KabarIndonesia

Kirim / Edit Berita
Daftar Jadi Penulis

Dari Kita Untuk Kita

Home | Index | Berita | Berita Foto | Top Views | Top Reporter | Berita Redaksi | RSS RSS | Blog | FAQ | Email ke Redaksi
 
BERITA UTAMA
NasionalJalan Berliku Divestasi Tuntas, Kontrak Karya Freeport Sah Menjadi IUPK oleh : Wahyu Ari Wicaksono
22-Des-2018, 04:36 WIB


 
 
KabarIndonesia - Setelah sekitar dua tahun proses negosiasi intensif yang melibatkan pemerintah, Holding Industri Pertambangan PT INALUM (Persero), Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, akhirnya pada hari ini telah resmi terjadi pengalihan saham mayoritas (divestasi) PT Freeport Indonesia (PTFI)
selengkapnya....


 


 
BERITA DAERAH LAINNYA












 
BERITA LAINNYA
 

 
BNN "Panen" 1 Ton Ganja di Aceh 13 Aug 2020 02:57 WIB


 
Terbunuh Cinta Sendiri 05 Jul 2020 14:46 WIB

Negeri Nestapa 23 Jun 2020 09:15 WIB

 


 
BERITA LAINNYA
 

 

 
 
DAERAH

BAKTI KOMINFO dan IT DEL Selenggarakan Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Digitalisasi Pariwisata kawasan Danau Toba di Samosir
Oleh : Danny Melani Butarbutar | 23-Nov-2019, 08:27:44 WIB

KabarIndonesia - Samosir, Bertempat di Hotel JTS Parbaba, Pangururan (15/11/2019), Bupati Samosir, diwakili Kadis Pendidikan Samosir, Drs. Rikardo Hutajulu M.Pd, membuka kegiatan "Pemberdayaan Komunitas Masyarakat dalam Digitalisasi Pariwisata kawasan Danau Toba".

Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pemkab Samosir dengan Badan Aksebilisasi Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Bakti Kominfo), Yayasan Del Laguboti Sumatera Utara.

Bakti Kominfo menghadirkan beberapa Narasumber dari Traveloka, Radio Del, Fotografer Edward Tigor Siahaan, kepala dinas Pariwisata se-kawasan Danau Toba, pelaku pariwisata serta utusan mahasiswa dari Del. Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Samosir Rohani Bakkara, para kepala bidang dan stafnya.

Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini, guna melakukan pendampingan terhadap para pelaku usaha pariwisata lokal dalam digitalisasi, juga peningkatan kesiapan para pelaku pariwisata dan pengembangan pariwisata yang berbasiskan pada pemberdayaan masyarakat.

Diperoleh informasi, kegiatan pada program ini dibagi menjadi dua sesi yaitu,
Kick off program digitalisasi pariwisata kawsan Danau Toba dan Forum Group Discussion (FGD). Sesi pertama kegiatan ini mengambil tempat di Hotel JTS Parbaba dan sesi kedua di kantor Dinas Pariwisata Samosir.

Pada sesi pertama para kepala Dinas Pariwisata se-kawasan Danau Toba memberikan pemaparan singkat terkait kondisi pariwisata di daerah masing-masing dan keunggulannya, lalu mendiskusikan potensi wisata serta isu strategis dan juga usaha peningkatan di bidang promosi wisata Toba.

Para Narasumber yang memberikan pemaparannya yang berintikan fokus pada pemanfaatan teknologi dalam digitalisasi promosi wisata Toba dan media radio agar menjadi alternatif dalam promosi pemasaran wisata.

Edward Tigor Siahaan, salah satu fotografer pemasaran wisata, menuturkan pengalamannya beberapa puluh tahun lalu, bagaimana sulitnya di kala itu dalam pengembangan pariwisata sebelum masuknya dunia digital ini. "Dahulu, terlebih dahulu membuat hasil pemotretan yang bagus lalu mencetak sebanyak-banyaknya guna ditempelkan di suatau negara dalam berpromosi daerah wisata." akunya.

Edward Tigor yang juga pemilik home stay dan kafe PILTIK Siboronborong ini, menyampaikan rasa terimakasih pada Pemerintah pusat yang memberikan tugas padanya untuk memotret kawasan Danau Toba. Nantinya dunia bisa mengakses melalui internet berupa foto-foto alam, budaya, serta tempat-tempat wisata dikasawasan Danau Toba.

"Dengan melihat dan mengakses internet kawasan Danau Toba, para calon wisatawan mancanegara akan mengunjungi kawasan Danau Toba." ujarnya bersemangat.

Selain itu, Edward juga mengharapkan pada para peserta agar kiranya dapat cepat menangkap akan kemajuan di era digital ini. "Kita tidak dapat hanya mengandalkan promosi melalui brosur-brosur saja, namun memanfaatkan kemajuan di zaman digital ini dengan membuat hasil foto yang bagus dan menarik," ungkapnya.

Pada sesi kedua yang bertempat di kantor Dinas Pariwisata Samosir, para peserta dinas dan pelaku, dan narasumber Batik Kominfo, pihak Traveloka dan IT Del mendiskusikan peningkatan promosi dan pemasaran wisata Danau Toba dengan memanfaatkan Teknologi Informasi.

Sementara itu, Paul Limbong salah satu peserta dari Pokdarwis Bona kabupaten Samosir mengatakan bahwa dengan adanya program pemberdayaan ini, para pelaku pariwisata akan merasa terjembatani didalam pengenalan dan pemanfatan fitur-fitur yang ada didalam promosi usahanya dan komunitas para pelaku pariwisata.

Laporan Petrus Tampubolon gajahtobanews,com, yang juga wakil ketua HPI Samosir ini menginformasikan bahwa kegiatan program pemberdayaan komunikasi masyarakat dalam digitalisasi kawasan Danau Toba ini masih akan dilanjutkkan ke kabupaten-kabupaten kawasan Danau Toba lainnya secara bertahap. (*)

 

[Beritahu Teman]  [Print Berita]

Bagikan :   Share 


Komentar & Respon :
Nama
Komentar
Validasi
 


 
BERITA FOTO
Sambal Oelek Indonesia Buatan ASoleh : Fida Abbott
02-Jun-2020, 02:23 WIB


 
  Sambal Oelek Indonesia Buatan AS Sambal Oelek ini saya temukan di Walmart Supercenter, Parkesburg, Pennsylvania. Awalnya saya mengira buatan salah satu negara Asia selain Indonesia karena tulisan di depan botolnya. Ternyata buatan Amerika Serikat. Tampaknya Indonesia harus meningkatkan persaingannya di pasar bebas dan jeli membidik
selengkapnya....
 
 

Follow KabarIndonesia on Twitter

 
BERITA LAINNYA
 
"BURN OUT" = 4G (Gosong) 13 Aug 2020 04:53 WIB


 

 

 
Saatnya Nabung Saja Tidak Cukup 13 Aug 2020 02:57 WIB


 

 

 

 
Kemendiknas Luncurkan #Teman KIP 05 Aug 2020 10:35 WIB

 

 

 

 

 

  Back to Top   Home |  RSS RSS  
© Copyright 2009 KabarIndonesia