hanya itu saja, mereka akan mendapatkan kesempatan bertatap muka secara virtual dengan para tamu khusus. Mereka adalah para lulusan PMOH yang sudah sukses di dunia menulis. Mereka akan berbagi ilmu dan pengalaman sehingga putra-putri Anda akan mengakhiri pelatihan dengan membawa pengetahuan yang baru dan segar serta pengalaman yang mengesankan. Keuntungan lain, bagi peserta terbaik selama mengikuti pelatihan ini akan dikembalikan biaya investasi sebesar 50%.

Berbicara mengenai peserta, ada cerita menarik yang dapat dibagikan di sini. Pada saat pertama kali Kelas Menulis Cerita Anak-Anak diluncurkan beberapa Tajar IX, 2017, ada seorang anak remaja yang akan mendaftarkan diri. Oleh karena pelatihan saat itu diperuntukkan orang-orang dewasa, maka kami tak dapat menerimanya. Nah, kesempatan kali ini adalah sangat tepat untuk mendaftarkannya.

Bagi para guru SMP dan SMA yang ingin mengikuti pelatihan ini, akan mendapatkan dua buah keuntungan, yaitu pertama: setelah mengikuti pelatihan dari awal hingga akhir tanpa absen mengerjakan tugas, akan diberikan kartu ID card Pewarta Warga HOKI secara gratis; Kedua: diberikan beasiswa kepada seorang murid yang ditunjuknya untuk mengikuti pelatihan ini.

Yang perlu diperhatikan, materi-materi pelatihan yang diberikan adalah untuk anak-anak SMP dan SMA. Memang wadah untuk berlatih menulis fiksi untuk anak-anak remaja masih langka. Untuk itulah HOKI menyelenggarakan pelatihan menulis online khusus untuk para pelajar yang masih duduk di bangku SMP dan SMA melalui PMOH (Pelatihan Menulis Online HOKI), tepat pada saat mereka sedang liburan sekolah. Di masa pandemi ini kami yakin pelatihan ini akan bermanfaat selain keuntungan-keuntungan lain yang didapatkan, yaitu diskon sebesar 50%, sehingga total biaya investasi hanya sebesar Rp 100.000,-. saja. Karena jumlah pesertanya nanti terbatas, maka kami sarankan agar tak menunda pendaftarannya.  Keuntungan-keuntungan lain selain mendapatkan diskon 50% akan Anda temui saat berkunjung ke www.pelatihanmenulis.com. Anda juga akan mendapatkan info-info menarik lainnya dan lengkap mengenai pendaftaran, sarana, sistem, program khusus, dan lain-lainnya. Bila ada yang belum jelas, segeralah kirimkan pertanyaan-pertanyaan Anda ke redaksi.kabarindonesia@gmail.com. Pendaftaran akan ditutup pada Senin, 22 Juni 2020, pukul 24.00 WIB. (*)   
 

Penulis: Fida Abbott (Koordinator Pembimbing PMOH)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 

 

 

 

 

 

 
MANG UCUP ITU CHINA BANANA 28 Jan 2020 00:52 WIB

 

 

 

 

 

 
HOW ARE YOU MY FRIEND? 27 Jun 2020 05:21 WIB

Masihkah Ada Rasa Damai Di Hati? 21 Jun 2020 14:23 WIB

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia